Rekomendasi Obat Gusi Bengkak yang Dijual di Apotek Menurut SehatQ

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak yang Dijual di Apotek Menurut SehatQ

Mulut sebenarnya merupakan salah satu organ tubuh yang sensitif. Karena termasuk organ yang penting sebaiknya Anda selalu menjaga kesehatan dan juga kebersihan mulut. namun karena satu dan lain hal mulut memang cenderng lebih rentan terhadap gangguan. Baik yang sifatnya ringan ataupun berat.

Salah satu gangguan yang biasa muncul adalah gusi bengkak. Gusi yang bengkak ini biasanya akan menimbulkan rasa nyeri. Yang jika dibiarkan tentu saja akan mengganggu banyak aktifitas Anda seperti makan, mium bahkan berbicara.

Pertolongan pertama pada gusi bengkak biasanya dapat Anda lakukan sendiri. Namun sebaiknya untuk mencegah berulangnya kejadian gusi bengkak, ada baiknya Anda mengetahui penyebab terjadinya gusi bengkak.

Penyebab Gusi Bengkak

Hampir semua orang pernah mengalami gusi bengkak walaupun hanya sekali. Hal ini karena penyebab terjadinga gusi bengkak memang ada banyak, bahkan beberapa diantaranya sangat sepele, misalnya:

  • Sensitif atau tidak cocok menggunakan pasta gigi atau obat kumur merke tertentu.
  • Radang gusi (gingivitis) yang disebabkan karena kebersihan mulut kurang terjaga.
  • Adanya Infeksi bakteri dan jamur.
  • Kekurangan asupan nutrisi.
  • Sisa makanan yang tertinggal di gigi dan gusi kemudian membusuk.
  • Pengaruh hormon saat kehamilan.

Obat Gusi Bengkak

Karena penyebab gusi bengkak sangat beragam, maka pengobatan yang dilakukan juga berbeda dan sebaiknya disesuikan dengan penyebabnya agar pengobatan dapat dilakukan dengan tuntas.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat gusi bengkak menurut SehatQ, yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di apotek terdekat.

1. Paracetamol

Pereda gusi bengkak yang paling mudah ditemukan adalah paracetamol. Paracetamol juga sering disebut dengan acetaminophen. Obat ini besifat meredakan nyeri. Selain itu, paracetamol juga cenderung aman digunakan untuk orang dewasa dan juga anak-anak.

Selain meredakan nyeri, paracetamol juga dapat menurunkan demam. Karena gusi bengkak yang disebabkan oleh infeksi seringkali disertai dengan demam.

2. Ibuprofen

Selain paracetamol, obat pereda nyeri akibat gusi bengkak yang juga cukup populer adalah ibuprofen. Obat ini termasuk dalam golongan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Sehingga akan lebih cocok digunakan untuk gusi bengkak yang disebabkan karena adanya peradangan.

Di samping itu, Ibuprofen kurang disarankan bagi orang yang memiliki gangguan lambung, seperti maag atau asam lambung. Sebab, obat ini kerap kali memberikan efek samping berupa sakit perut, mual dan muntah.

3. Hidrogen Peroksida

Alternatif obat ketiga untuk meredakan gusi bengkak adalah hidrogen peroksida. Seperti halnya obat lainnya, hidrogen peroksida ini juga cukup mudah ditemukan di apotek. Obat ini dapat dibeli dengan mudah tanpa memerlukan resep dokter.

Obat pereda gusi bengkak ini berupa larutan dan digunakan sebagai obat kumur, sehingga lebih cocok digunakan oleh ibu hamil yang tidak diperbolehkan sembarangan meminum obat.

Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu hanya dengan mengencerkan 3% hidrogen peroksida dengan 3 sendok makan air. Setelahnya, gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik. Lakukan hal ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu sampai gusi bengkak pulih.

4. Chlorhexidine

Rekomendasi obat gusi bengkak yang terakhir adalah Chlorhexidine. Obat ini bersifat antibiotik dan bisa Anda beli di apotek. Obat ini bekerja dengan cara mencegah pertumbuhan bakteri di area mulut, termasuk akibat gusi bengkak yang disebabkan oleh gingivitis atau radang gusi.

Adapun Chlorhexidine ini sendiri terdapat 2 varian, yaitu obat kumur dan minum. Khusus untuk chlorhexidine varian obat kumur, hanya dapat dibeli dengan resep dokter.

Itulah beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan gusi bengkak. Yang perlu diketahui, keempat obat di atas hanyalah pengobatan yang bersifat darurat dan sementara. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan dokter dan melakukan perawatan medis yang tepat.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang gusi bengkak dan juga artikel kesehatan lainnya yang valid, Anda bisa mengunjungi website SehatQ.com.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743