Resep Asparagus Tumis Ebi, Lezatnya Bikin Ketagihan Terus

Resep Asparagus Tumis Ebi, Lezatnya Bikin Ketagihan Terus

Resep Asparagus Tumis Ebi, Lezatnya Bikin Ketagihan TerusTidak hanya tumis kangkung, tumis sawi, dan tumis jamur yang terkenal. Ada juga resep asparagus tumis ebi yang menggoda selera. Sayuran asparagus tidak melulu dimasak sop dan sejenisnya. Tumis asparagus ebi memberikan citarasa unik dan menggiurkan di lidah. Gak percaya? Coba dan buktikan resep membuat asparagus tumis ebi berikut di bawah ini.

Asparagus yang merupakan sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Dengan adanya sifat diuretik tersebut, asparagus berkhasiat untuk memperlancar saluran urin sehingga mampu memperbaiki kinerja ginjal. Asparagus merupakan sumber terbaik asam folat nabati, sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol, serta mengandung sangat sedikit natrium. Jenis tumbuhan ini merupakan sumber rutin, suatu senyawa yang dapat memperkuat dinding kapiler.

Resep asparagus tumis ebi juga kaya manfaat seperti menjaga tekanan darah, menurunkan tekanan darah, obat diabetes hingga mencegah penuaan dini. Kandungan asparagus seperti kalori yang rendah, tidak mengandung kolesterol dan sangat rendah sodium. Ini juga merupakan sumber yang baik untuk vitamin B6, kalsium, magnesium dan seng, dan sumber yang sangat baik serat, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, thiamin, riboflavin, rutin, niacin, asam folat, besi, fosfor, kalium, tembaga, mangan dan selenium. Asam amino asparagina berasal dari asparagus, tanaman asparagus kaya akan kandungan bahan yang satu ini.

Resep Asparagus Tumis Ebi

Ebi untuk para Bunda tidak asing lagi tentunya. Hanya saja kita mengingat kandungan di dalamnya antara lain per 100 gr meliputi energi udang kering 259 kkal, protein udang kering 62,4 gr,lemak udang kering 2,3 gr, karbohidrat udang kering 1,8 gr, kalsium udang kering 1209 mg, fosfor udang kering 1225 mg, zat besi udang kering 6 mg, vitamin a udang kering 210 iu, vitamin b1 udang kering 0,14 mg, dan vitamin c udang kering 0 mg.

Simak Juga:

Berikut resep asparagus tumis ebi yang enak lezat bergizi.

Bahan – bahan asparagus tumis ebi:

  • +- 300 g asparagus, potong potong
  • +- 2 sdm ebi, tumbuk kasar
  • +- 1 sdt saus tiram
  • air seperlunya
  • gula + garam seperlunya

Bahan – bahan bumbu halus asparagus tumis ebi:

  • +- 5 buah bawang merah
  • +- 8 buah cabe merah
  • +- 3 siung bawang putih
  • +- 1/2 buah tomat

Langkah-langkah membuat asparagus tumis ebi:

  1. Pertama panaskan wajan/teflon untuk menumis bumbu halus + ebi hingga bau harum keluar, aduk hingga rata.
  2. Masukan asparagus yang sudah dicuci bersih, aduk rata.
  3. Masukan air secukupnya, garam, gula dan saus tiram. Aduk lagi hingga rata.
  4. Masaklah hingga matang.
  5. Angkat dan sajikan saat hangat bersama keluarga.

Lihat Juga:

Enak dan mudah dibuat resep asparagus tumis ebi. Silakan mencoba ya Bunda. Jadikan resep tersebut sebagai menu kesukaan bagi keluarga Bunda. Bila merasa alergi dengan ebi bisa diganti dengan ayam potong atau ikan laut lainnya. Atau coba resep lainnya seperti tumis pakcoy dan tumis kerang. Selamat mencoba!