Cara Mengatasi Asap Putih Hitam Mio yang Tidak Normal

Cara Mengatasi Asap Putih Hitam Mio yang Tidak Normal

Cara Mengatasi Asap Putih Hitam Mio yang Tidak Normal. Sepeda motor sepertinya sudah menjadi barang pokok alias barang yang harus dimiliki oleh seseorang yang telah memenuhi syarat berkendara. Salah satu yang hits adalah Yamaha Mio. Yamaha Mio termasuk dalam varian skuter otomatis yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Mio termasuk market leader kala itu yang mengusung sepeda motor matic bahkan dengan harga purna jual yang stabil. Bila ada kendala keluar asap tak wajar misal hitam atau putih pada knalpot mio maka segera disikapi dengan standar teknik perawatan yang benar.

Cara mengatasi asap putih hitam Mio sebenarnya sudah menjadi SOP dari setiap pabrikan dengan bengkel yang ada. Bengkel resmi Yamaha memiliki standar penanganan mengenai hal tersebut. Artinya bila kita tidak ingin repot tinggal dibawa ke bengkel resmi maka selesai urusan. Hanya saja setiap orang perlu edukasi apalagi di jaman yang serba terbuka, murah, mudah, dan bisa dijangkau dewasa ini orang ingin menanganinya sendiri di rumah atau bengkel tetangga.

Sebelum menyimak penjelasan mudah cara mengatasi asap putih hitam Mio yang tak wajar perlu kiranya memahami sebenarnya varian Mio itu seperti apa. Di lihat dari latar belakangnya Yamaha Mio memang menjadi primadona permintaan pasar motor kala itu. Pasar sepeda motor di Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar nomor 3 di dunia, tetapi pangsa pasar terbesar adalah motor berkapasitas mesin kecil dengan model bebek (underbone) karakter khas Asia Tenggara.

Mengenai hal tersebut di atas memang agak kurang menguntungkan bagi produsen motor, karena kecenderungan pasar sepeda motor dunia untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil adalah jenis skuter. Alasan ini menjadi dasar dari Yamaha Indonesia untuk mencoba memopulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo pada tahun 2003, walaupun tidak begitu sukses tetapi kepeloporan Nouvo memudahkan Yamaha Mio untuk meraih sukses di kemudian hari.

Mesin full otomatis khas skuter dipasangkan di sepeda motor ini, berkapasitas 113 cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia. Transmisi otomatis menjadi poin utama dalam kampanye penjualan dengan jargon ‘otomatis dahulu’ dengan maksud untuk menunjukan kepada konsumen bahwa Mio lebih dahulu diproduksi dibandingkan saingan-saingan terberatnya, Honda Vario dan Suzuki Spin.

Masalah asap putih atau hitam yang keluar dari knalpot Mio akan menjadi informasi menarik kali ini.

Cara Mengatasi Asap Putih Hitam Mio yang Tidak Normal

Di sini ada berbagai cara mengatasi asap putih hitam mio yang bisa Anda gunakan sebagai referensi dalam memperbaiki kendaraan kesayangan Anda.

Mengatasi Asap Putih Mio

Cara mengatasinya bisa dengan berbagai cara , mulai dari mengganti beberapa part yang memang sudah aus , bisa juga dengan cara memperbaikinya sendiri. Berikut adalah 10 cara mengatasi motor berasap putih :

1. Bersihkan Knalpot

Hal ini karena knalpot yang kotor juga akan mempengaruhi hasil gas buang yang di keluarkan dari knalpot kita. Cara membersihannya bisa menggunaan cairan khusus yang di jual di bengkel atau juga bisa menggunakan oli yang di masukan kedalam knalpot.

2. Lakukan Pengecekan Cek Ring Piston

Pada masalah in terdapat pada ringpiston yang memang sudah aus, kondisi ringpiston sudah tidak bekerja dengan optimal dimana fungsi ring piston sudah tidak bisa membantu Mencegah kebocoran campuran udara dan bahan bakar .

3. lakukan Pengecekan Piston

Seperti masalah sebe,umnya pada ring piston yang aus, hanya saja hal ini adalah part yang lebih besar yaitu piston yang memang sudah aus. cara ceknya yaitu apabila volume oli  selalu berkurang , kita sudah wajib cek sparepart mulai dari piston. Karena apabila piston aus akan membuat oli rembes dan masuk keruang bakar yang menyebabkan mengeluarkan asap.

4. Cek Botol Klep

Part selanjutnya yang harus kita cek adalah bagian botol klep. Biasanya botol klep yang memang sudah berumur alias sudah aus akan longgar dan menimbulkan celah yang dimana akan menyebabkan keluarnya asap berwarna putih dari dalam knalpot.

5. Lakukan Pengecekan Tiang payung klep

Hampir sama dengan botol klep yang aus , tiang payung klep yang tidak dalam performa yang baik dan juga tidak dalam kondisi yang masimal akan membuat oli akan rembes dan juga menyebabkan motor mengeluarkan asap. Bahkan dalam beberapa kondisipun tidak menutup kemungkinan akan ada masalah lain apabila tiang payung klep tidak segera di tangani.

6. Cek Klep

Cara mengatasi motor berasap selanjutnya adalah dengan cara mengecek klepnya. Biasanya terdapat kerak-kerak yang menempel pada klep yang membuat klep mengalami kebocoran . Bocornya klep akan memberikan jalan kepada oli untuk masuk  kedalam ruang bakar yang akan membuat motor mengeluarkan asap berwarna putih.

