Daun Kecubung, Manfaat, dan Bahayanya



Daun Kecubung, Manfaat dan Bahayanya

Daun Kecubung, Manfaat, dan Bahayanya. Tahukah sobat dengan tanaman kecubung? Kecubung merupakan tumbuhan berbunga dengan bunga berbentuk menyerupai terompet besar dan berwarna putih dan ungu. Tumbuhan kecubung masuk kedalam tumbuhan hias. Kecubung merupakan tanaman pembius, ternyata kecubung tidak hanya berkhasiat sebagai obat bius saja.  Kecubung mempunyai banyak manfaat, terutama bagi anda yang sering mengeluhkan sakit gigi atau asma.

Kecubung dengan nama latin Datura Metel L ternyata selama ini dikenal sebagai tumbuhan yang negatif. Hal tersebut dikarenakan karena tanaman ecubung sering disalah artikan untuk penghilang kesadaran dan zat bius karena mengingat manfaatnya sebagai anestesi.

Definisi Kecubung

Kecubung (Datura metel) adalah tumbuhan berbunga anggota suku Solanaceae, tumbuhan ini masih sekerabat dengan datura, tumbuhan hias dengan bunga berbentuk terompet yang besar. Kecubung biasanya berbunga putih dan atau ungu, tetapi hibridanya berbunga aneka warna. Diperkirakan tanaman ini pertama kali dipakai sebagai obat-obat pada abad kesepuluh. Bahkan, Bangsa Mesir sudah menggunkan Bunga Kecubung untuk sejak zaman 0-1 sebelum Masehi sebagai makanan spiritual. Kecubung ada yang berasal dari Asia Tenggara, tetapi ada juga yang berasal dari Benua Amerika.

Kecubung tumbuh di tempat yang beriklim panas dan dibudidayakan di seluruh belahan dunia karena khasiat yang dikandungnya dan juga untuk tanaman hias. Pertama kali diperkenalkan oleh Linnaeus pada tahun 1753, tetapi secara botani masih belum tepat mengenai gambaran dan penjelasan tentang kecubung. Wilayah asal yang menjadi sumber tanaman ini tidak dapat diketahui secara pasti. Bagian-bagian kecubung, tetapi terutama bijinya, mengandung alkaloid yang berefek halusinogen dan menyebabkan kegilaan baik sementara atau permaen.

Selain itu juga, biji kecubung dapat memicu paralisis dan kematian. Di dalam kecubung juga terkandung senyawa cathinone yang efeknya hampir sama dengan amphetamina serta bersifat stimulan, mengurangi nafsu makan dan euphoria(senang berlebih-lebihan) sehingga menyababkan kecanduan psikologis. Terdapat juga senyawa scopolamine dan antropine yang menyebabkan delirium halusinogen(halusinasi yang tidak bisa membedakan sama sekali nyata dan ilusi).

Daun Kecubung, Manfaat, dan Bahayanya

Karena bentuk bunganya seperti terompet dan manfaatnya yang sering disalah artikan tanaman ini diberi julukan sebagai devil trumpet. Hingga sekarangpun kecubung sering dianggap sebagai tanaman yang bersifat negatif.

Manfaatnya

Padahal bila dikaji dengan benar, tumbuhan kecubung memiliki manfaat yang banyak. Manfaat daun kecubung sering digunakan sebagai obat influenza karena sifatnya yang mampu menghangatkan badan. Tumbuhan kecubung juga dapat memebrikan sensasi pedas dan pahit.

Biji kecubung juga mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kaum laki-laki. Biji kecubung yang telah dihaluskan dan dicampur dengan lemak merupakan obat ampuh bagi penderita impoten. Selain itu biji kecubung masih mempunyai manfaat luar biasa yaitu mampu menambah daya tahan seksualitas bagi kaum adam.

Bahayanya

Penggunaan daun kecubung harus hati-hati, pasalnya daun kecubung yang hanya diremas dan ditempatkan pada dahi bisa membuat orang menjadi mabuk, itulah sebabnya sobat mesti hati-hati dalam menggunakannya.

Simak Juga:

Gejala keracunan akibat dari tanaman kecubung antara lain mulut kering, sembelit, sensitif terhadap sinar, serta sakit mata. Kecubung yang mempunyai bunga berwarna putih dianggap lebih beracun bila dibanding dengan kecubung yang mempunyai bunga warna ungu.

Berhati-hatilah dalam menggunakan tanaman kecubung, bila sobat masih ragu sebaiknya sobat berkonsultasi dengan dokter atau tidak menggunakan sama sekali tanaman cubung. Meskipun tanaman kecubung mempunyai manfaat yang begitu besar namun apabila salah dalam penggunaan akan berakibat keracunan.

bikin bius dari kecubung