Resep Ayam Bacem yang Mudah Praktis dan Nikmat

Resep Ayam Bacem yang Mudah Praktis dan Nikmat

Resep Ayam Bacem yang Mudah Praktis dan Nikmat. Resep masakan ayam yang paling mashur berkisar olahan goreng atau bakar. Bunda, kali ini variasai masakan kita akan mengulas masakan ayam bacem. Ayam bacem sangat berbeda rasanya dengan goreng atau bakar. Ciri khas citarasa baceman yang berbumbu manis kecap atau gula jawa sering disuguhkan di rumah makan atau resto ternama. Resep ayam bacem yang mudah dan praktis kali ini memudahkan Bunda untuk mencobanya. Coba juga resep ayam nugget dan bandingkan nikmatnya.

Makanan baceman atau bacem merupakan sajian makanan khas dari daerah Jawa Tengah, juga Yogyakarta bagian timur (Mataraman). Penduduk Yogyakarta menyukai bacem yang bercitarasa manis, yaitu dengan bumbu khas gula merah. Disebut bacem karena metode pengolahan makanan untuk mengawetkan produk, biasanya adalah tempe dan tahu. Dibacem artinya direndam dalam air gula atau garam supaya bahan makanan menjadi awet. Resep ayam bacem merupakan warisan nenenk moyang nusantara. Cara memasak ayam bacempun hingga sekarang menjadi menu favorit pecinta kuliner masakan jawa.

Resep Ayam Bacem yang Mudah Praktis dan Nikmat

Secara umum, bahan dasar bacem adalah tempe atau tahu atau bahan makanan lain, yang telah dipotong-potong sesuai keinginan. Tetapi kali ini kita coba menggantikannya dengan ayam bacem. Memang dari sisi tekstur tahu,tempe dan ayam sangat kontras dan berbeda ketika tanpa bacem. Nah Bunda, ayam bacem memiliki citara khas yang setiap orang berhak untuk mencicipi dan menyantapnya.

Berikut resep ayam bacem yang lezat nikmat dan membuat ketagihan.

Bahan-bahan ayam bacem spesial:

  • -+ 500 gram Daging Ayam
  • -+ 6 buah Bawang Merah
  • -+ 2 lembar Daun Salam
  • -+ 3 cm Lengkuas (Laos)
  • -+ 100 gram Gula Merah
  • -+ 3 gram Bawang Putih
  • -+ 6 butir Kemiri
  • -+ 1 sendok teh Garam
  • -+ 6 sendok makan Kecap Manis
  • -+ 750 ml Air kelapa
  • minyak goreng sperlunya

Langkah-langkah cara memasak ayam bacem spesial:

  1. Pertama haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri. Pastikan halus, usahakan diulek.
  2. Masukkan bersama-sama air kelapa, daging ayam, daun salam, lengkuas, gula jawa, kecap manis, garam dan bumbu halus ke dalam panci.
  3. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api dan masak hingga airnya hampir habis. Lalu dinginkan secara alami.
  4. Goreng dengan minyak yang agak banyak, hingga agak kering.
  5. Sajikan dan bisa menambah lalapan atau topping lainnya mendukung masakan ayam bacem.

Simak Juga:

Hindangan di atas untuk porsi 4 orang-an. Resep ayam bacem dengan citarasa menggoda lidah membuat setiap keluarga Bunda selalu rindu masakan Bunda. Biarlah mereka (keluarga) selalu kangen dengan resep Bunda dan itu adalah bukti tangan dingin Bunda menjamu keluarga hingga masa usia tua nanti.