Resep Tumis Jamur: Olahan Sayur yang Lain dari yang Lain, Enak Lezat & Maknyus

Resep Tumis Jamur Olahan Sayur yang Lain dari yang Lain, Enak Lezat & Maknyus

Resep Tumis Jamur: Olahan Sayur yang Lain dari yang Lain, Enak Lezat & MaknyusTumis merupakan masakan dengan aneka kelebihaannya mulai dari alasan mudah, murah, cepat, dan bergizi. Tentunya alasan rasa tidak ketinggalan menjejali deretan latar belakang mengapa resep tumis jamur sangat diminati alias digandrungi. jamur adalah salah satu bahan makanan yang biasa dimasak tumis.

Cara memasak tumis jamur tak ubahnya berbeda dengan olahan tumis yang lain. Waktu sebelumnya redaksi pernah membahas resep tumis Sawi Putih dan cara memasak pockcoy. Sekarang ulasan resep tumis jamur yang guruh dan bertekstur unik siap disajikan dan disantap nantinya menjadi menu andalan buat keluarga. Jamur merupakan tanaman yang kadang menjadi semacam tidak berguna padahal kandungan gizi di dalamnya terutama protein berguma bagi manusia.


Masyarakat tropis seperti Indonesia ketika memasuki musim hujan sangat tak asing dengan yang namanya jamur alias cendawan. Maka tak heran ada istilah yang berbunyai “bal cendawan di musim hujan”. Sekilas mengetahui namanya jamur atau cendawan adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Jamur ada yang uniseluler dan multiseluler. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Kembali pada perihal resep tumis jamur. Menumis merupakan cara masak yang mudah dan cepat sehingga jadi pilihan banyak orang. Hanya dengan menggunakan sedikit minyak, bumbu, dan bahan makanan yang dipotong-potong lalu dimasak sebentar dengan api besar, makanan yang anda masak pun akan segera siap disajikan. Selain lebih cepat matang, jamur juga mempunyai rasa gurih tersendiri yang khas. Jamur juga sering dipakai sebagai bahan pengganti daging sebab teksturnya yang sangat mirip.

Resep Tumis Jamur

Berikut resep tumis jamur sebagai olahan sayur yang lain dari yang lain, enak lezat dan maknyus. Simak ulasan berikut ini:

Bahan-bahan Tumis Jamur:

  • Jamur kancing, dibelah menjadi dua +- 200 gram (bisa juga memakai jamur lain yang siap dimasak, cek di pasar untuk ketersediannya)
  • Jagung muda atau putren, potong-potong dengan takaran +- 100 gram
  • Bwg merah, iris  7 siung
  • Lengkuas digeprek  1 batang
  • Daun salam  2 lembar
  • Ikan teri medan (bisa pilih bahan lain yang semisal) satu genggam tangan dewasa
  • Cabe rawit utuh – secukupnya
  • Garam – 1/2 sdt
  • Merica – 1/3 sdt
  • Penyedap – 1/3 sdt

Langkah-langkah Tumis Jamur:

  1. Awalnya panaskan wajan dan beri minyak secukupnya.
  2. Tumis bawang merah dan teri hingga berubah warna.
  3. Lalu tambahkan cabe rawit, lengkuas, dan daun salam. Tumis kembali.
  4. Masukkan bahan jagung muda dan jamur. Tambahkan sedikit air. Aduk hingga merata.
  5. Tambahkan garam, gula, merica, dan penyedap. Sesuaikan rasanya.
  6. Masak hingga matang. Angkat dan tiriskan untuk di sajikan.

Simak Juga:

Level pedas untuk tumis jamur menyesuaikan siapa saja yang akan menyantapnya. Atau siapkan lombok/cabe/sambal terpisah dari menu utama. Bagaimana Bunda, mudah kan resep tumis jamur (kancing) di atas? Selamat mencoba!