Resep Tumis Bunga Pepaya Teri Pete, Benar-benar Maknyus

Resep Tumis Bunga Pepaya Teri Pete, Benar benar Maknyus

Resep Tumis Bunga Pepaya Teri Pete, Benar-benar MaknyusPernah mendengar bunga pepaya? Seperti apa ya Bunda kira-kira? Kalau teri dan pete mungkin sudah terbiasa. Nah Bunda, kali ini kita akan mengulas resep tumis bunga pepaya teri pete. Tiga bahan utama menjadi satu sayuran yang mantap sekali. Yaitu bunga pepaya, ikan teri, dan pete. Jelas mendengarnya saja membuat lidah sampai meler.

Resep membikin tumis pepaya teri petai tidaklah sulit lo Bunda. Coba nanti tengok saja langkah-langkah, bumbu, dan caranya di bawah ini. Tumis bunga pepaya teri pete dalam bayangan kita mungkin agak pahit seperti daun pepaya atau rasanya khas pete yang kuat. Nah Bunda tidak panjang lebar ya kita simak sekarang resep tumis bunga pepaya teri pete yang jelas kaya gizi dan nutrisi.

Pete atau pete/mlanding adalah tumbuhan polong-polongan yang bijinya, yang berbau khas dan agak mirip dengan jengkol, dikonsumsi segar maupun dijadikan bahan campuran sejumlah menu. Sambal goreng hati tidak lengkap tanpa petai. Sambal petai juga merupakan menu dengan petai.

Resep Tumis Bunga Pepaya Teri Pete

Kita coba simak informasi kandungan gizi masing-masing bahan utama tumis bunga pepaya teri pete.

Bunga pepaya memiliki segudang nilai gizi. Berikut rinciannya energi 45 kkal, protein 2,6 gr, lemak 0,3 gr, karbohidrat 8,1 gr, kalsium 290 mg, fosfor 113 mg, zat besi 4,2 mg, vitamin A 0 iu, vitamin B1 0,01 mg, dan vitamin C 23,3 mg.

Kandungan gizi petai meliputi energi sebesar 142 kilokalori, protein 10,4 gram, karbohidrat 22 gram, lemak 2 gram, kalsium 95 miligram, fosfor 115 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Pete Segar juga terkandung vitamin A sebanyak 200 IU, vitamin B1 0,17 miligram dan vitamin C 36 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Pete Segar, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 36 %.

Sedangkan ikan teri mengandung nutrisi yang berada di dalamnya seperti energi sebesar 74 kilokalori, protein 10,3 gram, karbohidrat 4,1 gram, lemak 1,4 gram, kalsium 972 miligram, fosfor 253 miligram, dan zat besi 3,9 miligram.  Selain itu di dalam Ikan Teri juga terkandung vitamin A sebanyak 42 IU, vitamin B1 0,24 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Ikan Teri, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Resep Tumis Bunga Pepaya Teri Pete terbaru

Lihat Juga:

Berikut resep tumis bunga pepaya teri pete buat Bunda dan pembaca semua.

Bahan-bahan tumis bunga pepaya teri pete:

  • -+ 1oo gr ikan teri segar
  • -+ 1oo gr daun pepaya, disiangi
  • -+ 150 gr bunga pepaya, disiangi
  • -+ 1 papan pete, dipotong2 biji-bijinya
  • -+ 5 siung bawang putih, iris halus
  • -+ 10 buah cabai merah, iris
  • -+ 8 buah cabai rawit, iris
  • -+ Penyedap rasa pilihan Bunda
  • -+ 3 sdm minyak untuk menumis
  • -+ 250 ml minyak untuk menggoreng
  • -+ 3 cm lengkuas, memarkan
  • -+ 3 lembar daun salam
  • -+ 8 buah bawang merah, iris halus
  • -+ 1/4 sdt gula
  • -+ 1 sdt garam

Cara membuat tumis daun pepaya teri petai:

  1. Panaskan minyak secukupnya kemudian goreng teri hingga matang, sisihkan.
  2. Lalu goreng cabai rawit sebentar.
  3. Rebus bunga pepaya sekitar 3 menit.
  4. Rebus daun pepaya, tambahkan 1 sdm garam ke dalam air rebusan, rebus hingga daun empuk. Angkat dan tiriskan. Banjur dengan air dingin lalu peras. Potong-potong.
  5. Tumis irisan bawang putih dan bawang merah hingga bau harum menyengat hidung.
  6. Tambahkan cabe merah, lengkuas dan daun salam, masak sampai layu.
  7. Masukkan bunga dan daun pepaya yang telah disiapkan.
  8. Tambahkan garam dan gula dan penyedap rasa, aduk jingga rata.
  9. Masukkan cabai rawit dan teri yang telah disiapkan, aduk lagi hingga rata.
  10. Angkat lalu sajikan selagi hangat.

Simak Juga:

Coba bandingkan Bunda dengan kualitas masakan di atas. Sudah bergizi, alami, mudar, murah, dan enak mantap. Olahan sayur seperti ini sebaiknya menjadi pilihan utama variasi menu lauk dan pauk bersama keluarga Bunda. Semoga resep tumis bunga pepaya teri pete di atas berguna dan like and sharenya ya Bun.



resep petai tumis, sayur tumisan terbaru