Manfaat Pare, Dibalik Rasanya Yang Pahit Tersimpan Banyak Khasiat

Manfaat Pare, Dibalik Rasanya Yang Pahit Tersimpan Banyak Khasiat

Manfaat Pare, Dibalik Rasanya Yang Pahit Tersimpan Banyak Khasiat. Pare adalah tumbuhan merambat dengan buah berasa pahit yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Asam dan Burma. Ciri tanaman pare antara lain memiliki buah dengan ujung meruncing serta permukaan yang bergerigi, tumbuh merambat dengan banyak salur dan memiliki cabang yang sangat banyak.

Tanaman pare tidak membutuhkan perawatan khusus, karena tanaman ini dapat tumbuh dengan subur pada daerah tropis. Tanaman pare tumbuh dengan merambat dengan bantuan anjang-anjang. Mengkonsumsi buah pare sangat dianjurkan karena sangat bagus untuk kesehatan.

Buah pare banyak digunakan sebagai sayuran. Rasanya yang pahit menciptakan kenikmatan tersendiri. Namun dibalik rasanya yang pahit ternyata pare menyimpan segudang manfaat. Anda bisa mengkonsumsi buah pare sebagai penyembuhan penyakit pada gangguan pencernaan, pencahar atau penyakit malaria

Manfaat Pare

Ada banyak jenis tanaman pare diantaranya

  • Pare gajih: Jenis pare ini lebih banyak dibudidayakan dan sangat disukai orang jenis pare gajih ada 2 yaitu pare mentega dan pare putih.
  • Pare hijau: pare jenis ini memiliki ciri warna agak hijau dengan bentu lonjong dan bintil-bintil agak halus.
  • Pare ular/ belut: jenis pare ini memiliki panjang sekitar 60 cm dengan permukaan kulit belang-belang hijau dan putih menyerupai ular.

Sayur pare sangat rendah kalori namun buah pare juga mengandung fitonutrien, serat, mineral, vitamin dan antioksidan. Jadi tak heran bila manfaat pare begitu banyak.

Baca Juga:

Manfaat Pare Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

  • Phyto Nutrien. Phyto Nutrien merupakan insulin tanaman yang mempunyai manfaat menurunkan kadar gula darah. Dalam buah pare juga terdapat hipoglikemik yang membantu penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel hati.
  • Folat. Pare juga mengandung folat konsumsi pare pada awal kehamilan akan membantu mengurangi cacat tabung saraf janin.
  • Vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam buah pare mampu membantu mengikat radikal bebas yang mampu merusak tubuh manusia.
  • Flavanoid. Tugas dari flavonoid adalah mencegah penuaan dini, menghambat sel kanker serta berbagai penyakit lainnya.
  • Vitamin B Kompleks. Selain itu, itu pare merupakan sumber moderat vitamin B kompleks seperti niasin (vitamin B-3), asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6) dan mineral seperti zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium.
  • Serat. Pare juga kaya akan serat yang mempunyai manfaat membantu proses pencernaan serta menghindari terjadinya sembelit.

Mengingat begitu banyak manfaat pare yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya untuk itu rutinlah dalam mengkonsumsi aneka sayuran terutama pare meskipun rasanya pahit pare menyimpan segudang manfaat.

Advertisements



Loading...