Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan



Tips Tetap Bugas Saar Puasa Ramadhan

Tips Agar Tetap Bugar Saat Puasa Ramadhan. Saat berpuasa sekitar 14 jam tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan dan juga nutrisi. Namun bukan berarti saat berpuasa kita menjadi terpuruk dengan penampilan maupun asupan yang kurang baik bagi tubuh kita. kita bisa menyiasati dengan berbagai trik dan tips sehat.

Puasa sebenarnya mampu membersihkan toksin yang ada dalam tubuh kita. Namun terkadang bagi sebagian orang, dengan berpuasa akan membuat tubuh menjadi dehidrasi maupun membuat kulit keriput karena kurangnya asupan nutrisi maupun cairan.

Dengan menerapkan pola makan bergizi dan pola hidup sehat sebenarnya kita bisa dengan ringan menjalani puasa Ramadhan sebulan penuh. Kali ini gingsul.com akan berbagi tips segar bugar saat menjalani puasa Ramadhan, puasa sunah.

Tips Bugar Puasa Ramadhan

Berikut tips agar tetap bugas saat berpuasa yang bisa sobat gingsul terapkan untuk meringankan puasa sobat dan membuat sobat terlihat tetap bugar meski aktifitas menumpuk.

  1. Memenuhi kebutuhan karbohidrat terutama karbohidrat kompleks seperti beras merah, beras coklat, biji-bijian, oat. Makanan jenis ini lebih bergizi dan lebih lambat dicerna oleh tubuh sehingga sobat tidak mudah merasa lapar.
  2. Mengkonsumsi makanan berkuah.
  3. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
  4. Mengkonsumsi kurma 3-7 kurma, akan lebih baik bila kurma dijus dengan susu
  5. Menghindari berbuka dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi karena akan membuat rasa haus berlebihan.
  6. Beri jeda sekitar 1 jam antara buka puasa dan makan malam, agar lambung menyesuaikan sehingga tidak menimbulkan sakit perut.
  7. Mengkonsumsi buah-buahan yang cukup.
  8. Perbanyak mengkonsumsi sayuran.
  9. Lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki.

Manfaat Puasa

Inilah manfaat puasa dilihat dari aspek kesehatan dan teruji secara klinis.

  1. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal
  2. Ketika menjalankan ibadah puasa, sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik
  3. Dengan berpuasa dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dimana fungsi dari sel-sel getah bening akan membaik 10 kali lipat

Demikian tadi tips agar tetap bugar saat puasa Ramadhan, sobat bisa mencobanya untuk mendapatkan puasa yang berkualitas tanpa meninggalkan aktifitas namun tubuh tetap bugar dan tidak terlihat lemas.