Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil. Semangka, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah dengan bentuk bulat besar kulit berwarna hijau dan memiliki daging buah berwarna merah serta kuning ini sangat dikenal dimasyarakan. Rasanya yang segar dan kandungan air yang begitu banyak sangat nikmat bila disantap saat cuaca sedang panas. Pada artikelsebelumnya kami mengulas mengenai Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda Yang Aman Untuk Janin dan Asupan Nutrisi Untuk Ibu Hamil Yang Dibutuhkan Janin Dalam Kandungan.

Buah semangka tidak hanya mampu menyegarkan saat cuaca panas saja. Namun buah semangka mempunyai banyak manfaat, terutama manfaat buah semangka untuk ibu hamil yang sangat banyak.

Kandungan nutrisi pada buah semangka antara lain vitamin A, B1, B6, C yang sangat tinggi serta pigmen warna karotenoid dalam jumlah yang sangat besar. Semangka memang termasuk kedalam buah yang aman untuk dikonsumsi semua orang mulai dari anak-anak, dewasa, orang tua, hingga ibu hamil.

Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah semangka untuk ibu hamil memang sudah terbukti. Selain kandungan air yang begitu banyak yang mampu melegakan tenggorokan ada manfaat lain diantaranya:

Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil

Selama masa kehamilan maka sengat sering terjadi gangguan kehamilan umum seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi biasa disebut edema. Kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah edema yang terjadi.

Mencegah Dehidrasi

Tahukah anda bahwa dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil dapat berakibat sangat fatal? Salah satu akibatnya adalah kontraksi prematur atau mampu menyebabkan kelahiran prematur. Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka untuk ibu hamil dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil.

Kaya Antioksidan dari Vitamin A

Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin. Selain itu, senyawa karotenoid vitamin A ini bermanfaat sebagai antioksidan yang lindungi tubuh dari radikal bebas. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Mencegah Pigmentasi

Pigmentasi adalah masalah yang sering terjadi pada kulit ibu hamil. Namun buah semangka dapat memperlancar pencernaan makanan dan menjaga gerakan dari usus halus, dimana kondisi tersebut cukup berpengaruh terhadap kondisi kulit. Dengan mengkonsumsi buah semangka maka pigmentasi dapat berkurang atau kulit ibu yang sedang hamil dapat tetap halus.

Mencegah Terjadinya Kram Otot

Masa kehamilan adalah masa di mana tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan. Salah satunya adalah horman dan juga berat badan yang berubah atau meningkat. Hal ini dapat membuat tulang dan juga otot merasa sakit dan kram. Namun, dengan mengkonsumsi buah buahan untuk ibu hamil seperti semangka, akan mengurangi perubahan-perubahan yang terjadi tersebut dan lebih pentingnya lagi mampu mengurangi kram otot dan tulang serta otot yang sakit.

Mengatasi Morning Sicknes

Morning sickness muncul sebagai tanda-tanda kehamilan awal. Mengkonsumsi buah semangka secara teratur di pagi hari akan memberikan efek semangat ketika memulai hari saat terjadi morning sickness. Hal ini ditimbulkan dari rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Manfaat semangka untuk ibu hamil, mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan seperti ini pada ibu hamil.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Sering kali ibu hamil mengalami permasalahan pada pencernaan yang tidak baik, yang biasa terjadi adalah munculnya rasa mual dan juga asam lambung. Namun buah semangka dapat mengatasi keluhan atau permasalahan tersebut yang terjadi pada ibu hamil.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah semangka diperkaya dengan kandungan zat yang bernama Likopen. Hal ini menjadikan makanan sehat untuk ibu hamil ini, sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil, maupun pada janin.

Menjaga Sistem Imunitas

Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka menjadikan buah semangka ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.  Hal ini tentu sangat baik untuk membuat tubuh tidak mudah sakit di saat kita berada pada cuaca yang ekstrim atau saat perubahan cuaca yang tidak menentu.

Mendukung Pembentukan Tulang Janin

Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat. Kandungan kalium yang kaya ini juga terdapat pada manfaat mangga untuk ibu hamil.

Melancarkan Urine

semangka juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan atau memperlancar aliran urine dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Hal ini tentu sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan organ ginjal bagi yang mengkonsumsinya.

Demikian tadi ulasan mengenai manfaat semangka untuk ibu hamil yang bisa kami informasikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua dan menambah pengetahuan anda. Anda juga bisa mengetahui informasi lain dengan mengunjungi laman gingsul.com seperti Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi Dengan Maksimal atau Dibalik Rasanya Yang Pahit Tersimpan Banyak Khasiat.

Advertisements



Loading...