Resep dan Cara Membuat Pepes Udang Tofu, Rasanya Mantap Banget

Resep dan Cara Membuat Pepes Udang Tofu, Rasanya Mantap Banget

Resep dan Cara Membuat Pepes Udang Tofu, Rasanya Mantap Banget. Cara membuat pepes udang tofu yang sangat mudah. Mengingat udang merupakan sumber protein yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan yang terdapat didalam udang antara lain selenium, fosfor, proten, koin, vitamin A, B, E, Lemak Omega 3 dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut membuat udang memiliki harga yang ;lumayan mahal bila dibanding dengan daging ayam. Pada ulasan sebelumnya kami berbagi resep tentang Resep Kare Ayam Spesial dan Resep Sup Ayam Nikmat Gurih.

Selain itu udang mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh diantaranya penyeimbang hormon, pencegah penyakit kanker, mencegah jantung, diabetes, antidepresi, mengandung zat anti inflamasi dan masih banyak lagi. Tak heran bila konsumsi udang secara rutin sangat bagus untuk kesehatan.

Salah satu olahan udang yang sangat terkenal yaitu pepes udang tofu. Pepes udang tofu sering menjadi sajian utama pada restoran. Perpaduan antara udang yang kaya akan protein hewani ditambah dengan tofu yang kaya akan protein nabati menjadi sajian yang sempurna untuk keluarga.

Resep dan Cara Membuat Pepes udang tofu

Bagi anda yang ingin menikmati pepes udang tofu sendiri dirumah anda bisa mencoba membuat sendiri dengan mengikuti resep pepes udang tofu yang akan kami ulas dibawah yang terangkum dalam resep dan cara membuat pepes udang tofu.

Bahan Utama

  • ΒΌ kg udang, bersihkan kemudian rebus
  • 1 bungkus tahu sutera, iris kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri
  • 1 genggam daun kemangi, bersihkan dan siangi
  • 4 butir bawang merah, rajang
  • 1 butir telur ayam kampung, kocok lepas
  • 1 bungkus santan siap pakai
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Lada halus secukupnya
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi secukupnya

Cara Membuat

  1. Bersihkan terlebih dahulu udang anda, dengan membuang bagian kepala dan kulitnya.
  2. Kemudian anda gunakan parutan atau blender untuk menghaluskan bawang putih dan kemiri. Setelah itu anda juga bisa lanjut menghaluskan udang dan tofu.
  3. Campurkan kedua bahan yang tadi anda haluskan dalam sebuah wadah cukup besar. Lalu tambahkan beberapa bahan seperti bawang putih, bawang merah, kemiri dan daun kemangi.
  4. Campurkan santan beserta telur dalam wadah campuran adonan pepes , jangan lupa untuk menambahkan perasa yakni garam, gula dan lada halus.
  5. Setelah semua bahan tercampur dengan merata, lalu lanjutkan dengan membungkusnya dengan menggunakan daun pisang. Gunakan takaran 1 sendok sayur untuk mengambil adonannya. Setelah cukup anda bisa melipatnya lalau tindik dengan menggunakan lidi. Lanjutkan hingga bahan ahabis.
  6. Setelah semua bahan selesai anda bungkus, lanjutkan dengan mengkukus adonan tersebut hingga pepes habis selama 30 menit dengan api sedang.
  7. Setelah matang kemudian anda angkat lalu hidangkan.

Demikian tadi resep dan cara membuat pepes udang tofu yang enak banget d memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan sangat cocok untuk lauk anggota keluarga tercinta. Anda juga bisa mengetahui resep lainnya dengan mengunjungi laman gingsul.com seperti Resep Ayam Kuluyuk dan Resep Gulai Ayam Spesial,.



cara membuat pepes udang