Resep dan Cara Membuat Manisan Kedondong

Resep dan Cara Membuat Manisan Kedondong

Resep dan Cara Membuat Manisan Kedondong. Kedondong merupakan buah yang memiliki kulit licin dengan daging buah mempunyai rasa manis dan asam sedangkan isi buah berduri. Kedondong biasa digunakan dalam rujak atau lotis yang dijajakan pedagang kaki lima. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Membuat Manisan Jambu Biji dan Resep Spesial Membuat Manisan Rambutan.

Belakangan banyak sekali macam buah yang dijadikan sebagai manisan. Disamping lebih tahan lama dalam penyimpanan, manisan juga memiliki rasa yang begitu enak dan segar. Ada banyak sekali manisan yang dijajakan pada pusat oleh-oleh. Namun kali ini kita akan berbagi resep dan cara membuat manisan kedondong.

Manisan kedondong sekilas mirip dengan manisan buah yang lainnya. Cara membuat manisan kedondong juga sama dengan manisan buah yang sering anda temua. Namun anda mesti sabar dalam memisahkan daging buah dengan isi kedondong.

Cara membuat yang sangat mudah namun cara memisahkan daging dengan bijinya yang agak sulit membuat kedondong sering dimakan langsung ketimbang dibuat manisan.

Resep dan Cara Membuat Manisan Kedondong

Namun bagi anda yang ingin mencicipi nikmatnya manisan kedondong, berikut akan kami ulas cara mudah membuat manisan kedondong lengkap beserta langkah-langkahnya.

Bahan Membuat Manisan Kedondong   

  • 1/4Kg kedondong yang sudah matang
  • 100 gram gula pasir
  • Garam, air kapur sirih, dan pewarna makanan warna kuning atau hijau secukupnya

Langkah Membuat Manisan Kedondong

  1. Kupaslah kedondong kemudian potong-potong kecil-kecil memanjang, kemudian bersihkan denga air
  2. Siapkan sedikit saja air kapur sirih yang dicampur dengan air secukupnya dan biarkan beberapa saat hingga kapur mengendap. saring dan ambil airnya saja
  3. Rendamlah kedodong yang telah dipotong-potong, pada air kapur sirih yang sudah disaring tersebut kira-kira 1-2 jam
  4. Angkat dan tiriskan kemudian cuci kembali hingga bersih
  5. Campurkan gula, sedikit garam dan pewarna makanan(bila suka), kemudian rebus sambil diaduk hingga gulanya larut.
  6. Masukan kedondong kedalamnya tunggu hingga mendidih, kemudian angkat dan biarkan dingin
  7. Simpanlah didalam lemari es

Demikian tadi resep dan cara membuat manisan kedondong yang enak dan segar. Anda bisa mencoba resep diatas sendiri untuk menyajikan menu buah baru untuk keluarga tercinta. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti Cara Membuat Ebi Katsu atau Resep Membuat Timlo Goreng.