Cara Membuat Manisan Jambu Biji Penuh Gizi

Cara Membuat Manisan Jambu Biji Penuh Gizi

Cara Membuat Manisan Jambu Biji Penuh Gizi. Memang banyak sekali jenis manisan yang dijajakan di pusat oleh-oleh. Hampir semua buah-buahan bisa dijadikan manisan yang enak dan segar misalnya manisan mangga, pepaya, rambutan dan masih banyak manisan yang lainnya lagi. Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi resep mengenai manisan jambu biji. Sebelumnya kami mengulas mengeni cara membuat Resep Spesial Membuat Manisan Rambutan dan Cara Mudah Membuat Manisan Pepaya.

Manisan jambu biji tergolong manisan yang jarang dijumpai. Karena jambu biji biasa di konsumsi langsung tanpa diolah terlebih dahulu Jambu biji lebih sering dibuat jus yang memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Namun manisan jambu tak kalah dengan konsumsi jambu secara langsung. Kandungan gizi yang terdapat dalam manisan jambu sama dengan jambu segar.

Cara Membuat Manisan Jambu Biji

Bagi anda yang penasaran ingin mencicipi manisan jambu anda bisa mendatangi pusat oleh-oleh terdekat di kota anda. Atau anda bisa membuat manisan jambu sendiri dengan mengikuti langkah dan resep manisan jambu yang kami berikan yang rangkum dalam cara membuat manisan jambu biji.

Bahan Membuat Manisan Jambu Biji    

  • Jambu biji jenis apa saja. Pastikan Anda memakai yang masih muda sekitar 800 gram.
  • Gula pasir sejumlah 300 gram.
  • Air untuk rendaman sejumlah 400 ml.
  • Air masak sejumlah 100 ml.
  • Garam sejumlah 1 sendok teh.
  • Bubuk kapur sirih sejumlah 1 sendok teh.
  • Kayu manis sejumlah 15 cm.
  • Bila pengen, silakan tambahkan sirup vanilla seperlunya.

Cara Membuat Manisan Jambu Biji

  1. Pertama, bersihkan jambu biji dengan memanfaatkan air mengalir.
  2. Lalu, potong memanjang atau sesuai dengan selera Anda. Tidak perlu mengupas bagian kulit luarnya.
  3. Selanjutnya, rendam potongan jambu biji tadi didalam air yang sudah di beri dengan bubuk kapur sirih selama kurang lebih semalam penuh.
  4. Kemudian, masak sirup manisan melalui langkah memasak gula pasir bersama-sama dengan air, kayu manis dan garam.
  5. Masak sampai tampak mengental.
  6. Angkat dan selanjutnya saring.
  7. Setelah itu, masukkan jambu biji yang sudah di rendam kapur sirih kedalam sirup manisan dan panaskan sekitar lima menit.
  8. Kemudian, angkat manisannya hidangkan.

Demikian cara membuat manisan jambu biji yang bisa kami informasikan semoga bermanfaat untuk anda yang ingin membuat manisan jambu sendiri di rumah untuk keluarga tercinta. Anda juga bisa mencoba resep lainnya dengan mengunjungi laman gingsul.com seperti Resep Chicken Katsu dan Cara Membuatnya atau Cara Membuat Lumpia Goreng Enak.



cara membuat manisan jambu air tanpa kapur sirih, cara membuat kapur air sirih, cara membuat manisan jambu tanpa kapur sirih, jambu biji tanpa biji