7. Cek kondisi seal klep

Spare part yang harus kita cek selanjutnya adalah seal klep,  dimana seal klep biasanya sudah tida lentur lagi alias sudah keras karena beberapa penyebab seperti terlalu panas motor kita dan juga seal klep yang sudah aus akan membuat seal klep tidak berfungsi dengan baik dimana fungsi seal klep untuk penghalang atau pembatas agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar. Apabila oli masuk ke dalam ruang bakar sudah di pastikan akan menimbulan asap pada knalpot.

8. Ganti Oli

Faktor olipun ikut berpengaruh besar dalam penyebab keluarnya asap di knalpot. Biasanya oli yang sudah lama tidak di ganti akan menimbulkan beberapa penyakit motor seperti keluarnya asap lewat knalpot. Oleh karena itu gantilah oli secara berala antara 2 bulan sekali atau setiap 1500km sekali agar oli tetap prima dan maksimal dalam melumasi bagian terdalam mesin mtoro kita.

9. Linner / silinder

Dalam hal ini linner atau silinder memang bukan faktor satu-satunya yang akan membuat motor kita mengeluarkan asap . akan tetapi apabila linner/silinder memang  sudah memasuki masa nya akan membuat kinerja mesin lainya akan berkurang dan bisa jadi penyebab keluarnya asap di knalpot.

10. Faktor Usia Motor

Untuk kasus yang seperti ini memang sudah sulit untuk kita perbaiki karena rata-rata motor yang sudah berumur selalu saja mengeluarkan asap di motornya. Banyak kemungkinan yang terjadi tapi yang paling memungkinkan adalah banyaknya kerak dan juga kotoran di saluran pembuangan ataupun saluran oli yang membuat motor mengeluarkan asap berwarna.

Mengatasi Asap Hitam Mio

Asap hitam ini bisa berupa tipis maupun pekat. Hal ini terkadang beberapa motor juga bisa mengeluarkan asap hitam mirip asap pembakaran barang-barang rongsok di dirumah. Silakan cek dan temukan solusi mengatasi asap hitam pada Mio.

1. Area Ruang Bakar Berkerak

Kondisi ini memiliki latar belakang pada tempat berkumpulnya bahan untuk dikonversi menjadi tenaga. Area ini tentu banyak sekali bahan bahan yang tercampur disini yang berubah menjadi tenaga dengan cara di bakar. Karena cara di bakar ruang bakar ini jika di gunakan dengan skala panjang akan menimbulkan kerak bekas pembakaran ataupun timbunan karbon. Hal itu lah yang akan menjadi penyebab knalpot kita mengeluarkan asap hitam.


  • Solusinya buka mesin dan bersihkan

2. Filter Angin Terlalu Kotor

Sebab lainnya asap menghitam adalah alat filter udara sangat kotor. Fungsi dari filter udara adalah menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang pembakaran. Jika melihat dari namanya adalah filter udara , pasti akan banyak kotoran yang menempel di filter ini. Apabila banyak kotoran menempel di rongga filter tempat masuknya udara, sudah di pastikan udara akan susah masuk ataupun terhalang oleh kotoran  dan mempengaruhi banyak sedikitnya supply udahda ke dalam ruang bakar yang mengakibatkan bahan bakar tidak di bakar dengan baik dan keluar lewat kenalpot dengan mengeluarkan asap hitam.

  • Solusinya diganti baru atau dibersihkan

3. Busi Aus

Busi adalah pemantik sumber pengapian di motor merupakan peran penting dalam siklus pembakaran di ruang bakar. Apabila busi memantikan bunga api yang kurang baik juga akan membuat pembakaran yang tersendat dan kurang maximal. Oleh karena itu busi yang baik sangat di butuhkan motor agar pengapian lebih baik . Tidak hanya busi yang sudah aus, terkadang posisi busi yang tidak pas baik itu renggang , kurang pas atau kurang padat juga mempengaruhi terhadap si pengapian motor. Gantilah secara berkala busi jika sudah aus untuk menangani penyebab motor bisa berasap hitam.

  • Solusinya diganti baru

4. Spuyer Sudah Aus

Pada kasus ini namanya spuyer aus dimana lubang spuyer atau main jet sudah saatnya diganti. Hal ini karena sudah tidak bisa bekerja secara baik berakibat pada  aliran bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran terlalu banyak atau berlebihan.

  • Solusinya diganti baru

5. Kondisi Klep Masuk Bocor

Klep bocor jelas akan mengganggu pengaturan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran saat diolah menjadi tenaga. Apabila si klep masuk ini bocor atau rembes akan mengakibatkan bahan bakar di dalam ruang bakar tidak dalam proporsinya alias kebanyakan. Bahan bakar yang terlalu banyak di ruang bakar tidak akan terolah dengan baik dan langsung di keluarkan melalui klep out ke knalpot yang membuat knalpot akan  mengeluarkan asap berwarna hitam.

  • Solusinya perbaikan bocor atau diganti baru

Simak Juga:

Dengan mengetahui cara mengatasi asap putih hitam mio akan membuat Anda semakin yakin dalam reparasi motor sendiri atau milik orang lain. Lakukan pekerjaan sebaik mungkin sehingga kepuasan pelanggan dalam bengkel Anda mendapatkan bintang 5 misalnya.

Lakukan garansi servise bila memang dibutuhkan dalam dunia jasa perbengkelan. Sukses selalu.



cara mengatasi satria mrngeluarkan asap putih