Resep Tumis Sawi Putih, Masakan Sayur Petsai yang Khas dan Lezat

Resep Tumis Sawi Putih, Masakan Sayur Petsai yang Khas dan Lezat

Resep Tumis Sawi Putih, Masakan Sayur Petsai yang Khas dan Lezat. Sawi yang satu ini disebut juga sawi cina. Kudapan yang selalu memberikan citarasa tinggi penikmat sayuran jenis sawi. Ada yang dimasak campur sayuran dan ada juga yang diolah dengan tumis atau dioseng. Bunda pastinya sudah sangat familiar dengan resep tumis sawi putih hanya saja tidak ada salahnya mencoba memasak dengan cepat dan praktis sesuai resep di sini..

Hidangan sayur ini memang kaya akan kandungan gizi di dalamnya. Sawi putih (Brassica rapa Kelompok Pekinensis; suku sawi-sawian atau Brassicaceae ) dikenal sebagai sayuran olahan dalam masakan Tionghoa; karena itu disebut juga sawi cina. Sebutan lainnya adalah petsai. Daunnya yang cenderung kuning pucat dan tangkai daunnya putih itulah mengapa disebut sawi putih. Sawi putih dapat dilihat penggunaannya pada asinan (diawetkan dalam cairan gula dan garam), dalam cap cai, atau pada sup bening. Sawi putih beraroma khas namun netral.


Habitat tumbuhan ini mudah dikenali: memanjang, seperti silinder dengan pangkal membulat seperti peluru. Warnannya putih. Daunnya tumbuh membentuk roset yang sangat rapat satu sama lain. Sawi putih ini memiliki lingkungan untuk tumbuh di tempat-tempat sejuk, sehingga di Indonesia ditanam di dataran tinggi. Tanaman ini dipanen selagi masih pada tahap vegetatif (belum berbunga). Bagian yang dipanen adalah keseluruhan bagian tubuh yang berada di permukaan tanah. Produksinya tidak terlalu tinggi di Indonesia.

Sebagian orang memang menghindari sawi hijau dan sawi ini menjadi pilihan alternatifnya. Ada alasan mengapa sawai hijau dihindari karena pantangan konsumsinya atau sayur berwarna hijau memiliki rasa yang kurang bersahabat. Memasaknya pun mudah dengan tekstur yang tak mudah hancur dan tetap renyah.

Resep Tumis Sawi Putih

Berikut ulasan lengkapnya resep cara membuat Tumis Sawi Putih mulai dari bahan hingga langkahnya:

Bahan-bahan Tumis Sawi Putih:

  • Bahan utama petsai/sawi putih, potong 3 cm +- 250 gram
  • Bwg bombay, iris tipis memanjang – 1/2 buah
  • Bwg putih, ulek halus – 2 siung
  • Cabai merah keriting, iris serong – 3 buah
  • Wortel, iris serong tipis – 1 buah
  • Telur puyuh, rebus lalu kupas – 8 butir
  • Minyak untuk menumis – 2 sendok makan
  • Saus tiram – 1 sendok makan
  • Garam – 3/4 sdt
  • Gula pasir – 1/2 sdt
  • Minyak wijen – 1/2 sdt
  • Merica halus – 1/4 sdt
  • Air – 200 ml

Langkah-langkah Tumis Sawi Putih:

  1.  Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dalam minyak sayur yang sudah dipanaskan. Tambahkan cabai iris. Lalu aduk hingga rata.
  2. Tambahkan wortel dan telur puyuh, aduk kembali hingga rata. Tuangkan secukupnya air lalu masak hingga wortel setengah matang (warna layu).
  3. Sawi putih siap dimasukkan dan tambahkan saus tiram, garam, dan gula pasir. Aduklah hingga terampur semua.
  4. Tuang sisa air. Masak hingga matang. Cek rasa dengan mengambil sedikit untuk di cicipi.
  5. Masukkan minyak wijen sesaat sebelum diangkat.
  6. Sajikan selagi hangat, bisa juga saat dingin juga nikmat.

Simak Juga:

Campuran dalam masakan tumis tersebut bisa ditambah dengan telur puyuh, bakso, fillet ayam, dan udang. Silakan tinggal pilih isiannya sesuai selera Bunda dan keluarga. Resep tumis sawi putih sangat terkenal dan melegenda sebagai olahan yang merakyat dan digemari khalayak ramai. Selamat menikmati ya Bun.