Penyebab Muntaber Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Muntaber Yang Harus Diwaspadai

Penyebab Muntaber Yang Harus Diwaspadai. Muntaber atau GEA (Gastroenteritis Acute) merupakan penyakit saluran pencernaan yang ditandai dengan diare dan muntah-muntah. Namun yang perlu ditekankan tidak semua mencret disebut diare. Bila pada anak yang baru lahir makanan utama masih mengkonsumsi ASI feses yang berair merupakan suatu hal yang wajar.

Perbedaan feses pada bayi yang masih mengkonsumsi ASI dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula yaitu feses pada bayi yang mengkonsumsi ASI lebih encer dan frekuensi dalam 1 haru bisa sampai 5 kali berbeda dengan bayi yang mengkonsumsi susu formula feses lebih padat dan lebih jarang.

Diare merupakan proses buang air besar dengan feses yang lebih cair serta frekuensi dalam setiap hari lebih banyak bila dibanding hari-hari normal. Diare pada anak sebaiknya perbanyak asupan cairan seperti susu, pemberian oralit serta banyak mengkonsumsi minuman untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Penyebab Muntaber Yang Harus Diwaspadai

Penyebab utama muntaber biasanya karena pola hidup yang kurang bersih namun ada penyebab lain yang biasanya disepelekan dan harus diwaspadai agar penderita muntaber bisa diminimalkan antara lain:

  1. Factor infeksi
  • Infeksi bakteri oleh kuman E, coli Salmonella, Kolera(memanfaatkan saat kondisi tbuh melemah)
  • Infeksi basil (enerovirus disentri)
  • Infeksi virus dan adeno virus
  • Infeksi parasit oleh cacing (askaris)
  • Infeksi jamur (candidiasis)
  • Infeksi akibat radang organ lain, seperti radang tonsil, bronchitis, dan radang tenggorokan
  • Keracunan makanan
  1. Factor malabsorpsi. Malabsorpsi karbohidrat dan malabsorpsi lemak
  2. Factor makanan. Makanan yang mengakibatkan diare adalah makanan yang tercemar, basi, beracun, terlalu banyak lemak, mentah (sayuran) dan kurang matang
  3. Factor psikologis. Rasa takut, cemas tegang. Jika terjadi pada anak dapat menyebabkan diare kronis.

Pencegahan penyakit muntaber yang paling mudah yaitu dengan kebiasaan mencuci tangan dibawah air mengalir pakai sabun setelah mainan, memegang hewan, sebelum makan, sebelum menyiapkan makanan, sebelum memegang bayi, setelah menceboki bayi dan saat yang dibutuhkan.

Untuk mendapatkan jiwa yang sehat selalu biasakan pola hidup bersih, makan-makanan bergizi, menjaga kebersihan diri dan lingkungan serta rajin berolahraga. Hal tersebut untuk menekan penyebab muntaber yang mesti diwaspadai mulai dari diri sendiri, lingkungan keluarga dan lingkungan rumah. Semoga ulasan diatas bermanfaat.