Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Ala Tempo Doeloe

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Ala Tempo Doeloe

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Ala Tempo Doeloe. Kolang kaling merupakan camilan yang berbentuk lonjon dengan warna yang transparan. Kolang-kaling didapat dari tanaman buah aren dengan membakar buahnya dan mengambil kolang kaling pada buah aren yang telah dibakar. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Membuat Manisan Mangga.

Biji Kolang kaling sangat nikmat bila dijadikan manisan, teksturnya yan kenyal serta rasa manis yang diberikan memberikan sensasi tersendiri saat mengunyah kolang kaling.  Manian kolang kaling memang sudah terkeal sejak dahlu kala. Dahulu manisan kolang kaling dijual menyerupai sate yaitu dengan tusuk. Namun seiring perkembangan zaman manisan kolang-kaling dikemas pada wadah yang apik.

Kolang-kaling tidak hanya enak dibuat manisan saja, namun lezat pula dibuat isian pada es buah. Pasti anda semua pernah menjumpai isian es buah yang menggunakan kolang kaling, sangat nikmat dan menambah citarasa tersendiri bukan,.

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

Cara cepat membuat manisan kolang kaling memang tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Bahan yang digunakan untuk membuat manisan kolang kaling yaitu biji kolang kaling dengan gula serta sedikit tambahan bahan lain. Yuk kita simak cara membuat manisan kolang kaling secara lengkapnya.

Cara dan Langkah Membuat Manisan Kolang Kaling

Bahan

  • 1 kg kolang kaling yang empuk
  • 400 gram gula pasir
  • 4 batang serai yang sudah dimemarkan
  • 5 lembar daun jeruk yang sudah disobek-sobek
  • 5 tetes pewarna makanan berwarna merah
  • 5 tetes pewarna makanan berwarna hijau
  • 2 sendok makan air kapur sirih
  • 2 sendok teh esen mawar
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Manisan Kolang Kaling

  1. Cuci kolang kaling dengan menggunakan air bersih dan mengalir.
  2. Rendam kolang kaling di dalam air kapur sirih selama 1 jam, kemudian cuci dan tiriskan.
  3. Kukus selama kurang lebih 10 menit, lalu angkat dan diamkan sampai dingin.
  4. Masukkan kolang kaling ke dalam wadah dan tambahkan daun jeruk, gula, serai, esen mawar, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur rata dan gula menjadi larut.
  5. Bagi menjadi 2 bagian dan masukkan ke dalam wadah yang berbeda. Beri masing-masing warna hijau dan merah.
  6. Simpan dalam toples dan masukkan ke dalam kulkas. Jangan lupa, singkirkan dulu daun jeruk dan serai yang ada sebelum disimpan.
  7. Kolang kaling kenyal siap disajikan dingin.

Demikian tadi cara membuat manisan kolang kaling yang sangat nikmat dan pastinya bakal membawa anda untuk bernostalgia dengan makanan tempo dulu yang sangat melegenda. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti Resep dan Cara Membuat Pizza Mie atau Cara Membuat Tape Ketan Hitam.