Manfaat Daun Kenikir, Mampu Melawan Kanker

Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Mampu Mencegah Kanker dan Jantung Lemah

Manfaat Daun Kenikir, Mampu Melawan Kanker. Daun kenikir merupakan daun dari tanaman kenikir. Tanaman kenikir dikenal juga dengan nama ulam raja ternyata memiliki manfaat yang banyak sekali selain mampu melawan kanker daun kenikir juga mampu menyembuhkan jantung lemah. Bagi sobat gungsul tentunya sudah famiiar dengan daun kenikir bukan?.

Kenikir (Cosmos) adalah tumbuhan tropis anggota suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, tetapi tumbuh liar dan mudah didapati di Florida, Amerika Serikat, serta di egara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Spesies ini dibawa ke Asia Tenggara melalui Filipina oleh penjelajah Spanyol di abad ke-16. Tumbuhan dengan bunga berwarna ungu ini dijadikan sebagai sayuran lalap yang populer di Indonesia. Di Malaysia daun mudanya dimakan mentah bersama nasi, atau dicacah dan dicampur dengan budu, sambal terasi, tempoyak, serta cincalok. Spesies ini disebut ulam raja di Malaysia yang berarti salad raja.


Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai. Baunya seperti damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarna merah berbintik-bintik kuning di tengah-tengahnya, dan bijinya berbentuk paruh.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan data bahwa daun kenikir mengandung karbohidrat, protein, serat, air, serta beberapa jenis vitamin, seperti vitamin B, vitamin C, dan beta karoten. Daun kenikir juga banyak mengandung mineral, seperti kalium, fosfor, kalsium, magnesium, zat besi, seng, tembaga, dan natrium.

Selain itu, daun kenikir juga mengandung senyawa aktif quercetin, asam fenolat (phenolic acid), dan asam klorogenat dalam jumlah yang besar. Ketiganya merupakan zat yang memiliki sifat antioksidan dan diduga memiliki efek antiradang, antihipertensi, antidiabetes, antibakteri, dan baik untuk menjaga kesehatan tulang.

Manfaat Daun Kenikir, Mampu Melawan Kanker

Daun kenikir yang biasa kita manfaatkan pucuk daunnya yang masih muda sebagai sayuran ini ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa sobat dapatkan. Manfaat yang terkandung dalam daun nikir/mitir diantaranya

  1. Mencegah dan membantu mengobati diabetes
  2. Menurunkan terkanan darah
  3. Mencegah osteoporosis
  4. Mencegah pertumbuhan sel kanker
  5. Meningkatkan Nafsu Makan
  6. Mengatasi Masalah Bau Mulut
  7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
  8. Menguatkan Tulang
  9. Mengatasi Masalah Payudara karena Menyusui
  10. Mengobati Penyakit Maag

Baca Juga:

Begitu banyak manfaat yang bisa sobat dapatkan dengan mengkonsumsi daun mitir/kenikir. Sebaiknya konsumsi daun mitir dalam skala yang wajar karena sesuatu yang berlebihan sifatnya kurang baik. Semoga ulasan diatas mampu menambah pengetahuan sobat gingsul semua.