Cara Mengatasi Telinga Gatal dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Telinga Gatal dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Telinga Gatal dan Penyebabnya. Mengatasi telinga gatal memang gampang-gampang susah. Gampang karena tahu harus berbuat apa susah karena mungkin bingung mau diobati apa. Gatal di telinga kali ini lebih kepada bagian dalam saja sedangkan untuk bagian luar akan di bahas lain kali. Pertanyaannya adalah, pernahkah Anda merasakan gatal pada bagian dalam telinga?

Cara Mengatasi Telinga Gatal dan Penyebabnya. Ini membuat kondisi selalu ingin menggaruk seakan tak bisa terelakkan, padahal telinga memiliki fungsi yang sangat penting dan termasuk organ vital. Hampir semua makhluk hidup memiliki yang namanya telinga baik dari berbagai macam bentuk dan kondisinya. Organ ini penting karena termasuk alat penangkap pesan atau komunikasi. Apabila terjadi kondisi gatal memang bagi manusia sangat tidak nyaman.

Telinga adalah salah satu organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara & juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada hewan vertebrata memiliki dasar yang sama dari ikan sampai manusia, dengan beberapa variasi sesuai dengan fungsi dan spesies.

Setiap vertebrata memiliki satu pasang telinga, satu sama lainnya terletak simetris pada bagian yang berlawanan di kepala, untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara. Suara adalah bentuk energi yang bergerak melewati udara, air, atau benda lainnya, dalam sebuah gelombang.

Walaupun telinga yang mendeteksi suara, fungsi pengenalan dan interpretasi dilakukan di otak dan sistem saraf pusat. Rangsangan suara disampaikan ke otak melalui saraf yang menyambungkan telinga dan otak (nervus vestibulokoklearis).

Cara Mengatasi Telinga Gatal dan Penyebabnya

Pada pembahasan cara mengatasi telinga gatal dan penyebabnya kita awali dengan melakukan penjelasan penyebab telinga gatal terlebih dahulu. Setelah sejenak mengetahui lebih jauh mengenai telinga kita akan selidik demi selidik apa sebenarnya penyebab telingan gatal dan bagaimana cara mengatasinya.


Penyebab Telinga Gatal

Berikut setidaknya ada 8 penyebab telinga terasa gatal dan sangat mengganggu.

1. Terjadinya Psoriasis

Psoriasis merupakan permasalahan pada kulit yang umum yang biasanya menghasilkan ruam merah pada kulit. Meskipun psoriasis biasanya terjadi pada bagian kulit yang terlihat, namun ini juga dapat muncul di belakang atau di dalam telinga, yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada telinga.

2. Efek Alat Bantu Dengar

Akibat dari alat ini adalah terkadang membuat air terperangkap di telinga dan menjadi perkebangbiakan kuman di dalamnya. Telinga gatal juga bisa terjadi ketika telinga Anda alergi terhadap alat bantu dengar.

3. Telingan Sering Lembab

Kondisi ini merupakan beberapa faktor resiko terjadinya infeksi telinga. Air yang terkontaminasi dapat masuk ke dalam saluran telinga dan menyebabkan infeksi. Tentu hal ini akan disertai dengan rasa gatal pada telinga.

4. Adanya Kotoran Telinga yang Menumpuk

Ada beberapa zat yang ada di telinga dan tertumpuk di sana. Seperti halnya zat lilin atau dikenal dengan cerumen yang biasanya membentuk kontoran telinga memiliki peranan yang penting untuk melebabkan dan melumasi liang telinga. Jika zat lilin ini produksinya kurang mencukupi, maka yang terjadi adalah kekeringan pada telinga dan bisa juga terjadi pengelupasan kulit pada liang telinga yang menyakitkan.

5. Dermatitis Liang Telinga

Dermatitis termasuk masalah peradangan pada kulit, hal ini bisa juga terjadi di dalam dan di sekitar saluran telinga, biasanya disebabkan oleh reaksi alergi. Kebanyakan orang menghadapi situasi ini ketika mereka menggunakan produk kecantikan yang mengandung bahan tertentu yang menyebabkan alergi; reaksi terhadap logam di anting-anting juga dapat menyebabkan dermatitis saluran telinga.

