Cara Membuat Manisan Cermai Yang Segar Banget

Cara Membuat Manisan Cermai Yang Segar Banget

Cara Membuat Manisan Cermai Yang Segar Banget. Cermai merupakan buah dengan bentuk bulat kecil dengan rasa asam dan memiliki biji. Rasa asam buah cermai kadang membuat seseorang enggan untuk menyantapnya secara langsung. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Membuat Manisan Mangga.

Buah Cermai sangat nikmat bila dijadikan manisan, teksturnya yan kenyal serta rasa manis yang diberikan memberikan sensasi tersendiri saat mengunyah cermai. Manisan cermai memang sudah terkeal sejak dahlu kala. Dahulu manisan cermai dijual menyerupai sate yaitu dengan tusuk. Namun seiring perkembangan zaman manisan cermai dikemas pada wadah yang apik.

Cermai tidak hanya enak dibuat manisan saja, namun lezat pula dibuat isian pada es buah. Pasti anda semua pernah menjumpai isian es buah yang menggunakan cermai, sangat nikmat dan menambah citarasa tersendiri bukan,.

Cara Membuat Manisan Cermai

Cara cepat membuat manisan cermai memang tidak membutuhkan banyak bahan tambahan. Bahan yang digunakan untuk membuat manisan cermai yaitu biji cermai dengan gula serta sedikit tambahan bahan lain. Yuk kita simak cara membuat manisan cermai secara lengkapnya.

Cara dan Langkah Membuat Manisan Cermai

Bahan-bahan yang dibutuhkan

  • 1 Kg buah cermai yang sudah cukup tua.
  • 1 Kg gram gula pasir
  • Garam seperlunya
  • Pewarna makanan yang warnanya sesuai dengan selera Anda

Cara membuat manisan ceramai

  1. Rendam buah cermai pada air garam, kemudian buah digilas pelan-pelam Anda dapat memakai botol supaya air ceremai keluar, namun jangan sampai jadi pecah. Hal demikian bertujuan untuk menghilangkan rasa yang terlalu masam.
  2. Setelah itu cuci buah cermai tersebut sampai bersih
  3. Lalu campurkan gula dan pewarna, serta sedikit garam dan air kemudian rebus sampai mengental aduk perlahan setelah itu masukan cermai dan aduk hingga benar-benar merata dan agar mengering lalu angkat.
  4. Jemur pada terik matahari selama beberapa hari, hal ini bertujuan agar lapisan gula yang menempel pada cermai dapat mengering, setelah kering simpan dalam tempat yang rapat.
  5. Manisan cermai siap untuk di Santap.

Demikian tadi cara membuat manisan cermai yang sangat nikmat dan pastinya bakal membawa anda untuk bernostalgia dengan makanan tempo dulu yang sangat melegenda. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti Resep dan Cara Membuat Pizza Mie atau Cara Membuat Tape Ketan Hitam.



Loading...
cara bikin manisan cermai, cara membuat manisan cermai manis, cara membuat manisan cermay, foto manisan cermai dalam mika 1 kg, manisan cermai di cimahi, Manisan cermai lebaran, resep manisan cermai segar