Penyebab Kerusakan Saraf Tepi dan Cara Mencegahnya yang Perlu Diketahui

Penyebab Kerusakan Saraf Tepi dan Cara Mencegahnya yang Perlu Diketahui

Gangguan kesehatan yang bernama neuropati perifer merupakan suatu kondisi dimana telah terjadi kerusakan pada saraf tepi Anda. Adapun gangguan saraf tepi ini sendiri dapat menimbulkan berbagai gejala yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Sebut saja kebas, kesemutan, hingga merasa lemas serta lemah otot sepanjang hari.

Agar dapat mengurangi risiko kerusakan saraf tepi, sebaiknya Anda juga mengetahui berbagai penyebab kondisi ini dan bagaimana cara mecegah terjadinya kerusakan pada saraf tepi.

Penyebab Kerusakan Saraf Tepi

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan saraf tepi.

1. Cedera & Trauma

Penyebab gangguan saraf tepi yang pertama adalah terjadinya cedera dan trauma. Misalnya saja Anda yang pernah mengalami kecelakaan saat berkendara, jatuh ketika berolahraga, ataupun mengalami patah tulang ternyata dapat memberikan tekanan lebih pada saraf sehingga dapat memicu adanya kerusakan saraf tepi.

2. Kekurangan vitamin B

Penyebab kerusakan saraf tepi selanjutnya adalah tubuh yang kekurangan vitamin B kompleks, khususnya vitamin B1, B6, dan B12. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin B1, B6, dan B12 memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang proses metabolisme sel dan perawatan sistem saraf manusia. Maka tidak mengejutkan jika ada yang mengalami kerusakan saraf tepi akibat kekurangn berbagai vitamin B ini.

3. Diabetes

Diabetes ternyata bisa menjadi pemicu terjadinya kerusakan saraf tepi. Maka sangat jamak ditemui penderita penyakit diabetes yang juga mengalami gangguan saraf tepi.

Pasalnya, kadar gula yang terlampau tinggi di dalam tubuh akan dapat menyebabkan terjadinya neuropati dengan tanda dan gejala seperti kesemutan, kebas, dan juga nyeri.

4. Penyakit Autoimun

Penyebab gangguan saraf tepi yang keempat adalah dipicu oleh penyakit autoimun. Gangguan kesehatan ini merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh, yakni sel saraf pada jaringan tubuh seseorang.

Tips Mencegah Kerusakan Saraf Tepi

Tips Mencegah Kerusakan Saraf Tepi

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab dari saraf tepi, maka selanjutnya perlu Anda ketahui bagaimana cara mencegahnya. Adapun gangguan saraf tepi dapat dicegah dengan cara menjaga saraf agar tetap sehat.

Cara yang paling mudah adalah dengan senantiasa menjaga pola serta gaya hidup sehat, mengurangi konsumsi alkohol, serta rutin mengonsumsi vitamin neurotropik. Kombinasi vitamin neurotropik yang dapat Anda pakai adalah Vitamin B1 (100mg), B6 (100mg) and B12 (5000 mg) dari Neurobion Forte. Vitamin neurotropik ini juga dapat dikonsumsi untuk meringankan saraf terjepit.

Karena memiliki profil toleransi yang baik, kombinasi vitamin neurotropik ini sangat aman untuk dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Jika Anda ingin kerja sama iklan (sponsorship), content placement, pemasangan backlink dan kerja sama lainnya, Anda bisa menghubungi kami lewat WhatsApp:

Dewi: https://wa.me/6281326325743