Tips Memilih Tempat Tidur Bayi



Tips Memilih Tempat Tidur Bayi

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi. Memiliki bayi merupakan anugrah yang tak ternilai harganya. Berbagai perlengkapan dan peralatan bayi disediakan guna menunjang tumbuh kembang anak. perlengkapan dan peralatan juga harus disesaikan dengan usia bayi.

Salah satu perlengkapan yang sangat penting yaitu tempat tidur bayi. Dalam memilih tempat tidur bayi harus mengetahui standar keamanan bagi bayi. Sebab bila sobat menyepelekan standar keamanan bisa jadi malah berbahaya bagi bayi.

Dikarenakan bayi mempunyai tulang yang masih sangat lunak dan perkembangan pada masa bayi sangat pesat maka pemilihan matras pada bayi juga mesti disesuaikan. Berbeda dengan anak-anak, bayi harus diperhatikan dengan baik dan benar.

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi

Sebab bayi belum bisa mengeluhkan apa yang dirasakannya. Mereka mengeluhkan segala sesuatu melalui tangisan. Untuk itu dalam memilih tempat tidur bayi membutuhkan beberapa tips. Kami dari situs gingsul.com akan berbagi tips memilih tempat tidur bayi yang aman dan nyaman.

10 Tips Memilih Tempat Tidur Bayi Antara Lain:

  1. Pilihlah bahan material untuk tempat tidur yang kualitas bahan dan material yang kokoh dan kuat, Serta jangan memilih bahan yang terbuat dari besi karena besi mudah berkarat. Pastikan cat untuk tempat tidur anak yang aman untuk anak.
  2. Perhatikan jarak rongga antara bilah sisi tempat tidur. Bila yang terlalu jarang akan membuat bagian tubuh bayi bisa terjepit.
  3. Pilihlah matras yang didesain khusus untuk bayi yaitu matras yang tidak terlalu empuk agar tubuh bayi bisa terlentang dengan nyaman tujuannya pertumbuhan bayi supaya lancar. serta matras yang pas dengan tempat tidur.
  4. Hindari memilih tempat tidur yang beroda, apabila terpaksa menggunakan roda pastikan roda mempunyai rem yang baik tujuannya bila ada dorongan tempat tidur bayi tidak bergerak dan membentur dinding.
  5. Pilihlah bahan yang digunakan untuk tempat tidur yang aman dan nyaman. Anda bisa memilih bantal maupun matras serta guling yang sesuai dengan usia bayi.
  6. Letakkan tempat tidur pada lantai yang datar, supaya tidak ada gerakan pada tempat tidur anak, tempat yang miring akanmembahayakan bayi. terlebih bila box bayi terdapat rodanya.
  7. Gunakan lapisan pelindung untuk box bayi. Lapisan yang tidak terlalu keras sangat aman untuk bayi hal tersebut bertujuan menghindari bayi terbentur dengan bagian tempat tidur.
  8. Jangan menaruh tampat tidur bayi didekat colokan listrik.
  9. Pastikan semua sambungan keranjang kuat
  10. Gunakan kelambu agar bayi terbebas dari gigitan serangga.

Simak Juga:

Manfaat Tidur

Mungkin banyak yang belu tahu ternyata tidur dengan nyenyak dan sesuai dengan kebutuhan memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

1. Lebih Bahagia

Pertama, manfaat tidur untuk anak yang tidur cukup akan membuat lebih bahagia. Di sebutkan berdasarkan penelitian yang dilakukan University of Massachusetts, AS, ketika kita kehilangan setengah jam waktu tidur secara teratur menyebabkan peningkatan perasaan depresi dan rendah diri di antara sekelompok anak usia sekolah. Jadi, jangan heran kalau si kecil akan uring-uringan sepanjang hari kalau kurang tidur.

2. Jantung Sehat

Jantung membutukan waktu istirahan dan ketika dengkuran si kecil kerap dianggap karena ia kecapaian. Namun, hal itu di tangkis karena menurut penelitian terbaru di Australia, anak yang mendengkur, ringan sekali pun, memiliki tekanan darah dan detak jantung lebih tinggi dibanding anak yang tidak mendengkur. Para peneliti menduga salah satu penyebab mendengkur pada anak-anak ini adalah karena sering terbangun di malam hari.

3. Berat Badan Ideal

Manfaat tidur selanjutnya yaitu ketika Balita yang memiliki waktu tidur kurang dari 12 jam sehari memiliki kemungkinan hingga 2 kali lebih banyak untuk kelebihan berat badan pada usia 3 tahun dibandingkan mereka yang waktu tidurnya lebih dari 12 jam.

Hal ini berdasarkan hasil reset dari Harvard Medical School, AS. Studi lain menemukan, setiap tambahan jam tidur anak-anak, melampaui jam tidur yang dianjurkan, bisa menurunkan risiko kelebihan berat badan sebesar 9%.

4. Otak Maksimal

Ketika tidur cukup bagi anak akan menggunakan 3 atau 4 area otak untuk menyelesaikan tugas.

Demikian yang dikatakan oleh Dennis Molfese, Ph.D., yang meneliti jadwal tidur dan tingkat respon anak usia 4 – 8 tahun. Tapi, kurang tidur membuat otak kurang terkoordinasi dan efisien. Melewatkan hanya 1 jam tidur setiap malam selama seminggu bisa menurunkan kemampuan berkonsentrasi pada anak.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat tidur yang ke lima berdasarkan study yang dilakukan, ketika tidur malam kurang dari 8 jam sehari bisa membuat mereka 3 kali lebih rentan terkena flu.

Jadi ketika anak rentan sakit bisa jadi kurang tidur dan demikian kata Jodi Mindell, direktur asosiasi Sleep Center di The Childrens Hospital of Philadelphia, AS.

6. Mengurang Resiko Cidera

Jika anak kurang istirahat dan tidur hal ini bisa berisiko 2 kali lebih banyak untuk mengalami cedera atau kecelakaan dibanding teman mereka yang segar karena cukup tidur. Demikian dikatakan para ilmuwan di University of Rochester School of Nursing, AS. (Sumber: parenting Indonesia/IAH)

Tips memilih tempat tidur bayi diatas sangat penting diperhatikan bagi anda yang ingin memiliki buah hati. Selalu berikan yang terbaik untuk buah hati tercinta agar tumbuh kembangnya berjalan sesuai dengan usianya.