PENERIMAAN LOWONGAN CPNS KEJAKGUNG 2017 Pendaftaran Kejaksaan Agung Online di Website sscn.bkn.go.id

Penerimaan CPNS Kejagung 2017 Pendaftaran Online sscn.bkn.go.id

PENERIMAAN LOWONGAN CPNS KEJAKGUNG 2017 Pendaftaran Kejaksaan Agung Online di Website sscn.bkn.go.id. Jadwal, formasi, persyaratan, tata cara pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kejaksaan Agung (Kejagung) tahun anggaran 2017. Pengumuman penerimaan CPNS Kejagung dengan jumlah alokasi lowongan 1.000 formasi. Website https://sscn.bkn.go.id pengumuman dan pendaftaran CPNS 2017 online. Website https://rekrutmen.kejaksaan.go.id pengumuman penerimaan CPNS Kejaksaan Agung. Download format surat lamaran CPNS Kejagung di laman resmi rekrutmen.kejaksaan.go.id atau sscn.bkn.go.id.

Pada bulan Agust lalu, Pemerintah juga telah membuka lowongan CPNS di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA). Kemudian pada bulan November 2017 kembali melakukan seleksi penerimaan CPNS tahap 2 sebanyak 17.928 jabatan di 60 Kementerian/Lembaga dan CPNS Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara.

Dengan Jumlah kuota CPNS gelombang 2 tersebut terdiri dari 17.428 formasi di CPNS Kementerian/Lembaga dan 500 formasi CPNS Pemprov Kalimantan Utara yang meliputi untuk lulusan terbaik (Cumlaude) sebanyak 1.850 posisi, selanjutnya 166 posisi untuk penyandang disabilitas, kemudian 196 posisi untuk putra/putri Papua dan Papua Barat.

Pendaftaran online CPNS Kejagung tahun ini dimulai pada tanggal 11 – 25 Sept 2017 di situs resmi BKN dengan alamat portal https://sscn.bkn.go.id. Apa saja yang dibutuhkan untuk mendaftar CPNS Kejaksaan Agung online di situs https://sscn.bkn.go.id? Pelamar CPNS Kejagung harus login ke Portal SSCN menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Kartu Keluarga (KK). BACA JUGA: LOWONGAN CPNS 61 INSTANSI.

PENDAFTARAN CPNS KEJAGUNG 2017 ONLINE

Kejaksaan Agung (Kejagung) merupakan salah satu lembaga dari 61 instansi yang memberi kesempatan Warga Negara Indonesia untuk menjadi PNS. Dari jumlah alokasi lowongan CPNS di Kejagung tersebut terdiri dari 700 formasi untuk Jaksa, Pengolah Data Perkara dan Putusan 70 formasi, Pranata Barang Bukti 70 formasi dan Pengawal Tahanan/ Narapidana 160 formasi.

Lowongan ini ditujukan untuk lulusan SLTA, D-III dan S1. Dimana Untuk posisi Jaksa membutuhkan kualifikasi pendidikan setingkat S-1 Ilmu Hukum dengan perincian sebanyak 105 posisi, selanjutnya untuk lulusan cumlaude dan sisanya 7 posisi untuk putra-putri Papua dan Papua Barat ditambah 588 kualifikasi umum. Sedangkan posisi Pengolah Data Perkara dan Putusan untuk lulusan D III llmu Komputer/ Teknik lnformatika/ Manajemen lnformatika/ llmu Administrasi/ Manajemen untuk 70 formasi.

Posisi Pranata Barang Bukti dengan kualifikasi pendidikan D III llmu Komputer/ Teknik lnformatika/ Manajemen lnformatika/ llmu Administrasi/ Manajemen.

Sedangkan untukn Lulusan SLTA sederajat akan ditempatkan di posisi Pengawal Tahanan/ Narapidana dengan jumlah 160 formasi.

SIMAK JUGA: PENDAFTARAN CPNS KEMENTERIAN ESDM 2017 DAN JUGA PENERIMAAN CPNS KEMENKEU 2017

PERSYARATAN PENDAFTARAN CPNS KEJAGUNG 2017

Berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar lowongan calon pegawai negeri sipil di Kejaksaan Agung (Kejagung) tahun 2017.

Persyaratan Umum:

  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berkelakuan baik dan tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hokum yang tetap.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  6. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  7. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  8. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  9. Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato/bekastato dan tindik/ bekas tindik anggota badan lainnya selain ditelinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

TATA CARA PENDAFTARAN KEJAGUNG 2017

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil di Kejaksaan Agung (Kejagung) tahun 2017.

