Resep dan Cara Membuat Klepon Mudah Banget

Resep Cara Membuat Klepon

Resep dan Cara Membuat Klepon Mudah Banget. Bagaimana cara membuat kue basah klepon sendiri di rumah? Serta apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep klepon ini?

Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar melekat, sehingga klepon nampak berbalur parutan kelapa. Biasanya klepon saat dijual di pasar identik dengan diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Sehingga rasanya akan lebih terasa alami.

Nah mukin sobat sudah bosen ketika ingin makan jajanan klepon ini harus membeli ke pasar terlebih dulu. Sekarang ini hampir sangat memukinkan untuk membuat makanan ini sendiri di rumah.

Resep dan Cara Membuat Klepon dengan Mudah

Selain cara memasakannya mudah, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kelepon pun juga sangat terjangaku dan mudah ditemukan di toko-toko terdekat.

Tidak usah bingung, tidak usah risau memikirkan bagaimana kangkah-langkah membuat klepon dan apa resep klepon agar lebih enak dari kue klepon jajanan di pasar. Pasalnya hari ini tim GINGSUL.com akan menyajikan resep dan cara membuat klepon dengan mudah.

Bahan-bahan untuk membuat klepon

  • 300 gram tepung ketan
  • 4 sdm air mendidih
  • 150 ml santan hangat
  • 50 ml air daun suji
  • ½ sdm air kapur
  • 200 gram gula merah, sisir halus
  • 1 butir kelapa agak muda, kupas, parut memanjang
  • Garam secukupnya

Cara membuat klepon dengan mudah

  1. Siram tepung dengan air mendidih, aduk rata. Tambahkan garam, air daun suji, air kapur sambil dituangi santan sedikit demi sedikit. Uleni hingga adonan dapat dibentuk.
  2. Ambil adonan sebesar kelereng, pipihkan lalu isi dengan gula merah yang telah disisir. Bentuk bulatan, lakukan hingga adonan habis.
  3. Rebus bulatan klepon ke dalan air mendidih hingga mengapung. Angkat dan tiriskan.
  4. Campur kelapa dan sedikit garam. Kukus dengan diberi daun pandan selama 5 menit. Angkat.
  5. Gulingkan rebusan klepon pada kelapa parut kukus, sajikan klepon dalam mangkok daun kecil.

Waktu untuk membuatnya pun terbilang cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 45 menit yang meliputi waktu persiapan 15 menit, waktu memasak 30 menit. Selamt mencoba resep klepon buatan sendiri di rumah, semoga sukses dan rasanya seperti apa yang diharapkan. Simak juga Resep Ayam Kuluyuk dan juga Cara Membuat Gulai Ayam Spesial mudah dan simpel di rumah.

Advertisements



Loading...
tips membuat klepon