Cara Memperbaiki Aki Mobil Soak dan Penyebabnya



Cara Memperbaiki Aki Mobil Soak

Aki pada motor maupun mobil berfungsi untuk menyalakan mesin atau instrumen lainnya seperti AC, audio, maupun penerangan pada kendaraan tersebut. Jika aki basah Anda rusak sebaiknya perbaiki dengan cara mudah berikut ini.

Ada dua jenis macam aki yang terpasang pada kendaraan yakni aki basah dan aki kering. Aki akan mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jika aki soak biaya untuk memperbaiki nya tidaklah murah.

Apakah aki mobil bisa diperbaiki? Aki adalah sebuah komponen penting dalam sebuah kendaraan, termasuk mobil. Saat aki mengalami rusak atau soak  maka kendaraan kesayangan sobat tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Jika hal ini terjadi maka tidak ada cara lain selain memperbaikinya sendiri sebelum pergi ke bengkel.

Agar mobil bisa berjalan kembali sobat mempunyai alternatif dengan memperbaiki atau pergi ke bengkel resmi. Lalu bagaimana cara memperbaiki aki mobil yang rusak? ada beberapa cara dan tahapan ketika sobat melakukan reparasi aki soak sendiri.

Penyebab Aki Mobil Rusak

Ketahui kenapa aki dapat rusak atau soak dengan mengetahui beberapa penyebabnya sebelum fatal. Pertanyaan yang sering muncul yakni penyebab aki pada mobil sobat mengalami kondisi yang demikian. Saran kami jika sobat menggunakan aki basah jika malas melakukan perawatan pada aki atau juga jarang melakukan pengecekan terhadap ketinggian air aki.Berikut beberapa penyebab aki mobil soak

1. Mobil Jarang Digunakan
2. Tingginya Intensitas Penggunaan Mobil
3. Kecilnya Ampere Aki Mobil
4. Penambahan Aksesoris Mobil

Cara perawatan aki basah tidaklah terlalu sulit. Jika aki dirawat dengan baik bukan tidak mungkin kendaraan Anda berjalan dengan baik. Jika aki basah rusak, ada beberapa alternatif untuk memperbaiki nya sendiri.

Baca Juga:

Jangan beli aki basah baru dulu apabila anda masih bisa diperbaiki. Harga aki mobil tidaklah murah, jadi sebaiknya melakukan maintenance dengan baik supaya tidak ada pengeluaran biaya beli aki.

Cara Memperbaiki Aki Mobil

Perlu Anda ketahui jika memperbaiki aki basah lebih mudah daripada memperbaiki jenis aki kering. Jika Anda berminat memperbaiki aki basah sebaiknya persiapkan beberapa alat seperti obeng, sarung tangan, masker, air panas, air bersih, corong kecil, serta air aki zuur atau air aki yang tutupnya berwarna merah.

1. Buka aki dari tempatnya

2. Buka tutup aki menggunakan obeng.

3. Sebelum membuang air aki, sebaiknya Anda menggunakan sarung tangan dan masker untuk keamanan diri. Sarung tangan bisa mengurangi resiko terkena air aki yang bisa menyebabkan iritasi. Sedangkan masker untuk menutupi hidung karena bau air aki sangat menyengat.

4. Buah seluruh air aki dan bersihkan sisa-sisa elektrolit menggunakan air panas.

Bilas menggunakan air biasa. Lakukan kedua langkah ini berulang-ulang hingga seluruh elemen aki bersih.

6. Balik aki dan biarkan sekitar 15 menit hingga tidak ada air yang tersisa.

7. Isi aki dengan air zuur sampai batas maksimal.

8. Isi daya aki hingga penuh. Disarankan menggunakan pengisi daya denan aliran kecil agar lebih stabil dan tahan lama. Biasanya proses pengisian daya ini cukup lama, bisa semalaman.

9. Apabila pengisian daya selesai, aki basah yang sudah rusak sudah siap digunakan kembali.

Pada kesempatan sebelumnya laman Gingsul.com telah membahas seputar Harga Ban IRC dan Harga Suzuki New Ertiga Hybrid. juga Beberapa pakar otomotif menyarankan, sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan, minimal mengecek kondisi air aki agar pemakaian lebih awet.