Harga Belimbing Per KG Terbaru Februari 2024, Manfaat dan Cara Membuat Jus

Harga Belimbing Per KG Terbaru

Harga Belimbing Per 1 Kilo (kg) Terbaru, Manfaat dan Cara Membuat Jus. Belimbing adalah salah satu jenis buah yang banyak dijumpai di pasar-pasar saat ini. Buah yang memiliki bentuk unik seperti bintang ini memiliki aroma yang khas dan rasa yang manis. Selain itu, belimbing juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Namun, harga belimbing per kilogram masih relatif mahal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah jenis belimbing, musim panen, dan ketersediaan stok di pasar. Oleh karena itu, sebelum membeli belimbing, penting untuk mengetahui daftar harga belimbing yang beredar di pasaran.

Selain itu, belimbing juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti manisan belimbing, sirup belimbing, dan jus belimbing. Manisan belimbing merupakan salah satu jenis makanan ringan yang banyak diminati, karena memiliki rasa yang manis dan segar. Selain itu, manisan belimbing juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Dalam memilih belimbing, sebaiknya pilih belimbing yang masih segar dan tidak cacat. Belimbing segar memiliki kulit yang licin dan warna yang cerah. Selain itu, belimbing juga dapat disimpan di dalam lemari es agar tetap segar dan tahan lebih lama.

Manfaat Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh atau yang juga dikenal dengan nama belimbing sayur adalah salah satu jenis buah yang tumbuh subur di Indonesia. Buah ini memiliki rasa yang asam manis, sehingga banyak digunakan sebagai bahan pelengkap dalam masakan, minuman, dan juga sebagai camilan. Namun, tidak hanya enak, buah ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat belimbing wuluh yang perlu Anda ketahui:

1. Mengobati Batuk, Pilek, dan Demam Tinggi

Belimbing wuluh mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C ini berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan senyawa flavonoid dan polifenol dalam buah ini juga dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala batuk, pilek, dan demam tinggi.

Baca Juga: Manfaat Masker Buah Pisang Untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

2.Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan potasium dalam belimbing wuluh dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Potasium ini bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, sehingga tekanan darah dapat menjadi normal kembali.

3. Bagian dari Perawatan Diabetes

Belimbing wuluh juga bermanfaat untuk penderita diabetes. Kandungan serat dan antioksidan dalam buah ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam mengontrol gejala diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam belimbing wuluh juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan gigi. Vitamin C dapat membantu dalam pembentukan kolagen, yang berperan penting dalam kesehatan jaringan gusi dan gigi. Sementara itu, antioksidan dapat membantu melindungi gigi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara Membuat Jus Belimbing Wuluh

Jus belimbing wuluh juga menjadi salah satu cara yang populer untuk mengonsumsi buah ini. Berikut adalah resep membuat jus belimbing wuluh yang dapat Anda ikuti sendiri di rumah:

Bahan:

  • 5-6 belimbing wuluh
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sendok makan madu
  • 200 ml air matang

Baca Juga: Beragam Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Cara membuat:

  • Cuci bersih belimbing wuluh, lalu potong menjadi beberapa bagian.
  • Peras jeruk nipis dan ambil airnya.
  • Masukkan belimbing wuluh, air jeruk nipis, madu, dan air matang ke dalam blender.
  • Blender hingga semua bahan tercampur rata.
  • Saring jus belimbing wuluh, dan hidangkan dengan es batu.

Selain menyegarkan, ternyata jus belimbing ini juga kaya akan manfaat untuk tubuh Anda. Karena itu, tidak ada salahnya untuk Anda segera mengonsumsi buah sehat tersebut, baik dikonsumsi secara langsung ataupun mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus maupun hidangan lainnya.

Harga Belimbing Per Kilo

Berikut adalah daftar harga belimbing per kilogram berdasarkan jenisnya yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya:

Belimbing Manis

Harga belimbing manis per kilogram di pasaran berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 25.000. Belimbing manis memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta daging buah yang lembut.

Belimbing Sayur

Harga belimbing sayur per kilogram di pasaran berkisar antara Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Belimbing sayur memiliki rasa yang lebih asam daripada belimbing manis, serta daging buah yang lebih padat.

Belimbing Bali

Harga belimbing Bali per kilogram di pasaran berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 30.000. Belimbing Bali memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta daging buah yang tebal dan renyah.

Belimbing Wuluh

Harga belimbing wuluh per kilogram di pasaran berkisar antara Rp 30.000 hingga Rp 35.000. Belimbing wuluh memiliki rasa yang sangat asam, serta daging buah yang tipis.

Belimbing Hutan

Harga belimbing hutan per kilogram di pasaran berkisar antara Rp 35.000 hingga Rp 40.000. Belimbing hutan memiliki rasa yang manis dan sedikit asam, serta daging buah yang tebal dan renyah.

Lihat Juga: Daftar Buah Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

Daftar Harga Belimbing Hari ini

Berikut ini akan kami berikan update harga terkini belimbing yang kami kutip dari berbagai marketplace.

  • Belimbing Wuluh : Rp. 12.600/ Kg
  • Belimbing Buluh : Rp. 15.750/ Kg
  • Belimbing Dewa : Rp. 24.150/ Kg
  • Belimbing Dewa Super : Rp. 26.250/ Kg
  • Belimbing Dewi : Rp. 24.150/ Kg
  • Belimbing Dewi Super : Rp. 25.725/ Kg
  • Belimbing Madu : Rp. 19.950/ Kg
  • Belimbing Madu Super : Rp. 25.200/ Kg
  • Belimbing Bangkok Lokal : Rp. 19.950/ Kg

Harga belimbing di pasaran dapat berubah-ubah tergantung pada musim panen dan ketersediaan stok. Oleh karena itu, sebaiknya membeli belimbing saat musim panen tiba, karena harga belimbing akan lebih terjangkau.

Demikianlah ulasan tentang daftar harga belimbing yang beredar di pasaran. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang sedang mencari harga belimbing terdekat.