Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Karamel Mekar Tanpa Mixer

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Karamel Mekar Tanpa Mixer

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Karamel Mekar Tanpa Mixer. Bolu Kukus Karamel mekar pasti yang ada dibayangan kita sudah tertuju pada Bolu Kukus Karamel cup yang mengembang dengan sempurna hingga membentuk bongkahan. Bolu merupakan lue dengan bahan dasar tepung (tepung terigu, tepung beras, tepung ketan) yang ditambah dengan telur dan gula. Dalam pembuatannya bolu atau kue basah dibedakan menjadi 2 yaitu bolu panggang dan Bolu Kukus Karamel. Sebelumnya kita membahas mengenai Bolu Kukus Karamel pandan dan bolu coklat

Kali ini kita akan membahas Bolu Kukus Karamel mekar, Bolu Kukus Karamel mekar banyak dijual diwarung-warung. Karena cara membuatnya yang begitu mudah dengan bahan yang mudah didapat serta rasa yang nikmat banget membuat bolu ini sangat disukai oleh ibu-ibu rumah tangga.

Kita tidak perlu pusing-pusing dalam membuat Bolu Kukus Karamel. Bolu yang satu ini selain mudah dalam membuatnya anda juga bisa menambahkan aneka isian didalamnya, misalnya kismis, coklat, keju atau yang lainnya.

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Karamel

Bolu Kukus Karamel mekar anti bantet kali ini menggunakan air soda tawar. Anda tidak perlu risau bila dikonsumsi oleh anak-anak. Karena air soda akan larut dengan dengan tambahan aneka bahan yang sudah menjadi adonan. Mau tau cara cepat membuat Bolu Kukus Karamel?. Yuk langsung aja kita simak resep dan cara membuat Bolu Kukus Karamel mekar yang enak banget.

Simak Resep Lainnya:

Resep Membuat Bolu Kukus Karamel

Bahan Membuat Bolu Kukus Karamel   

  • 250 gr Gula pasir
  • 200 ml Air
  • 2 sachet Susu Kental Manis putih, diencerkan menjadi 50 ml
  • 250 gr Tepung terigu Segitiga
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 1/2 sdt Garam halus
  • 1/4 sdt essence Vanila susu (bisa diganti dgn essence vanili/vanili bubuk)
  • 1 sdt Soda kue
  • 100 gr Mentega cair (panaskan jangan sampai mendidih, kalo aku panasinnya di atas nasi di dalam magic jar sebentar)

Langkah-langkah Membuat Bolu Kukus Karamel

  1. Bikin karamel dulu, caranya panasin gula pasir di panci dengan api kecil, aduk-aduk terus supaya ngga gosong, setelah gula mencair matikan api, masukan air panas dikit-dikit, lalu masak lagi sampai larut/mendidih. Angkat, sisihkan
  2. Panaskan kukusan, oles loyang 16 cm dengan mentega dan taburi sedikit terigu.
  3. Ini dia bahan-bahan yang sudah disiapkan
  4. Campur dalam wadah, terigu, garam, baking powder, soda kue dan essence vanila susu/vanili, aduk sampai tercampur rata. Tuang cairan karamel yang masih hangat sedikit-sedikit, aduk sampai merata.
  5. Lanjutkan dengan menuang susu cair, aduk sampai rata
  6. Terakhir masukkan mentega cair. Aduk-aduk sampai tercampur rata dengan adonan.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang, kukus kurang lebih 30 menit sampai matang.
  8. Tes dengan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel di lidi berarti kue sudah matang, angkat, tunggu sampai loyang dingin baru dipindah ke piring saji

 

Resep dan cara membuat Bolu Kukus Karamel diatas bisa anda aplikasikan dirumah untuk memberikan camilan bagi anggota keluarga agar tetap harmonis.