Resep Nugget Pisang Jajanan Kekinian

Resep Nugget Pisang Jajanan Kekinian

Resep Nugget Pisang Jajanan Kekinian. Nugget Pisang merupakan salah satu jajanan kekinian yang belakangan marak dibicarakan para ibu-ibu di dunia maya. Sebenarnya nugget pisang hampir sama dengan pisang goreng. Yang membedakan nugget pisang harus melalui proses pengukusan terlebih dahulu sebelum akhirnya digoreng.

Pisang merupakan salah satu buah yang bisa hidup dengan subur didaerah tropis. Di Indonesia pisang sangat mudah ditemukan dan tergolong buah yang murah. Ada berbagai macam jenis pisang namun yang sangat cocok untuk diolah lagi yaitu pisang kepok.

Kandungan nutrisi dalam buah pisang antara lain betakaroten, tiamin, ribloflavin, niasin, vitamin B6. Dengan mengkonsumsi buah pisang kita bisa memenuhi nutrisi pada tubuh dengan lengkap. buah pisang juga bagus bagi mereka yang sedang melakukan program diet.

Resep Nugget Pisang

Tak heran bila buah pisang mempunyai banyak penggemar. Terlebih nugget pisang yang belakangan banyak menawarkan variant baru dengan berbagai macam toping yang mampu memikat hati dan lidah. Cara membuat nugget pisang juga sangat mudah bahan yang digunakan juga sangat simpel. ada berbagai macam cara membuat nugget pisang yang begitu nikmat dan mantap namun kali ini tim gingsul.com akan membagikan resep yang sangat praktis dan simpel sesuai dengan pengalaman sendiri.

Resep Membuat Nugget Pisang

Bahan-bahan :

  • Pisang kepok tanpa kulit 350 gram, potong dadu (bisa menggunakan pisang berangan, ambon, uli dan raja)
  • Margarin 1 sendok makan
  • Tepung terigu 75 gram (saya gunakan tepung terigu protein sedang, segitiga biru)
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Susu cair 300 mili liter
  • Tepung jagung / tepung maizena 3 sendok makan
  • Keju cheddar 100 gram (parut)
  • Coklat beras / choco rice / meises 75 gram

Bahan Pelapis :

  • Teigu dan air, aduk rata sampai kental seperti akan bikin Tempe Mendoan (saya gunakan 1/2 cup tepung terigu dan 1 cup air)
  • Tepung panir atau tepung roti secukupnya (kalau ingin berwarna bisa gunakan Primera Panko warna orange dan hijau)

Topping atau Hiasan Nugget Pisang (optional) :

  • DCC (Dark chocolate cooking) 1 blok, lelehkan
  • Meises secukupnya
  • Sprinkle / Choco chips secukupnya
  • Kalau pakai ini rasanya endess banget bun, super nyoklaaaaaaat!

Cara Membuat Nugget Pisang Kepok Coklat Keju :

  1. Pertama-tama campur tepung terigu dan gula pasir kemudian tuang susu cair. Aduk sampai larut dan rata, sisihkan.
  2. Panaskan margarin sampai meleleh, masukkan larutan terigu lalu aduk sampai kental. Begitu mengental segera matikan api dan dinginkan. Sementara itu panaskan kukusan dan siapkan loyang persegi ukuran 20×20 cm, yang telah dialasi dengan kertas roti dan diolesi sedikit margarin.
  3. Setelah adonan terigu dingin masukkan pisang dadu, tepung jagung, keju parut dan coklat beras, aduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang lalu kukus kurang lebih selama 30-40 menit. Dinginkan sampai uap hilang kemudian masukkan ke dalam kulkas agar lebih padat dan kokoh (saya diamkan di kulkas kurang lebih 3 jam).
  4. Kelurkan dari loyang, potong-potong sesuai selera. Celupkan ke larutan terigu lalu gulingkan dalam tepung panir. Diamkan kembali minimal selama 30 menit yang bertujuan agar tepung lebih melekat (kalau saya langsung goreng, tidak sabar soalnya pengin icip-icip heheeh)
  5. Terakhir goreng dalam minyak panas yang banyak sampai bewarna kuning kecoklatan, angkat lalu tiriskan.
  6. Jika pakai topping, siram atau hias dengan DCC leleh lalu beri meises dan Sprinkle. Sajikan.

 

Simak Juga Resep Lainnya:

Anda bisa menambahkan keju parut atau coklat serta buah dan es krim sebagai toping pada nugget pisang kreasi anda untuk menambah penampilan agar lebih menarik. Resep Nugget pisang bisa anda aplikasikan untuk membuat nugget pisang sendiri yang sesuai dengan selera keluarga anda. Pastikan keluarga anda mengkonsumsi makanan yang mempunyai nilai gizi tinggi dan menghindari makanan yang mengandung pemanis maupun pewarna. Budayakan hidup sehat dari keluarga anda.


jajanan kekinian, resep jajanan kekinian