12 Khasiat Serai, Mampu Membakar Lemak Hingga Mengontrol Tekanan Darah



12 Manfaat Serai

12 Khasiat Serai, Mampu Membakar Lemak Hingga Mengontrol Tekanan Darah. Siapa yang tak kenal dengan tanaman rempah/ obat herbal yang satu ini?. Serai sering dimanfaatkan untuk memasak aneka makan atau membuat minuman salah satunya adalah wedang jahe, wedang uwuh, wedang rempah dan masih banyak lagi. Selain membuat makanan atau minman menjadi wangi serai ternyata memiliki segudang manfaat.

Secara umum, pengertian serai sebagai berikut. Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Manfaat Serai Yang Jarang Diketahui

Tak hanya minyak astirinya saja ternyata manfaat sereh didapat dari kandungan antioksidan dan anti-peradangannya. Sereh mengandung senyawa anti peradangan asam klorogenik, isoorientin, dan swertiajaponin. Manfaat daun serai dapat mengatasi dan mencegah berbagai gangguan kesehatan.

1. Membakar Lemak

Ternyata, manfaat sereh dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga proses pencernaan berlangsung lebih cepat dan membakar kalori lebih banyak. Baca Juga: Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Mudah

2. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kandungan vitamin A dan vitamin C di dalam sereh sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Baca Juga: Makanan Penyehat Kulit Paling Ampuh, Kulit Kinclong Bak Artis Korea.

3. Memelihara Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam sereh dapat membantu menjaga daya tahan tubuh Anda.

4. Meredakan Flu

Kandungan sereh memiliki sifat sebagai antibakteri dan antifungal. Alhasil, manfaat sereh dapat membantu mencegah seseorang terkena flu. Konsumsi teh sereh juga dapat membantu mengeluarkan dahak dan meredakan hidung tersumbat.

5. Meredakan Nyeri Haid

Kandungan dalam sereh dipercaya dapat membantu meredakan nyeri haid dan membuat perut terasa lebih nyaman. Simak Juga: Cara Ampuh Mengatasi Keputihan.

6. Baik untuk Saluran Pencernaan

Kandungan di dalam sereh dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. Salah satu kandungannya yang baik untuk proses pencernaan makanan adalah citral.

7. Antioksidan

Sereh yang diolah dalam bentuk teh seringkali dipercaya memiliki efek antioksidan bagi tubuh. Kandungan sereh dianggap dapat membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh.

8. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam sereh bisa meningkatkan pengluaran urine dari dalam tubuh, sehingga dapat menjaga tekanan darah tetap terkontrol.

9. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Kandungan di dalam sereh juga membantu memperlancar aliran darah sehingga menjaga fungsi hati, termasuk membatasi penyerapan kolesterol dalam tubuh. Itulah mengapa sereh dapat dimanfaatkan untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Baca Juga:

10. Menjaga Kadar Gula dalam Darah

Kandungan sereh membantu menjaga kadar gula dalam darah agar dapat terkontrol dengan baik. Namun, konsumsi berlebihan juga dapat menyebabkan kadar gula dalam darah yang terlalu rendah.

Oleh karena itu, bagi penderita diabetes, sebaiknya tetap memperhatikan kadar gula dalam darah agar tidak terlalu rendah.

11. Mengusir Nyamuk

Serai yang dicampur dengan jeruk nipis dipercaya mampu mengusir nyamuk dalam ruangan. Caranya cukup mudah hanya meletakkan irisan serai yang dicampur dengan belahan jeruk nipis.

12. Anti Mikroba

sekarang banyak pembersih lantai yang menggunakan ekstra serai karena anti mikroba dan anti amuba dalam serai mampu membersihkan lantai dari bakteri jahat.

Lalu, bagaimana cara terbaik untuk menikmati sereh? Semuanya ternyata memiliki keuntungan masing-masing. Sereh bisa digunakan dalam bentuk inhaler. Sereh juga dimanfaatkan sebagai salah satu bahan kosmetik karena aromanya yang khas dan menenangkan. atau anda bisa menemukan ekstra serai pada parfum, pngharum ruangan.

Menurut sebuah studi, sereh kering lebih banyak menyimpan antioksidan di dalamnya ketimbang sereh segar. Menyajikan sereh dengan air panas dibanding air dingin juga dapat melawan radikal bebas dengan lebih maksimal.

Jika ingin memiliki daya tahan tubuh yang bagus, cobalah untuk rutin memasukkan sereh ke dalam segelas air hangat lalu diminum. Tak hanya itu, apabila Anda sedang demam, minum teh sereh hangat setiap empat jam sekali juga dapat membuat demam lebih cepat turun. Untuk menjaga kesehatan tubuh, sereh memang juaranya. Jika Anda senang berkebun, tak ada salahnya untuk mencoba menanam sereh di pekarangan rumah. Selamat menikmati manfaat sereh!