Resep Pepes Ayam Daun Singkong, Cara Memasak dengan Pais Daun Pisang Enak dan Mudah

Resep Pepes Ayam Daun Singkong, Cara Memasak dengan Pais Daun Pisang Enak dan Mudah

Resep Pepes Ayam Daun Singkong, Cara Memasak dengan Pais Daun Pisang Enak dan MudahPepes seringkali menjadi kudapan yang nikmat tergantung pada kombinasinya. Yang terkenal adalah pepes dengan campuran daun singkong dibalut dengan daun pisang. Untuk Bunda kali ini kita ulas dengan bahan daun singkong dulu ya. Olahan yang satu ini selain mudah mencari bahan juga tidak sulit dalam memasaknya. Resep pepes ayam daun singkong menjadi andalan menu makan keluarga Bunda pastinya.

Daun singkong memiliki nilai nutrisi antara lain protein, serat, lemak, kalori, karbohidrat, vitamin A , C , B17, dan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Nutrisi yang paling memiliki tingkaterbaik daun singkong untuk yang tertinggi per 100g nya adalah protein (3.7), serat (0.6), kalori (37), lemak (0.2), dan karbohidrat (7.3). Cara memasak pepes ayam daun singkong untuk diperhatikan pilihan daun singkongnya. Disarankan memakai yang jangan terlalu tua.

Resep Pepes Ayam Daun Singkong

Daun singkong memang menjadi sayuran alternatif pengganti dari sayuran pada umumnya. Bila terbiasa dengan olahan ini, daun singkong adalah sayuran yang unik, dan bisa meningkatkan nafsu makan, tetapi untuk yang belum pernah mencobanya, mungkin butuh waktu untuk membiasakannya. Tekstur daun singkong cenderung agak kasar, sehingga hanya cocok untuk dimasak dalam beberapa cara saja. Lihat Juga: Resep ayam bacem dan ayam kremes yang ciamik rasanya.

Di sini penggunaan daun singkong lebih kepada pembukus pepes ayam sebagai kudapan yang menghadirkan aroma nikmat. Berikut ulasan resep pepes ayam daun singkong.

Bahan-bahan pepes ayam daun singkong:

  • 200 gr paha ayam fillet, cincang jangan terlalu halus
  • 50 gr daun singkong, rebus dulu100 gr tahu, potong kecil tidak terlalu lembut
  • 50 ml santan terbuat dari ¼ butir kelapa
  • 1 butir telur, dikocok dengan lepas
  • Daun pisang untuk membungkusnya

Bahan-bahan bumbu halus pepes ayam daun singkong:

  • -+ 2 buah cabai merah keriting
  • -+ 2 butir kemiri goreng
  • -+ 5 butir bawang merah
  • -+ 1 siung bawang putih
  • -+ ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • -+ 1 sendok teh garam
  • -+ ½ sendok teh gula merah sisir

Langkah-langkah cara membuat pepes ayam singkong:

  1. Campurkan daging ayam, tahu, santan, telur dan bumbu halusnya. Aduk semuanya hingga rata.
  2. Daun singkong dicampur dengan adonan ayam (point 1).
  3. Bungkuslah dengan daun singkong untuk lapisan pertama baru bungkus daun pisang saat dipepes.
  4. Kukuslah selama tiga puluh menit untuk memasaknya.
  5. Angkat dan bakar hingga bau khas daun pisang menyengat hidung.

Simak Juga:

Bunda yang selalu mencintai keluarga. Ajak diskusilah kelaurga Bunda mengenai pepes ayam ini dengan pilihan daun singkong atau daun pisang. Resep pepes ayam daun singkong sangat ketara sekali aroma daunnya yang berpadu dengan rasa khas ayam nikmat. Selamat menikmati pepes ayam singkong Bunda. Lihat Juga: Aneka Masakan Ayam yang Unik dan Gurih.

Advertisements



Loading...