Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar, Jangan Sampai Terbalik



Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar Picture

Salah satu cara merawat kulit wajah yaitu dengan memberikan asupan nutrisi untuk kulit atau yang biasa disebut skincare. Belakangan banyak jenis skincare yang beredar dipasaran dengan menawarkan berbagai manfaat yang didapatkan. Misalnya untuk memudarkan kerutan diwajah (age defy), memutihkan kulit wajah, mengencangkan, membuat kulit wajah menjadi glowing. Untuk mendapatkan manfaat tersebut ada serangkaian produk yang mesti digunakan, berbagai macam produk yang perlu anda ketahui diantaranya facial cleanser, facial wash, exfoliating toner, hydrating toner, esence, boster dan berbagai cream serta serum.

Facial

Sebagai penunjang dalam penggunaan skincare akan lebih baiknya kita melakukan facial. Tujuannya supaya berbagai permasalahan kulit seperti komedo, jerawat, kerutan, flek hitam, keriput, mata panda dapat tertangani dengan baik. Tujuan perawatan wajah atau facial adalah prosedur perawatan untuk mengatasi masalah pada kulit wajah manusia. Masalah kulit wajah ini dapat berkaitan dengan tekstur, tekanan sel, warna, dan kesehatan secara keseluruhan, sementara prosedur yang dilakukan dapat mencakup pembersihan, eksfoliasi, penghilangan komedo, pemberian masker kecantikan, pemijatan, dan pemberian nutrisi. Facial merupakan layanan yang paling umum diberikan di spa.

Skincare

Setelah melakukan serangkaian facial tenaga ahli dibidang kecantikan biasanya akan memberikan serangkaian produk perawata kulit yang kita sebut skincare. Bagi orang awam banyak yang berpendapat bila artis dan kalangan menengah keatas biasanya tampil begitu fresh dan glowing itu karena makeup yang digunakan. Sebenarnya artis juga melakukan serangkaian perawatan wajah. Bahkan tak jarang juga melakukan suntik botok, suntik vitamin, pemasangan benang diwajah untuk mengangkat wajah yang kendur dan berbagai perawatan lainnya.

Urutan Pemakaian Skincare Pagi Hari

Untuk itu, penggunaan skincare ditahap awal perlu mendapat perhatian. Tujuannya supaya kita tidak salah dalam penggunaannya yang mengakibatkan kurang bermanfaatnya skincare yang kita pakai. Berikut cara menggunakan skincare yang benar dari bangun tidur hingga malam hari.

1. Menggunakan Produk Pembersih Wajah

Sebelum tidur tentu saja kamu sudah membersihkan wajah terlebih dahulu sehingga di pagi hari kamu bisa langsung mencuci wajah menggunakan facial wash yang disesuaikan dengan kondisi kulit.

Namun jika kamu merasa tidak yakin, bisa melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water terlebih dahulu, kemudian produk pencuci wajah.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah dengan facial wash, tahap kedua adalah penggunaan toner. Toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit setelah menggunakan produk pembersih wajah, sehingga penting dilakukan agar kulit lebih siap menerima produk selanjutnya.

Jika dulunya toner dikenal dapat membuat wajah menjadi kering karena kandungan alkoholnya yang tinggi, saat ini kamu bisa memilih toner dengan kandungan yang lebih ringan. Bahkan tidak sedikit toner yang berfungsi melembapkan kulit.

3. Serum

Selanjutnya kamu bisa menggunakan serum, dimana produk ini memiliki konsentrasi zat aktif yang cukup tinggi sehingga dapat terserap ke dalam kulit dengan maksimal. Pastikan pula serum yang kamu pilih sesuai dengan kondisi atau masalah kulit.

4. Moisturizer atau Pelembap

Untuk mengunci dan mempertahankan kelembapan kulit, kamu juga perlu menggunakan moisturizer atau pelembap setelah serum. Tidak hanya pemilik kulit kering, pemilik kulit berminyak juga perlu menggunakan produk yang satu ini.

