Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis

Solusi Dan Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis

Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis ...

Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis. Apa penyebab keluar asap putih saat motor dipanaskan? Bagaimana solusi tepat ketika knalpot mengeluarkan asap putih tipis. Banyak orang belum faham dan menimbulkan reaksi panik dan kebingungan kenapa motor yang dipanaskan pada pagi hari pada knalpot ngebul asap putih. Sobat gingsul tak perlu takut karena knalpot yang berasap putih juga bisa disebabkan oleh hal yang tak perlu dikuatirkan? Kali ini tim Gingsul akan memberikan tips dan solusi supaya kanlpot tidak keluar asap putih lagi saat dipanaskan. Baca: Daftar Harga Knalpot Honda CBR150R.

Asal sobat tahu jika asap atau kebulan tersebut tercipta karena hasil dari pembakaran yang terjadi didalam mesin. Permasalahan sepeda motor yang berasap yang mana biasanya banyak dijumpai pada mesin sepeda motor 4 tak untuk semua merek. Nah, perbedaan antara sepeda motor 4-tak beda merek hanya terletak pada bentuk bodynya saja, sedangkan untuk sistem kerjanya semuanya adalah sama.

Baiklah sebagai langkah awal mari kita lakukan diagnosa sekaligus proses perbaikan pada motor 4 tak yang berasap. Tujuan dari langkah awal ini supaya sobat GS bisa dengan mudah mempraktekan cara memperbaiki motor yang berasap. Hal penting yang bisa kita pelajari dari proses perbaikan motor yang berasap adalah agar bisa mengantisipasinya suatu saat nanti terjadi hal itu lagi.

Sebaiknya sobat juga perlu menyimak tips otomotif lainya seperti Cara Membersihkan Karburator Kawasaki Ninja 150RR.

Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis

1. Ring piston mengalami keausan

Inilah penyebab paling umum yang bisa simpulkan adalah kondisi ring piston yang sudah tidak stsobatr. Ring piston terbagi menjadi dua macam, yaitu ring kompresi dan ring oli. Ring kompresi yang fungsinya memaksimakan tekanan kompresi mesin, sementara ring oli berfungsi mencegah oli dari ruang engkol masuk ke ruang bakar.

Nah, jika kedua ring ini mengalami keausan, bisa jadi oli dari dalam ruang engkol bisa masuk ke dalam ruang bakar. Akibatnya keluar asap negbul (putih) dari dalam knalpot motor. Jika kita tidak tahu maka akan langsung panik karena akan diikuti gejala lain yang mengikutinya seperti tenaga mesin yang berkurang atau mesin sulit dihidupkan dipagi hari.

Baca juga: Daftar Harga Knalpot Akrapovic Terbaru.

Solusi tepat untuk mengatahi hal tersebut adalah dengan mengganti satu set ring yang lokasinya di jantung mesin, jika sobat GS bisa membongkar sendiri lakukan penggantian dengan benar namun jika belum terampil dalam bingkar pasang mesin bisa membongkarnya di bengkel terdekat.

2. Linner/silinder mesin mengalami keausan

Jika problem pertama belum juga mengatasi maka ada penyebab lain yang perlu di cek. Bisa jadi malah dinding silinder atau linnernya aus. Jika keausan ini berlanjut maka oli mesin dapat dengan mudah masuk kedalam ruang bakar.

Gejala ini sering disebut loss power dan mesin susah hidup saat dingin juga akan sobat temui ketika dinding silinder mulai aus. Cara mengatasi keausan dinding silinder ini, sobat perlu melakukan bore up. Atau membubut ulang linner silinder. bahasa bengkelnya, motor sobat harus turun mesin.

3. Seal Katup mengalami kebocoran

Kemungkin penyebab motor ngebul yang ketiga adalah katup atau valve berfungsi sebagai pintu yang bertugas memasukan udara untuk pembakaran mesin dan mengatur pembuangan gas sisa pembakaran mesin (intake dan exhaust) bocor.

Posisi katup ini tempatnya berada diatas ruang BBM dan pangkal katup ditempatkan pada kepala silinder yang dipenuhi oli mesin. Biasanya seal yang dijadikan pencegah agar oli tidak mengalir kebagian bawah katup. Tapi lain ceritanya jika seal ini pecah atau getas.

4. Pengaruh knalpot

Perkiraan penyebab motor yang berasap putih ke empat yaitu bisa jadi masalah knalpot itu sendiri. Ada jenis knalpot memang memiliki sistem yang dapat menyemprotkan oli ke dalam knalpot khsusunya knalpot racing agar knalpot dapat bertahan pada suhu tinggi. Hasilnya oli yang disemprotkan didalam gas sisa pembakaran itu akan terbakar karena suhu gas exhaust yang cukup tinggi. Sehingga knalpot akan mengeluarkan asap putih.

Simak Juga:

Demikian informasi otomotif hari ini, semoga dengan membaca Penyebab dan Cara Mengatasi Motor Berasap Putih Tipis diatas mampu menambah pengetahuan bersama.



Loading...
motor keluar asap putih tipis, penyebab motor berasap tipis, motor keluar asap putih saat dipanaskan, cara menghilangkan asap motor, asap motor putih tipis, motor ngebul tipis, motor berasap ketika mesin dingin, mesin dingin motor skydrive, Mengatasi motor ngebul, knalpot motor berasap putih tipis, cara perbaiki mixer kue yang ngebul, cara menghilangkan asap motor SkyDrive, cara hilang adap motor sementara, penyebab motor mengeluarkan asap putih tipis