Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi Dengan Maksimal

Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi Dengan Maksimal

Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi Dengan Maksimal. Makanan apa yang sobat konsumsi memang sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dan kecukupan nutrisi dalam tubuh sobat semua. Tapi, ada  faktor yang ternyata dapat mengganggu asupan nutrisi sobat gingsul semua, salah satunya jika tubuh tak bisa menyerap gizi dengan baik.

Dalam bahasa medis keadaan diatas dinamakan malabsorbsi mineral. Malabsorbsi adalah  gangguan yang terjadi pada saluran pencernaan dalam melakukan penyerapan nutrisi dan cairan secara memadai dari bahan makanan.

Secara normal, proses pencernaan dan penyerapan gizi bahan makanan dibagi menjadi 3 tahap. Pada tahap yang pertama, enzim pencernaan dan empedu mengurai serta melarutkan kandungan karbohirat, protein, serta lemak dari makanan. Tahap kedua, makanan yang sudah melalui proses pencernaan dalam lumen usus diserap oleh sel epitel usus. Tahap yang terakhir, zat-zat nutrisi tersebut diedarkan ke bagian tubuh yang lain melalui sirkulasi portal dan sistem limfatik.

Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi

Penyebab Tubuh Tidak Bisa Menyerap Gizi. Malabsorbsi dapat berupa gangguan penyerapan makronutrien (protein, lemak dan karbohidrat), mirkronutrien (vitamin dan mineral) ataupun keduanya. Timbulnya keadaan malabsorbsi dapat dilihat melalui gejala awal yang dikeluhkan. Namun gejala tersebut hampir sama persis dengan gangguan akibat defisiensi nutrisi.

Baca Juga:

Gejala malabsorbsi antara lain

  • Gangguan pertumbuhan fisik (terutama pada anak-anak)
  • Kesulitan berpikir
  • Penurunan berat badan
  • Kehilangan massa otot
  • Merasa lesu dan lemas
  • Perubahan pada feses; terlalu padat, berlemak, atau terjadi diare

Dampak buruk tubuh apabila tidak menjadi penyebab tubuh tidak bisa menyerap gizi makanan dengan baik, maka tubuh akan kekurangan nutrisi. Beberapa penyebab malabsorbsi nutrisi disebabkan oleh faktor yang tidak berhubungan langsung dengan masalah pada organ pencernaan, di antaranya:

  •  Infeksi HIV & AIDS – kondisi imunitas yang lemah memicu penderita HIV/AIDS dapat terkena berbagai penyakit terutama diare yang tidak kunjung sembuh, dan hal ini dapat menyebabkan malabsorbsi.
  •  Konsumsi obat – beberapa jenis obat mempengaruhi kerja usus dalam menyerap nutrisi jika dikonsumsi dalam waktu yang lama, seperti obat antibiotik (tetracycline), obat maag (antasida), dan obat penurun berat badan.
  •  Gangguan pola makan –  kebiasaan makan yang terlalu ekstrem dan pola makan tidak wajar dapat merusak usus dan mempengaruhi cara usus menyerap nutrisi.
  •  Cholestasis – gangguan sekresi cairan empedu ke usus dua belas jari sehingga terjadi malabsorbsi lemak beserta jenis vitamin larut lemak.
  •  Intoleransi protein – dapat terjadi baik pada susu sapi maupun susu kedelai, hal ini dikarenakan seseorang tidak memiliki enzim yang cukup untuk memecah komponen gula pada susu tersebut.
Advertisements



Loading...
cara agar tubuh bisa menyerap gizi, penyebab penyerapan tubuh kurang baik