8 Manfaat Soda Kue Yang Jarang Diketahui



Manfaat Baking Soda atau Soda Kue

Soda kue sangat akrab dengan dapur. Serbuk purih dan lembut ini biasa kita gunakan untuk dunia baker. Fungsi soda kue untuk yaitu menjadi pengembang adonan kue. Tak heran bila soda kue disebut juga baking soda. Baking soda berbeda dengan baking powder, meskipun memiliki wujud mirip namun keduanya memiliki manfaat yang masing-masing tidak bisa digantikan.

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Baking soda (sodium bikarbonat atau soda kue) bersifat alkalin dan bereaksi dengan asam seperti cuka, buttermilk, sour cream, air jeruk lemon, yogurt, atau bahkan madu dalam membuat kue. Tanpa bahan tersebut, baking soda tak aktif dan adonan tak akan mengembang.

Baking powder sendiri adalah baking soda yang sudah mengandung komponen asam seperti cream of tartar. Baking powder terdiri dari dua jenis, yakni single-acting dan double-acting. Sobat bisa menggunakan sesuai dengan fungsinya sendiri.

Manfaat Baking Soda

Namun tahukah sobat bila soda kue atau baking soda memiliki manfaat lain baik didunia kebersihan ataupun dunia kecantikan. Mungkin sobat pernah mendengan cara mengatasi saluran air yang mampet dengan menggunakan baking soda. Disini akan kita jelaskan secara rinci raca lengkap serta manfaat baking soda secara menyeluruh.

Baca Juga:

1. Menghilangkan Bau Kulkas

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap kulkas. Bau tak sedap dari kulkas bisa datang dari timbunan makanan yang disimpan di dalamnya. Terkadang, beberapa bahan makanan melahirkan aroma tak sedap ketika disimpan dalam udara dingin. Nah untuk meminimalisir bau tak sedap ini, Anda bisa menggunakan baking soda.  Caranya sederhana, cuku letakkan dua sendok baking soda ke dalam piring atau mangkuk kecil. Kemudian letakkan mangkuk di dalam rak kulkas, biarkan ia menyerap bau tak sedap yang ada.

2. Membersihkan Peralatan Dapur

Baking soda bisa digunakan untuk membersihkan beragam peralatan dapur seperti oven, peralatan kopi, lantai dapur, microwave, kompor, dan lain sebagainya. Selain bisa membersihkan permukaan alat dapur dari residu minyak dan bahan-bahan dapur lain, baking soda juga bisa mengurangi bau tak sedap sisa proses memasak. Untuk membersihkan alat dapur, buatlah pasta dengan mencampur baking soda dan sedikit air. Kemudian gosokkan ke lantai dapur atau permukaan oven dengan perlahan. Menilik kegunaan baking soda yang begitu banyak ini, tak ada salahnya jika Anda selalu memiliki stok baking soda di dalam dapur Anda.  Letakkan baking soda di dalam toples yang tertutup rapat agar tak tercemar bahan-bahan yang tak diinginkan.

3. Menghilangkan Bau Sepatu

Baking soda juga bisa mengurangi bau apek pada sepatu. Bau apek dari sepatu ini bisa muncul akibat keringat kaki yang bercampur dengan bakteri.  Untuk mengurangi baunya, Anda bisa menaburkan sejumput baking soda ke dalam sepatu. Kocok-kocok sepatu agar baking soda bisa merata dan menyerap bau tak sedap di dalamnya.

4. Bahan Obat Kumur

Seperti dilansir Healthline, baking soda bisa digunakan sebagai obat kumur. Baking soda efektif digunakan membersihkan rongga mulut karena mengandung antibakteri. Karena bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut, baking soda bisa dimanfaatkan untuk mengharumkan napas. Cara penggunaannya, campurkan 2 sendok teh baking soda dalam segelas air hangat dan gunakanlah untuk berkumur.

5. Memutihkan Gigi

Masih untuk penggunaan di seputar rongga mulut, baking soda juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi.  Beberapa pasta gigi menambahkan baking soda ke dalam komposisi bahannya karena baking soda memang sudah terbukti menghilangkan plak-plak gigi. Antibakteri di dalam baking soda bisa melawan bakteri yang merusak gigi. Baking soda juga punya kemampuan membongkar molekul dari lapisan plak pada gigi.

6. Deodoran

Beberapa penelitian membuktikan bahwa baking soda bisa pula digunakan sebagai deodoran.  Keringat akan berbau tak enak jika ia bercampur dengan bakteri yang mengendap di ketiak Anda. Bakteri yang ada, memecah keringat menjadi zat asam yang mengeluarkan bau. Nah antibakteri dalam baking soda, ampuh digunakan mengusir bakteri yang ada pada ketiak Anda. Baca juga: Perlukah Anak Menggunakan Deodoran?

7. Mengobati Gatal

Baking soda bisa digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat gigitan serangga dan sengatan lebah.  Jika kulit Anda gatal-gatal, segera buat campuran dari baking soda dan air hangat. Gunakan air untuk berendam atau untuk mengompres kulit yang gatal. Jika malas berendam, buat saja pasta dari campuran baking soda dan sedikit air hangat. Oleskan pasta ini ke permukaan kulit yang gatal-gatal. Diamkan beberapa saat baru basuh hingga bersih.

8. Memutihkan Pakaian

Kandungan dalam baking soda bisa melunturkan noda pada pakaian. Ketika dilarutkan dalam air, baking soda akan berinteraksi dengan asam dari noda dan membuat noda lepas dari serat-serat kain. Cara penggunaannya, campurkan 1/2 cangkir kecil ke dalam larutan perendam pakaian. Karena baking soda bisa melembutkan kain, Anda sebaiknya mengurangi takaran deterjen yang ada.

Simak Juga:

Tentunya masih ada banyak lagi manfaat baking soda yang masih belum kita ulas. Semoga informasi diatas menambah pengetahuan sobat mengenai khasiat baking soda. Selalu sediakan baking soda untuk membantu membersihkan berbagai perlengkapan daput sobat semua.