6 Tips saat Membersihkan Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Tips saat Membersihkan Rumah yang Perlu Anda Ketahui

Rumah yang bersih dan rapi tidak hanya akan menjadkan penghuninya lebih sehat, namun juga merasa nyaman dan juga bahagia. Hanya saja, masih banyak orang yang merasa bingung harus memulai dari mana untuk membersihkan rumah. Karena itulah, Anda membutuhkan cara dan tips saat membersihkan rumah yang benar dengan mudah.

Agar rumah Anda selalu bersih dan rapi, aktivitas membersihkan rumah sebaiknya dijadikan sesuatu yang rutin untuk dilakukan. Lantas, apakah cara membersihkan rumah yang Anda praktikkan selama ini sudah baik dan efektif? Dan apa saja yang perlu Anda perhatikan saat bebersih rumah?

Tips Membersihkan Rumah

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pahami dan perhatikan ketika membersihkan rumah agar bersih maksimal, rapi dan sehat selalu.

1. Mulai dari Kamar Tidur

Kamar tidur merupakan area pribadi sekaligus zona nyaman. Menjaga kerapian dan kebersihan kamar tidur akan membuat Anda beristirahat dengan baik sehingga mood juga terjaga tetap baik. Musuh utama kebersihan kamar tidur adalah tungau, yang kedua adalah remahan cemilan.

Untuk membersihkannya cucilah seprai dengan air hangat seminggu sekali dan bantal serta guling setidaknya 4 – 6 bulan sekali.

2. Lanjutkan dengan Kamar Mandi

Area kamar mandi sangat rantan ditumbuhi jamur dan juga lumut. Jadi kamar mandi merupakan bagian penting yang wajib didahulkan saat membersihkan rumah. Perhatikan siklus udara di kamar mandi, saat tidak digunakan sebaiknya kamar mandi dibuka agar tetap kering dan tidak berbau.

Bersihkan dengan pembersih khusus setidaknya seminggu sekali. Termasuk bagian toilet, wastafel, bak mandi hingga gagang shower dan juga kran air.

3. Pastikan Dapur Bersih

Dapur merupakan bagian penting yang harus dijaga tetap bersih. Karena dapur adalah asal segala makanan yag akan masuk ke dalam perut seluruh penghuni rumah. Menurut penelitian, peralatan cuci piring dan wastafel dapur adalah benda paling berkuman di rumah. Jadi sebaiknya jangan menyisakan cucian piring setelah masak ataupun makan.

Tidak menumpuk cucian piring juga akan sangat membantu meringankan tugas membersihkan rumah. Segera bersihkan konter dan kopor setelah selesai memasak, karena cipratan minyak akan memberi aroma tidak sedap bagi dapur Anda. Keringkan juga wastafel setelah selesai cuci piring.

4. Ciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman

Ruang keluarga adalah lokasi berkumpul favorit. Banyak aktifitas yang dilakukan di ruangan ini, seperti bermain dan makan. Kedua aktifitas tersebut berpotensi meninggalkan kotoran yang akan menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri. Bersihkan semua benda yang banyak dipegang seminggu sekali, seperti remote tv, meja atau bantal sofa.

Cuci dengan rutin sarung bantal sofa. Sebaiknya gunakan alas sofa agar lebih mudah saat mencuci. Lap televisi atau benda bermonitor lainya dengan menggunakan lap microfiber. Segera bersihkan remahan cemilan setelah selesai. Dengan demikian ruang keluarga Anda akan seantiasa bersih dan nyaman.

5. Ruang Cuci Harus Teliti

Ruang cuci juga merupakan lokasi yang rawan bakteri, sehingga perlu dibersihkan dengan teliti dan hati-hati. Banyak orang memilih untuk langsung memasukkan pakaian kotor ke dalam mesin cuci dibandingkan menggunakan keranjang khusus pakaian kotor. Jika Anda memilih cara ini sebaiknya sering-seringlah mencuci. Karena pakaian kotor yang terkumpul di mesin cuci rawan bau, dan juga jamur.

Hal ini dikarenakan pakaian kotor sudah berpotensi tertempeli oleh bakteri. Sedangkan untuk menjaga mesin cuci, bersihkan mesin cuci kosong dengan cara mencucinya menggunakan air dan juga disinfektan.

6. Jangan Lupakan Gagang Pintu & Pegangan Tangga

Kedua benda tersebut sangat sering dipegang dan digunakan, sehingga rawan kotor. Saat membersihkan rumah jangan lupa untuk mengelap semua gagang pintu dan juga pegangan tangga. Jika perlu gunakanlah disinfektan, terutama jiika rumah Anda sedang kedatangan banyak tamu.

Seperti halnya gagang pintu, karpet juga berpotensi menjadi sarang kuman. Debu dan bulu hewan peliharaan juga banyak terendap ki dalam karpet. Bersihkan seminggu sekali dengan sapu lidi atau sikat. Agar lebih mudah, Anda dapat menggunakan vacuum cleaner.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743