6. Telinga Mengalami Infeksi

Infeksi telinga tengah atau otitis media dan terutama infeksi telinga bagian luar (otitis externa) dapat menyebabkan sakit parah dan membuat telinga terasa gatal. Jika Anda seorang perenang, Anda lebih mungkin mengalami masalah ini karena paparan air yang terus menerus pada telinga, dan infeksi akan menyebabkan pembengkakan dan kemerahan. Infeksi juga bisa disebabkan oleh jamur yang sering kali menyebabkan gatal (hal ini harus diperiksakan ke dokter).

7. Alergi pada Telinga

Penyakit seperti asma, rhinitis alergi, atau masalah alergi lainnya, maka Anda lebih mungkin untuk mengembangkan infeksi telinga otitis bagian luar. Hal ini biasanya disebabkan oleh paparan benda penyebab alergi pada telinga Anda, seperti penutup telinga, obat tetes telinga, keringat, atau sampo.

8. Penyebab Lain yang Perlu Diketahui

Memang ada faktor lain yang kadang tak terduga lainnya dapat menyebabkan saluran telinga gatal, termasuk stres, obat-obatan, dan panas atau dingin yang ekstrim. Dalam kasus yang jarang terjadi, gatal telinga parah bisa menjadi gejala dari kondisi yang lebih serius dan mengancam jiwa, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk melihat ada tidaknya kejadian serius seperti anafilaksis.


Cara Mengatasi Telinga Gatal

Adapun metode atau tips mengatasi telinga gatal adalah sebagai berikut:

1. Lakukan Pembersihan Kotoran Telinga

Zat lilin sebagaimana yang kita bahas sebelumnya di atas memang memiliki peranan yang penting, namun terlalu banyak zat lilin atau kotoran telinga dapat menyebabkan gatal-gatal dan rasa sakit. Usahakan jangan memasukkan apa pun di telinga untuk membersihkan kotoran telinga. Lakukanlah tips mudah membersihkan kotoran telinga yang telah kami tulis sebelumnya.

2. Hindari Kondisi Telinga Terlalu Lembab

Kondisi yang cenderung kering untuk telingan membuat efek telinga gatal semakin ringankan. Bilamana ada sesuatu hal mengharuskan Anda untuk rajin berenang, maka selalu gunakanlah semacam topi renang sehingga meminimalisir cairan yang masuk ke dalam telinga. Keringkan telinga setelah mandi dengan memiringkan kepala dan membersihkannya dengan handuk.

3. Gunakan Minyak Hangat

Di sarankan tidak memasukkan apa pun di telinga Anda untuk meringankan gatal tetapi lebih baik gunakan saja beberapa tetes minyak hangat. Anda dapat membuat obat tetes telinga buatan sendiri dengan menggunakan minyak zaitun, minyak mineral, atau minyak sayur yang dihangatkan. Ujilah dengan mene tes pertama di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan minyak tidak terlalu panas untuk membakar kulit Anda.

4. Campuran Alkohol dan Air

Cara ini juga dapat meringankan rasa gatal pada saluran telinga Anda dengan menyemprotkan air yang dicampur dengan alkohol. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan spuit (alat suntik tanpa jarum). Ini merupakan formula obat tetes telinga yang baik karena membantu menyiram puing-puing dan menghilangkan kotoran di telinga. Pastikan untuk membuang cairan dalam telinga setelah beberapa menit.

5. Singkirkan Benda yang Ada di Telinga

Seperti anting-anting, penutup telinga, dan lainnya. Ambillah obat penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau parasetamol untuk mengurangi rasa sakit telinga. Jangan dulu melakukan renang bila telinga masih gatal.

 

Demikian tips ataupun cara mengatasi telinga gatal dan penyebabnya. Silakan konsultasikan ke dokter bila sakit berlanjut karena telinga gatal tak kunjung reda. Cek ke dokter spesialis THT agar penanganan dan diaknosisnya tepat. Selamat mencoba cara mengatasi telinga gatal dan penyebabnya tersebut dengan catatan jaga kesehatan dan kebersihan alat-alat saat mengaplikasikannya.



Loading...
foto wallpaper persija gerak