7 Cara Penggunaan Toner Yang Benar, Agar Kulit Sehat Maksimal dan Awet



Cara Memakai Toner Yang Benar Picture

Toner merupakan salah satu produk pembersih wajah yang memiliki manfaat luar biasa. Penggunaan toner sebelum menggunakan cream memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain membersihkan wajah ternyata toner juga mampu melembabkan , mengencangkan serta menutup mengecilkan pori-pori yang besar. Ada banyak macam toner ada yang berbentuk cair, cream ataupun spray. Penggunaannya setelah menggunakan sabun wajah dan sebelum menggunakan bebagai cream atau serum.

Jenis – Jenis Toner

Ini adalah bentuk toner paling ringan; mengandung air dan ikatan hidrogen seperti Gliserol , dan sedikit jika ada Etanol (0-10%). Humektan membantu menjaga kelembaban di lapisan atas Kulit Ari dengan mencegahnya Penguapan. Contoh populer dari ini adalah air mawar

Pembersih wajah ini paling halus untuk muka, dan bisa di gunakan pada kulit kering, dehidrasi, sensitif, dan normal. Ini dapat memberikan efek terbakar pada muka

1. Pembersih Muka

Ini komposisinya tidak banyak mengandung alkohol ( sampai 20%), air dan bahan yang melembabkan. Air dari hasil bunga jeruk yaitu hasil dari pembersih kulit. Pembersih kulit yang sesuai dengan muka bisa di oleskan pada kulit normal, kombinasi dan berminyak.

2. Pembersih Masam

Ini adalah contoh pembersih muka yang memuat asam alfa hidroksi dan asm hidroksi beta. Pembersih asam ini di campur dengan tujuan untuk mengeksfoliasi muka secara kimiawi alih alih pengelupasan fisik yang telah di buktikan dengan adanya mikro-air mata di muka. Glycolic, Lactic, masam Mandelic yaitu masam hidroksi alfa yang terkenal untuk dipakai, paling sesuai untuk masalah permukaan kulit. Masam salisilat adalah masam hidroksi beta yang terkenal saat dioleskan untuk masalah permukaan kulit yang parah

3. Zat Yang Menciutkan

Ini adalah cairan pembersih yang bagus dan mengandung kadar proporsi alkohol tinggi(20-60%), bahan antiseptik, air, dan bahan humektan. Ini dapat mengatasi masalah iritasi dan masalah muka karena dapat mengecilkan lubang kecil pada muka ( pori-pori ) kelebihan lipid melindungi serta protein denaturasi muka saat persentasi alkohol yang tinggi di oleskan.

Cara Menggunakan Toner

Dalam menggunakan toner pastikan kulit wajah dalam keadaan bersih. Lakukan tap tap pada kulit wajah. Berikut cara menggunakan toner pada wajah agar hasil lebih maksimal dan kulit menjadi sehat serta lembab bercahaya.

1. Cuci Wajah sebelum Memakai Toner

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum menggunakan toner adalah membersihkan dulu wajah dengan sabun pembersih. Setelah itu, keringkan dengan handuk atau tisu wajah. Mencuci wajah terlebih dahulu sangat penting, karena produk pembersih akan membersihkan kotoran dan minyak. Setelahnya, wajah sudah siap untuk menggunakan toner.

2. Menggunakan Kapas atau Telapak Tangan

Setelah wajah bersih dan kering gunakan kapas wajah atau telapak tangan untuk mengaplikasikan toner. Caranya, teteskan toner pada kapas atau telapak tangan kemudian aplikasikan pada wajah sampai terasa cukup lembap.

3. Tepuk Wajah Perlahan

Selanjutnya, tepuk-tepuk wajah secara perlahan agar toner yang sudah diaplikasikan ke wajah bisa cepat meresap ke kulit. Selain pada wajah, toner juga dapat diaplikasikan pada area leher sehingga wajah dan leher dapat terjaga kelembapannya.

Simak Juga:

4. Mengggunakan Toner Model Spray

Cara menggunakan toner lainnya adalah menggunakan model spray. Kamu bisa memindahkan toner ke dalam botol spray terlebih dahulu. Cara memakainya sangat mudah, cukup semprotkan ke area wajah dan leher. Kemudian, tepuk-tepuk wajah secara perlahan.

5. Biarkan Toner Meresap

Setelah mengaplikasikan toner pada wajah, sebaiknya tunggu beberapa saat sampai toner meresap. Tepuk-tepuk wajah perlahan dan tunggu sekitar 3-5 menit agar toner benar-benar meresap. Setelah itu kamu bisa melanjutkan penggunaan perawatan kulit selanjutnya seperti menggunakan serum hingga pelembap. Sebagai panduan, pastikan selalu menggunakan produk skincare yang konsistensinya lebih cair terlebih dahulu, ya!

6. Menggunakan Toner Cukup 2 Kali Sehari

Mungkin kamu bertanya-tanya kapan sebaiknya menggunakan toner wajah?

Toner dapat digunakan sebanyak dua kali dalam satu hari, yakni di pagi dan malam hari setelah mencuci muka dengan sabun pembersih wajah. Menggunakan toner di pagi hari berfungsi menyeimbangkan pH kulit.

Sementara menggunakannya di malam hari dapat membantu membuat kulit benar-benar terjaga kebersihan dan kelembapannya. Jika kamu ingin menggunakan toner untuk mengeksfoliasi kulit, kamu dapat menggunakannya cukup 1 kali dalam seminggu.

7. Menggunakan Toner sebagai Sheet Mask

Toner juga dapat dimanfaatkan untuk sheet mask, khususnya kamu yang memiliki kulit wajah kering. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes toner pada lembaran sheet mask yang berbentuk kapsul yang bisa kamu dapatkan di e-commerce.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya dengan kapas yang berukuran tipis dengan meneteskan toner pada kapas lalu menempelkannya di seluruh wajah. Gunakan sheet mask toner ini seperti ketika kamu menggunakan sheet mask biasa. Rutin menggunakan sheet mask toner akan membuat kulitmu lebih sehat dan terjaga kelembapannya.

Baca Juga:

Ternyata pengunaan toner ada urutan yang mesti anda lakukan terlebih dahulu. Penggunaan yang asal akan mengakibatkan toner kurang bekerja dengan baik. Ikuti langkah diatas agar kulit anda sehat dan lembab bercahaya.