Resep dan Cara Membuat Kerupuk Nasi, Enak Kriuknya Renyah Banget

Resep dan Cara Membuat Kerupuk Nasi, Enak Kriuknya Renyah Banget

Resep dan Cara Membuat Kerupuk Nasi, Enak Kriuknya Renyah Banget. Cara mudah membuat kerupuk nasi, kerupuk nasi sisayang sangat melegenda. Memang para orang tua zaman dahulu sering memanfaatkan nasi sisa untuk dibuat menjadi kerupuk. Namun rasa yang itu-itu saja kadang membuat anda bosen. Untuk mensiasatinya anda bisa menambahkan aneka rasa pada kerupuk buatan anda. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Membuat Rolade Ayam Wortel.

Kerupuk nasi merupakan kerupuk yang dibuat dari nasi, baik itu nasi sisa kemarin ataupun nasi yang masih bagus. Pembuatan kerupuk nasi memang sudah ada sejak zaman nenek kita terdahulu. Namun pada zaman nenek kita terdahulu pembuatan kerupuk masih menggunakan bleng dan belum mengetahui bahaya bleng bagi kesehatan.

Seiring berkembangnya zaman ternyata kerupuk nasi bisa dibuat tanpa tambahan bleng. Penggunakan tepung kanji pada campuran kerupuk nasi ternyata mampu menggantikan bleng. Bagi anda yang doyan mengkonsumsi kerupuk nasi anda juga bisa mengkreasikan kerupuk nasi dengan berbagai rasa dengan menambahkan rasa pada adonan kerupuk tersebut misalnya rasa balado, barbeque, keju, ayam panggang dan rasa yang lainnya.

Resep dan Cara Membuat Kerupuk Nasi

Bagi anda yang sudah penasaran mengenai cara mudah membuat kerupuk nasi berikut akan kami ulas secara lengkap resep dan cara membuat kerupuk nasi.

Cara Membuat dan Langkah Membuat Kerupuk Nasi

BAHAN YANG DIPERLUKAN

  • 1 piring nasi munjung / penuh
  • 2 sdm saus BBQ, keju, balado (sesuai selera)
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 100 ml air
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

CARA MEMBUAT KRUPUK NASI ANEKA RASA TANPA BLENG

  1. Larutkan tepung tapioka terlebih dahulu dengan air, dan saus bbq beserta garam secukpnya.
  2. Kemudian campurkan semua adonan kedalam nasi jadi satu.
  3. Barulah setelah itu, kukus kurang lebih sekitar 20 menit.
  4. Setelah adonan sudah dikukus dalam keadaan panas tekan tekan menggunakan botol atau alat lain sampai adonan halus, lalu taruh adonan kedalam loyang atau wadah sambil tekan – tekan agar rata dan halus.
  5. Selanjutnya dinginkan dan dimasukan nkedalam kulkas agar mudah diiris.
  6. Terakhir jemur adonan yang sudah diiris sampai kering dan siap digoreng.
  7. Krupuk nasi BBQ siap dinikmati dan bisa juga sebagai pendamping sarapan pagi. makan siang ataupun malam bersama kelurga.

Demikian tadi resep dan cara membuat kerupuk nasi yang mudah banget dengan berbagai rasa sesuai kesukaan anda dan keluarga. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti Cara Membuat Manisan Kolang Kaling atau Cara Membuat Tape Ketan Hitam.

Advertisements



Loading...
resep aneka kerupuk nasi