Untuk pemilik kulit berminyak lebih disarankan menggunakan pelembap yang berbentuk gel. Sedangkan pemilik kulit kering bisa menggunakan pelembap berbentuk krim yang menawarkan kelembapan ekstra.

5. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah salah satu produk skincare yang wajib kamu gunakan di pagi hari. Meskipun kamu berada di dalam ruangan, namun sinar matahari bisa menembus kaca sehingga peran sunscreen sangatlah penting.

Pilihlah sunscreen atau tabir surya yang setidaknya mengandung SPF 15 saat berada di dalam ruangan atau SPF 30 kegiatan outdoor agar kulit wajah bisa terlindungi dari sinar UVA/UVB. Dan sunscreen adalah tahap akhir untuk skincare pagi hari.

Simak Juga:

Urutan Pemakaian Skincare Malam Hari

Untuk mendapatkan kulit wajah glowing dipagi hari anda juga perlu memperhatikan urutan pemakaian perawatan wajah. Berikut urutan yang benar penggunaan skincare yang perlu anda ketahui

1. Makeup Remover

Setelah beraktivitas seharian, kulit wajah kamu pasti menjadi kotor. Untuk membersihkan polusi, debu, minyak dan kotoran yang sudah bercampur dengan makeup, kamu perlu melakukan teknik double cleansing.

Caranya, bersihkan wajah dengan menggunakan makeup remover seperti micellar water, lalu untuk menghapus makeup waterproof, kamu bisa mencoba menggunakan makeup remover berbahan dasar minyak.

2. Facial Wash

Agar wajah bersih maksimal, kamu bisa melanjutkan tahap double cleansing dengan menggunakan produk pembersih wajah atau facial wash. Pilih sabun wajah yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit ya, Ladies.

3. Produk Eksfoliasi

Agar sel-sel kulit mati di wajah tidak menumpuk dan menyebabkan wajah kusam, sesekali kamu bisa menggunakan produk skincare yang berfungsi untuk eksfoliasi. Pada umumnya, produk eksfoliasi tidak disarankan dipakai setiap hari namun kamu bisa memakainya seminggu dua kali atau seminggu sekali.

4. Toner

Sama seperti urutan pemakaian skincare di pagi hari, setelah memastikan wajah sudah bersih, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan toner. Agar kulit kamu tidak kehilangan kelembapan sepanjang malam, kamu bisa memilih toner yang juga berfungsi untuk melembapkan.

5. Serum

Langkah selanjutnya setelah toner adalah penggunaan serum. Serum dapat membantu memperbaiki masalah dan tekstur kulit kamu bahkan juga berfungsi untuk melembapkan dan kandungan tertentu juga mencerahkan wajah selama kamu tidur, Ladies.

6. Krim Mata atau Eye Cream

Krim mata atau eye cream dapat membantu menyelesaikan persoalan mata panda atau kerutan-kerutan halus pada bagian bawah atau sekitar mata. Kamu bisa memilih krim mata yang memiliki konsentrasi tinggi, seperti antioksidan dan peptida, lalu aplikasikan secara lembut ke area bawah mata.

7. Krim Malam atau Sleeping Mask

Langkah terakhir dari urutan pemakaian skincare di malam hari adalah dengan menggunakan krim malam atau sleeping mask. Penggunaan krim malam atau sleeping mask ini sangatlah penting sehingga kamu perlu memilih kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Baca Juga:

Penggunaan skincare harus digunakan setiap hari, agar kulit wajah ternutrisi sehingga kulit menjadi kencang dan sehat bercahaya. Demikian tadi urutan penggunaan Skincare di pagi hari dan malam hari yang wajib anda ketahui.

 

Begini Urutan Pemakaian Skincare Wajah untuk Malam Hari, Ini Urutan Pemakaian Skincare yang Benar!