6 Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen, Tak Perlu Buru-buru Pakai Tabung Oksigen



Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen

Dimasa pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan tubuh merupakan suatu yang sangat diperlukan. Berbagai cara dilakukan untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar misalnya olah raga rutin, mengkonsumsi makanan bergizi, pola hidup sehat, mengkonsumsi suplemen tubuh, istirahat teratur dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan imun tubuh kita bisa mengkonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan vitamin C. namun tidak dengan cara meningkatkan saturasi oksigen dalam darah. sangat penting untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah agar tidak terjadi berbagai gangguan tubuh lainnya seperti lemas, hilang kesadaran dan yang lebih parah yaitu kematian.

Ciri Kekurangan Oksigen Dalam Darah

kekurangan oksigen dalam tubuh disebut hipoksemia. Kekurangan oksigen dalam darah dapat diketahui dengan pemeriksaan menggunakan alat pulse oximeter, tes gas darah, atau tes pernapasan. Beberapa kondisi berikut bisa terjadi sebagai gejala kekurangan oksigen dalam darah: Sakit kepala Sesak napas Detak jantung cepat Batuk-batuk Napas ngos-ngosan Linglung Kulit pucat atau membiru

Jika kekurangan oksigen dalam darah terus belanjut atau tidak mendapatkan penananganan tepat, organ vital di tubuh seperti jantung dan otak bahkan bisa rusak. Kondisi ini pun bisa berakibat fatal. Mengingat pentingnya cara mempertahankan oksigen dalam darah serta semakin menipisnya penjual tabung oksigen karena pandemi covid 19, memunculkan beberapa ide untuk meningkatkan saturasi oksigen.

Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen

Meskipun dengan tabung oksigen masalah saturasi oksigen dapat segera ditangani naum kali ini kita akan membahas cara menaikkan saturasi oksigen dengan cara alami. Untuk menghindari ketidak punyaan tabung oksigen dirumah. Berikut tips menaikkan saturasi oksigen dengan cara alami.

Baca Juga:

1. Perbaiki Sirkulasi Udara

Memperbaiki system sirkulasi udara dalam kamar memang sangat penting, namun perlu diperhatikan pastikan kualitas udara dalam keadaan bersih. Anda bisa menggunakan alat penjernih udara agar udara yang masuk keruangan benar-benar berkualitas dan sangat dibutuhkan tubuh.

2. Perkaya Tanaman Hijau Di Sekitar

Memasukkan tanaman hidup ke dalam rumah karena bisa meningkatkan ketersediaan oksigen dalam ruangan. Tanaman pakis adalah pilihan yang bagus untuk produksi oksigen ekstra di rumah. Pakis relatif mudah untuk tetap hidup dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari.

3. Olahraga Rutin

Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, termasuk memperbaiki sistem pernapasan. Olahraga bukan hanya meningkatkan kapasitas paru-paru, tapi juga dapat menjaga berat badan tetap ideal dan jantung lebih sehat. Bagi anda yang sembuh dari sakit latihan pernapasan dipagi hari akan membantu menyehatkan paruparu.

4. Perbaiki Pola Makan

Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi serta menghindari makanan berpengawet, pemanis makanan, serta pewarna mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Makan makanan yang banyak mengandung antioksidan agar racun dqalam tubh dapat ternetralisir.

Antioksidan diyakini dapat membantu tubuh untuk menggunakan oksigen lebih efisien sehingga memasuki aliran darah dalam jumlah yang tepat. Untuk antioksidan yang baik, coba tambahkan blueberry, cranberry, kacang merah, stroberi, plum, dan blackberry dalam pola makan.’

Sementara, diet tinggi zat besi dapat meningkatkan kemampuan tubuh  untuk memproses oksigen dan membuat kita merasa lebih bertenaga. Beberapa makanan yang sanggup menyediakan zat besi lumayan yakni daging sapi, daging unggas, ikan, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau (kangkung, brokoli, dan seledri).

5. Ubah Cara Bernapas Yang Salah

Secara umum banyak orang tidak tahu cara bernapas yang benar. Baik itu dalam berlari, meditasi, angkat besi, atau bahkan melahirkan, kita sering kali perlu diinstruksikan untuk bernapas dengan benar.

Faktanya, pernapasan yang tidak tepat dapat menyebabkan penurunan kadar oksigen darah sekitar 20%.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah latihan pernapasan dalam yang berfungsi untuk menciptakan energi, membersihkan paru-paru dan meningkatkan jumlah oksigen dalam darah.

6. Perbaiki Postur Tubuh

Membungkuk atau berada dalam posisi tubuh yang banyak tekanan dapat mengurangi kapasitas paru-paru dalam menyerap oksigen sampai 5%.

Untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, pastikan kita memperbaiki postur tubuh. Ketika muncul tanda kekurangan oksigen, coba berdiri dengan tegak, lalu putar bahu ke belakang, busungkan dada ke depan, dan atur dagu dalam posisi tegak.

Baca Juga:

Cara diatas bisa anda terapkan sebelum anda terkena kekurangan oksigen dan saat kekurangan oksigen. Ciptakan lingkungan yang sehat dan rubah pola hidup dan pola makan anda untuk tubuh yang tetap sehat. Serta jangan lupa konsumsi air putih serta istirahan teratur, salam sehat selalu