  • Dokumen Persyaratan terdiri dari:
    1. Surat lamaran ditujukan kepada Jaksa Agung Muda Pembinaan U.p. Kepala Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung RI, bermaterai Rp. 6000, ditulis tangan dan ditandatangani dengan pena berwarna hitam pada kertas folio bergaris;
    2. Foto copy Kartu Tanda Peduduk (KTP) atau surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DUKCAPIL);
    3. Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yang bersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
    4. Daftar Riwayat Hidup singkat, ditulis tangan sendiri (huruf cetak);
    5. Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai Akademik.
    6. Foto copy Sertifikat / Ijazah komputer bagi pelamar S.1, D.III dan SLTA
    7. Foto copy Sertifikat Bela Diri / Pelatihan Satuan Pengamanan yang dilegalisir oleh instansi/lembaga yang mengeluarkan untuk Pengawal Tahanan.
    8. Foto copy Sertifikat / Ijazah TOEFL yang dilegalisir oleh instansi / lembaga yang mengeluarkan (bagi pelamar S.1 dan D.III);
    9. Surat Keterangan belum menikah dari Lurah / Kepala Desa (asli dan foto copy) bagi pelamar S.1 dan D.III.
    10. Pas foto terbaru hitam putih ukuran 3 cm x 4 cm sebanyak 4 lembar (Iaki-Iaki tidak berambut panjang).
    11. Melampirkan Foto Copy Akta Kelahiran yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
    12. Surat pernyataan bersedia ditempatkan di kantor Kejaksaan seluruh Indonesia di atas kertas bermaterai Rp. 6000.
    13. Surat pernyataan tidak sedang terlibat perkara pidana atau tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih serta tidak pernah terlibat kasus obt terlarang di atas kertas bermaterai Rp. 6000.
    14. Surat pernyataan siap menerima sanksi hukum berupa sanksi administrasi, pidana maupun perdata bila pada waktu melamar dengan sengaja memberikan surat keterangan atau bukti yang tidak benar.
  • Setiap pelamar harus mendaftar melalui laman https://sscn.bkn.qo.id untuk mendapatkan user dan password dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kepala Keluarga atau Nomor Kartu Keluarga (KK) untuk selanjutnya masuk pada laman selanjutnya https://rekrutmen.kejaksaan.go.id/ untuk melakukan pendaftaran. Bagi Pelamar yang sudah mendapatkan print out formulir pendaftaran, pada saat verifikasi harus datang sendiri dengan menyerahkan 2 (dua) berkas lamaran yang berisi dokumen persyaratan di atas
  • Masing-masing berkas lamaran dimasukkan dalam stopmap sesuai tingkat kualifikasi pendidikan sebagai berikut
    • S.1 Hukum (warna merah)
    • D.III (warna hijau)
    • SMU atau sederajat (warna biru)
  • Tempat Verifikasi dokumen peserta seleksi:
    • Kejaksaan Agung di Jakarta menerima pendaftaran pelamar yang memiliki KTP DKI Jakarta.
    • Kejaksaan Tinggi di seluruh Indonesia kecuali Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, menerima pendaftaran bagi pelamar yang memiliki KTP di wilayah Kejaksaan Tinggi setempat.

BACA JUGA: PERSYARATAN PENDAFTARAN CPNS POLRI 2017 DAN JUGA PENERIMAAN CPNS KEMENDIKBUD 2017

Jadwal Pendaftaran CPNS Kejagung 2017

Bagi Anda pelamar CPNS BIN mohon pantau selalu jadwal tahapan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kejaksaan Agung yang meliputi jadwal seleksi hingga jadwal pengumuman hasil seleksi.

NO. KEGIATAN TANGGAL
1 Pengumuman 5 – 19 Sept 2017
2 Pendaftaran Online (https://sscn.bkn.go.id) 11 – 25 Sept 2017
3 Verifikasi Dokumen atau Berkas Asli, Pengukuran Tingi Badan dan Pemberian Kartu Peserta Tes 26 – 29 Sept 2017
4 Pengumuman Seleksi Administrasi 03 Okt 2017
5 Seleksi Kompetensi Dasar (CAT) 9 – 20 Okt 2017
6 Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar (CAT) 23 Okt 2017
7 Seleksi Kompetensi Bidang (CAT) dan Tes Kompetensi Ketrampilan Komputer Bagi DIII dan SLTA Sederajat 25 – 30 Okt 2017
8 Tes Kesehatan, Psikotes, Wawancara 1 – 8 Nov 2017
9 Integrasi Nilai SKD dan SKB 13 – 17 Nov 2017
10 Pengumuman Kelulusan Akhir Secara Online 20 Nov 2017
11 Pemberkasan Bagi Peserta yang Dinyatakan Lulus Pada Pengumuman Kelulusan Akhir 21 Nov – 10 Des 2017

Catatan: Apabila terdapat perubahan jadwal tahapan seleksi akan diumumkan melalui laman https://rekrutmen.kejaksaan.go.id

BACA JUGA: SYARAT PENDAFTARAN CPNS KEMENTERIAN KESEHATAN 2017 DAN JUGA LOWONGAN CPNS BADAN INTELIJEN NEGARA 2017

Untuk informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai pengumuman penerimaan CPNS Kejaksaan Agung (Kejagung) tahun 2017 yang meliputi tata cara, formasi, persyaratan, jadwal dan format surat persyaratan lamaran dapat Anda kunjungi situs resmi rekrutmen.kejaksaan.go.id atau dapat Anda unduh di laman resmi BKN yakni https://sscn.bkn.go.id. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin melamar lowongan cpns di lingkungan Kejaksaan Agung tahun ini.