Resep Tumis Bunga Caisim Dan Jamur Merang, Rasanya yang Tiada Duanya

Resep Tumis Bunga Caisim Dan Jamur Merang, Rasanya yang Tiada Duanya

Resep Tumis Bunga Caisim Dan Jamur Merang, Rasanya yang Tiada Duanya. Bunga Caisim mungkin jarang didapati umumnya di pasar tradisional. Berbeda dengan sawi yang memang masih dekat dengan bunga caisim. Warnanya yang kuning cerah sangat menarik untuk dipetik dah bahkan menjadi kudapan nan nikmat dari resep tumis bunga caisim jamur merang. Perpaduan Caisim dan jamur merang melahirkan resep yang unik dan sulit diceritakan dengan kata-kata.

Sebagian orang menyebut dengan Brassica rapa L. (sinonim B. campestris) yang merupakan salah satu spesies dari suku sawi-sawian (Brassicaceae, dulu dikenal sebagai Cruciferae). Spesies ini amat beragam penampilannya, sehingga diperlukan pengelompokan di bawah spesies (infraspesifik) untuk memperjelas posisi setiap macamnya. Di dalamnya terdapat kelompok sayuran daun (misalnya sawi dan “rubsen”), sayuran umbi (dipanen umbi akarnya seperti turnip), pakan ternak, serta penghasil minyak (dari bijinya).


Resep tumis bunga caisim dan jamur merang menjadi penasaran bila Bunda tidak segera mencobanya. Nah simak ya ulasannya berikut.

Resep Tumis Bunga Caisim Dan Jamur Merang

Bunga Caisim pada umumnya untuk cara menanam tanaman ini adalah disemai setelah tumbuh 3-4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu) atau tanam langsung dengan disebar di media tanam. Masa panen adalah 40-60 hari dari biji atau 25-30 hari setelah tanam dari bibit.

Bagaimana dengan jamur merang? Mengutip laman wikipedia Jamur merang dibudidayakan di dalam bangunan yang disebut kumbung. Sesuai namanya jamur ini tumbuh baik pada media merang dan jerami yang telah terkomposkan. Namun praktik budidaya lebih lanjut juga mendapati jamur ini tumbuh baik pada kompos sampah kertas, tandan kosong sawit, kompos batang pisang dan kompos bio massa pada umumnya. Menurut penelitian, limbah kapas adalah media yang memberikan hasil produksi dan pertumbuhan yang terbaik bagi jamur merang. Jamur merang dikenal sebagai warm mushroom, hidup dan mampu bertahan pada suhu yang relatif tinggi, antara 30-38 °C dengan suhu optimum pada 35 °C.

Simak Juga:

Berikut resep tumis bunga caisim dan jamur merang yang melegenda dan menggugah selera.

Bahan – bahan tumis bunga caisim dan jamur merang:

  • -+ 2 ikat bunga caisim (petik bagian ujung dan daun-daunnya)
  • -+ 10 buah jamur merang segar (iris bentuk  tipis)
  • -+ 1 genggam teri jengki (goreng kering)

Bahan – bahan bumbu di haluskan tumis bunga caisim dan jamur merang:

  • -+ 5 butir cabai rawit merah, iris tipis arah serong
  • -+ 1 ruas jahe pipihkan
  • -+ 3 butir bawang merah, rajang tipis
  • -+ 2 butir bawang putih, cincang halus
  • -+ 1 ruas lengkuas, pipihkan
  • -+ 2 lembar daun salam
  • -+ 1/2 sendok teh garam
  • -+ 1/2 sendok makan saus tiram
  • -+ 1 1/2 sendok makan gula pas
  • -+ 1/4 sendok teh kaldu (bisa bukuk/cair)
  • minyak tumisan

Cara membuat tumis bunga caisim dan jamur merang:

  1. Panaskan minyak secukupnya di wajan/teflon.
  2. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas dan salam, tumis hingga bau harum terasa.
  3. Masuk dan tambahkan saus tiram, gula, garam, dan kaldu bubuk, aduk-aduk hingga rata.
  4. Tambah lagi jamur merang, aduk hingga jamur layu, masukkan bunga caisim dan aduk rata.
  5. Aduk perlahan, masak sampai bunga dan jamur matang, tidak memerlukan waktu lama, jika bunga telah layu dan batangnya empuk segera matikan api.
  6. Tambahkan teri untuk akhiran dan aduk rata lagi agar bumbu menyebar.
  7. Angkat dan sajikan selagi masih hangat.

Lihat Juga:

Selamat mencoba resep tumis bunga caisim dan jamur merang ya Bunda. Sajikan selagi bersama keluarga dan buat suasana makin harmonis dalam meja makan dengna dukungan tumis bunga caisim yang menggoda lidah untuk selalu bergoyang.