Cara Membuat Udang Tumis Bawang, Sajian Sederhana Yang Mantap Banget

Cara Membuat Udang Tumis Bawang, Sajian Sederhana Yang Mantap Banget

Cara Membuat Udang Tumis Bawang, Sajian Sederhana Yang Mantap Banget. Mengingat udang merupakan sumber protein yang sangat bagus untuk tubuh. Apalagi bila dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan yang terdapat didalam udang antara lain selenium, fosfor, proten, koin, vitamin A, B, E, Lemak Omega 3 dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut membuat udang memiliki harga yang lumayan mahal bila dibanding dengan daging ayam. Pada ulasan sebelumnya kami berbagi resep tentang Cara Membuat Sup Udang Tomat dan Cara Membuat Udang Tumis Pedas Manis.

Udang tumis bawang sumber gizi bagi seluruh anggota keluarga. Salah satu olahan udang yang sangat terkenal yaitu Udang tumis bawang. Udang tumis bawang sering menjadi sajian utama pada restoran. Udang yang dimasak dengan tambahan sayur mayur yang kaya akan serat dan nutrisi. Pilihan sayur wortel dan jagung menjadi pilihan yang tepat digunakan untuk membuat udang tumis bawang sayur wortel. Rasa yang dihasilkan begitu nikmat dan sedap.


Nutrisi dan gizi yang terdapat pada udang udang mempunyai manfaat yang sangat baik bagi tubuh diantaranya penyeimbang hormon, pencegah penyakit kanker, mencegah jantung, diabetes, antidepresi, mengandung zat anti inflamasi dan masih banyak lagi. Tak heran bila konsumsi udang secara rutin sangat bagus untuk kesehatan.

Resep dan Cara Membuat Udang tumis bawang

Bagi anda yang ingin menikmati Udang tumis bawang sendiri dirumah anda bisa mencoba membuat sendiri dengan mengikuti resep Udang tumis bawang yang akan kami ulas dibawah yang terangkum dalam resep dan cara membuat Udang tumis bawang.

Bahan Utama

  • 20 ekor udang segar
  • 1 buah jeruk nipis, ambil airnya
  • 1 sendok teh garam
  • ½ buahbawang bombay
  • 2 siung bawang putih
  • 2 buah cabai merah keriting
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan saos sambal
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Daun bawang secukupnya

Cara Membuat

  1. Langkah pertama adalah membersihkan udang. Kerat sedikit bagian belakang atau punggung udang kemudian anda buang kotorannya. Buang bagian kepalanya dan kulitnya. Kemudian anda cuci kembali sampai bersih.
  2. Lumuri udang dengan garam serta air perasan jeruk nipis. Pastikan semua bagian terkena dengan merata. Setelah itu anda bisa diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga 20 menit.
  3. Setelah 20 menit berlalu ambil udang lalu lanjutkan dengan memanaskan minyak di atas wajan.
  4. Masukan bahan bumbu tumisan antara lain bawang bombay, bawang putih serta cabai merah. Tumis bahan tersebut sampai harum.
  5. Wangi harum tercium segera masukan udang yang telah anda marinasi. Masak hingga udang berubah warna menjadi kemerahan. Setelah udang berubah warna anda bisa melajutkan dengan memasukan berbagai bahan bumbu-bumbu dalam masakan anda antara lain kecap manis, saos sambal, garam, gula serta merica secukupnya. Jangan lupa untuk mencicipi masakan anda siapa tahu ada yang kurang anda bisa menambahkannya. Setelah matang kemudian anda angkat dan sajikan di atas piring.
  6. Siapkan bahan taburan berupa tumisan daun bawang. Tumis daun bawang dengan sedikit minyak saja, usahakan agar tumisan daun bawang anda tetap segar dan terlihat berwarna hijau.
  7. Setelah seleai anda taburkan daun bawang tersebut ke atas piring sajian.
  8. Sajikan selagi masih hangat sebagai teman nasi.

Demikian tadi resep dan cara membuat Udang tumis bawang yang enak banget d memiliki nilai gizi yang sangat tinggi dan sangat cocok untuk lauk anggota keluarga tercinta. Anda juga bisa mengetahui resep lainnya dengan mengunjungi laman gingsul.com seperti Cara Membuat Rolade Ayam Wortel dan Resep Ayam Taliwang yang Lezat.