Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Gula Jawa Mekar dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Gula Jawa Mekar dan Mudah

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Gula Jawa Mekar dan Mudah. Bolu Kukus Gula Jawa mekar pasti yang ada dibayangan kita sudah tertuju pada Bolu Kukus Gula Jawa cup yang mengembang dengan sempurna hingga membentuk bongkahan. Bolu merupakan lue dengan bahan dasar tepung (tepung terigu, tepung beras, tepung ketan) yang ditambah dengan telur dan gula. Dalam pembuatannya bolu atau kue basah dibedakan menjadi 2 yaitu bolu panggang dan Bolu Kukus Gula Jawa. Sebelumnya kita membahas mengenai Bolu Kukus Gula Jawa pandan dan bolu coklat

Kali ini kita akan membahas Bolu Kukus Gula Jawa mekar, Bolu Kukus Gula Jawa mekar banyak dijual diwarung-warung. Karena cara membuatnya yang begitu mudah dengan bahan yang mudah didapat serta rasa yang nikmat banget membuat bolu ini sangat disukai oleh ibu-ibu rumah tangga.

Kita tidak perlu pusing-pusing dalam membuat Bolu Kukus Gula Jawa. Bolu yang satu ini selain mudah dalam membuatnya anda juga bisa menambahkan aneka isian didalamnya, misalnya kismis, coklat, keju atau yang lainnya.

Resep dan Cara Membuat Bolu Kukus Gula Jawa

Bolu Kukus Gula Jawa mekar anti bantet kali ini menggunakan air soda tawar. Anda tidak perlu risau bila dikonsumsi oleh anak-anak. Karena air soda akan larut dengan dengan tambahan aneka bahan yang sudah menjadi adonan. Mau tau cara cepat membuat Bolu Kukus Gula Jawa?. Yuk langsung aja kita simak resep dan cara membuat Bolu Kukus Gula Jawa mekar yang enak banget.

Simak Resep Lainnya:

Resep Membuat Bolu Kukus Gula Jawa

Bahan-bahan:

  • 1 butir telur ayam
  • 200 gram gula merah
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 200 ml air
  • ¼ sendok teh garam
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ sendok teh soda kue
  • 250 gr tepung terigu yang berkualitas baik
  • 125 ml minyak goreng

Sedikit tips agar bolu kukus gula merah bisa merekah sempurna :

  • Rebusan gula merah sebaiknya di tunggu hingga dingin dan di saring, agar larutan gula licin dalam artian tidak ada sisa ampas dari gula.
  • Tutup pengukus sebaiknya dilapisi kain, supaya tidak ada uap air yang jatuh sehingga kue yang dihasilkan lebih sempurnaatau tidak bantat.
  • Usahakan tidak membuka tutup pengukus sebelum waktu pemasakan selesai, karena bisa mengakibatkan kue tidak menggembang sempurna.

Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah :

  1. Rebus gula dalam air yang mendidih, aduk perlahan sampai larut, kemudian sisihkan.
  2. Siapkan wadah untuk membuat adonan, lalu masukkan telur ayam, kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang, masukkan rebusan gula merah.
  3. Masukkan tepung terigu dan baking powder, soda kue yang sudah diayak kedalam adonan, aduk rata
  4. Tambahkan minyak goreng kemudian aduk lagi sampai adonan tercampur rata
  5. Tuang adonan kedalam cetakan kertas yang berbentuk mangkuk.
  6. Kukus adonan sampai matang dan mengembang selama 25 menit

 

Resep dan cara membuat Bolu Kukus Gula Jawa diatas bisa anda aplikasikan dirumah untuk memberikan camilan bagi anggota keluarga agar tetap harmonis.