Cara Membuat Udang Tumis Pedas Manis

Cara Membuat Udang Tumis Pedas Manis

Cara Membuat Udang Tumis Pedas Manis. Cara membuat udang tumis pedas manis yang sangat mudah. Salah satu olahan udang yang sangat terkenal yaitu udang tumis pedas manis. Udang tumis pedas manis sering menjadi sajian utama pada restoran. Perpaduan antara udang yang kaya akan protein hewani ditambah dengan tofu yang kaya akan protein nabati menjadi sajian yang sempurna untuk keluarga. Pada ulasan sebelumnya kami berbagi resep tentang Resep Ayam Cabai Ijo dan Resep Ayam Bakar Unik yang Maknyus.

Mengingat udang merupakan sumber protein yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan yang terdapat didalam udang antara lain selenium, fosfor, proten, koin, vitamin A, B, E, Lemak Omega 3 dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut membuat udang memiliki harga yang ;lumayan mahal bila dibanding dengan daging ayam.

Selain itu udang mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh diantaranya penyeimbang hormon, pencegah penyakit kanker, mencegah jantung, diabetes, antidepresi, mengandung zat anti inflamasi dan masih banyak lagi. Tak heran bila konsumsi udang secara rutin sangat bagus untuk kesehatan.

Resep dan Cara Membuat Udang tumis pedas manis

Bagi anda yang ingin menikmati udang tumis pedas manis sendiri dirumah anda bisa mencoba membuat sendiri dengan mengikuti resep udang tumis pedas manis yang akan kami ulas dibawah yang terangkum dalam resep dan cara membuat udang tumis pedas manis.

Bahan Utama

  • 250 gram udang berukuran besar
  • 1 buah jeruk nipis, peras ambil airnya
  • 5 buah cabai merah besar, iris tipis
  • 5 buah cabai hijau besar, iris tipis
  • 1 buah tomat , potong kotak
  • 4 butir bawang merah , cincang halus
  • 4 siung bawah putih , cincang halus
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Gula secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Air secukupnya

Cara Membuat

  1. Bersihkan dan cuci udang, namun jangan buang bagian kulit serta kepalanya. Seteleh dicuci bersih dengan air mengalir anda kemudian bisa melanjutkan melumuri udang tersebut dengan menggunakan air perasan jeruk nipis, tambahkan sedikit garam serta lada secukupnya. Aduk rata hingga merata kemudian anda diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  2. Setelah 20 menit berlalu lanjutkan proses memasak dengan memanaskan wajan dan minyak. Kemudian anda tumis bahan-bahan seperti bawang merah dan bawang putih juga cabe merah dan cabe hijau. Tumis hingga terlihat layu dan beraroma wangi. Setelah itu anda tuangkan air putih ke dalam maskan anda kemudian lanjutkan menambahkan tomat dan saus tiram.
  3. Ambil udang kemudian anda masukan ke dalam wajan masakan anda tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  4. Aduk sebentar kemudian tutup beberapa saat agar bumbu sedikit meresap. Setelah matang keudian angkat. Usahakan jangan terlalu lama memasak udang agar masih fresh dan juicy ketika disantap.
  5. Sajikan di atas piring selagi masih hangat.

Demikian tadi resep dan cara membuat udang tumis pedas manis yang enak banget d memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan sangat cocok untuk lauk anggota keluarga tercinta. Anda juga bisa mengetahui resep lainnya dengan mengunjungi laman gingsul.com seperti Cara Membuat Rolade Ayam Wortel dan Resep Ayam Taliwang yang Lezat.