Cara Mudah Membuat Manisan Pepaya



Cara Mudah Membuat Manisan Pepaya

Cara Mudah Membuat Manisan Pepaya. Cara cepat membuat manisan pepaya yang sangat mudah dan tidak emmbutuhkan waktu lama. Manisan pepaya merupakan olahan dari buah pepaya baik yang sudah matang maupun yang masih mangkal. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai cara membuat manisan vermai dan cara membuat Chicken Katsu Teriyaki mungkin bisa menambah kreatifitas anda.

Pepaya merupaka buah yang mengandung banyak gizi. Konsumsi pepaya secara rutin mampu memperlancar proses pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Penggunaanbuah pepaya untuk manisan memberikan rasa tersendiri dalam menikmati buah pepaya Sebenarnya buah pepaya bisa langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu.

Naun terkadang seseorang ingin menyantap pepaya dalam bentuk yang berbeda yaitu manisan. Kandungan gizi manisan pepaya sama dengan kandungan gizi pepaya segar. Anda bisa menyantap manisan pepaya bersamaan dengan es buah agar rasa menjadi lebih segar.

Manisan Buah

Mendengar manisan pasti teringat aneka buah sebagai bahan dasarnya. Apalagi yang namanya manisan buah. Manisan buah adalah buah-buahan yang direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu.  Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan. Teknologi membuat manisan merupakan salah satu cara pengawetan makanan yang sudah diterapkan sejak dahulu kala. Perendamanan manisan akan membuat kadar gula dalam buah meningkat dan kadar airnya berkurang. Keadaan ini akan menghambat pertumbuhan mikrob perusak sehingga buah akan lebih tahan lama.

Pada awalnya manisan dibuat dengan merendam pada larutan gula hanya untuk mengawetkan. Ada beberapa buah yang hanya dipanen pada musim-musim tertentu. Saat musim itu, buah akan melimpah dan kelebihannya akan segera membusuk apabila tidak segera dikonsumsi. Untuk itu manusia mulai berpikir untuk mengawetkan buah dengan membuat manisan. Manisan juga dibuat dengan alasan memperbaiki cita rasa buah yang tadinya masam menjadi manis. Setelah berkembang menjadi komoditas, manisan mulai diolah dengan berbagai tambahan bahan, seperti pemutih, pengenyal, pengering, atau gula buatan.

Cara Mudah Membuat Manisan Pepaya

Cara membuat manisan pepaya yang sangat mudah dan tidak ribet menjadi pilihan para ibu untuk menyajikan manisan pepaya bila dibanding dengan manisan buah yang lain. Bahan yang digunakan juga sangat sederhana. Berikut cara mudah membuat manisan pepaya yang enak dan segar banget.

Bahan-bahan Manisan

  • Siapakan 2 buah pepaya yang belum terlalu matang (kupas kulitnya, buang isi dan potong kotak atau kecil sesuai selera)
  • 4 sdm garam
  • 1500 gram gula pasir
  • 500 ml air bersih
  • 2 sdm sirih kapur dan larutkan dalam 4 liter air

Cara membuat manisan pepaya

  1. Sediakan buah pepaya yang sudah dipotong-potong dan masukkan ke dalam wadah yang telah diisi dengan airi larutan garam.
  2. Rendam buah pepaya ke dalam larutan garam diamkan tunggu sampai layu lalu angkat lalu tiriskan.
  3. Tahap selanjutnya rendam potongan buah pepaya yang sudah ditiriskan ke dalam air sirih kapur.
  4. Tahap perendam kira-kira sekitar 24 jam/semalam.
  5. Kesokan harinya, angkat buah pepaya dari rendaman sirih kapur dan lakukan tahap pencucian sampai buah pepaya benar benar bersih.
  6. Tiriskan buah pepaya.
  7. Campurkan buah pepaya dengan 750 gram gula pasir.
  8. Diamkan 30 menit atau tunggu sampai gula larut dan meresap ke dalam daging buah pepaya.
  9. Jika sudah, angkat dan kembali dan tiriskan buah pepaya.
  10. Siapkan panci lalu isi lalu isi dengan 500 milli liter air matang.
  11. Tambahkan sisa gula pasir 750 gram tadi dan masukkan buah pepaya ke dalam panci.
  12. Rebus buah pepaya hingga mendidih dan pastikan air gulanya benar-benar meresap secara merata.
  13. Jika sudah mendidih angkat buah pepaya dan matikan api kompor.
  14. Simpan di dalam toples kira-kira selama 12 jam.
  15. Manisan buah pepaya sudah jadi dan siap untuk dihidangkan.

Demikian tadi cara mudah membuat manisan pepaya yang enak dan segar banget. Dalam membuat manisan pepaya diharap agar pepaya yyang sudah diiris diredam pada air kapur agar pepaya kenyal. Anda juga bisa mencoba resep lainnya seperti resep dan cara membuat Rolade Ayam Wortel atau cara membuat Kerupuk Nasi.