Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya



Manfaat Masker Kopi Dan Cara Membuatnya

Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya. Kopi sangat cocok diminum bagi mereka yang sering begadang tujuannya adalah menghilangkan rasa kantuk. Ternyata manfaat kopi tidak hanya mampu mengusir rasa kantuk saja namun kopi memiliki manfaat yang luar biasa untuk kecantikan wajah.

Kopi sering digunakan untuk membuat minuman. Rasa dari kopi yang begitu khas membuat minuman ini digandrungi oleh para penggemarnya. Rasa pahit dari kopi mampu mengusir kantuk.

Dalam kopi terkandung antioksidan yang cukup tinggi seperti flavanoid dan juga polifenol maka kopi dignakan dalam dunia kecantikan untuk dijadikan masker. Zat-zat tersebut terbukti ampuh dalam mencegah serangan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti kulit kusam, kering, penuaan dini dan masih banyak lagi masalah kulit lainnya.

Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong. Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian, biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.

Sejarah mencatat bahwa penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat dan berenergi pertama kali ditemukan oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.[butuh rujukan] Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Disamping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

Manfaat Masker Kopi dan Cara Membuatnya

Untuk perawatan wajah jenis kopi yang digunakan yaitu jenis bubuk kopi murni, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal. Selain itu kandungan yang ada didalamnya belum tercampur dengan bahan lain.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat masker kopi untuk wajah, diantaranya yaitu

  • Mencerahkan kulit wajah yang kusam. Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kopi mampu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah yang disebabkan oleh radikal bebas, sehingga kulit wajah akan tampak cerah dan bersih jika dilakukan secara rutin dan teratur.
  • Dapat mengontrol minyak berlebih. Masker kopi juga sangat bermanfaat untuk mengontrol kandungan minyak berlebih
  • Menghaluskan dan melembutkan kulit. Kopi dapat berfungsi sebagai scrub wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut.
  • Mengecilkan pori-pori kulit
  • Menghilangkan jerawat
  • Mengatasi masalah komedo
  • Menyamarkan noda bekas jerawat

Cara membuat masker kopi
Masker kopi sudah digunakan sejak dulu, sehingga khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi dalam mengatasi masalah kulit. Selain itu, banyak produk-produk kecantikan kulit yang menggunakan bahan kopi ini.

Untuk membuat masker kopi dan dilakukan dengan 3 cara, diantaranya yaitu :
Lakukan pemaskeran dengan menggunakan ampas kopi. Cara ini sangat ampuh dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk, sehingga kulitwajah akan tampak lebih bersih dan cerah.

  1. Sebelum mandi, siapkan ampas kopi secukupnya lalu maskerkan pada kulit wajah secara merata sambil digosok perlahan dan di lakukan pemijatan secara lembut. Lakukan selama 10 menit dan diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah anda. Lakukan secara rutin 2-3 kali seminggu.
  2. Anda dapat memberikan campuran 1 butir putih telur, lalu campur dan aduk hingga kedua bahan tercampur merata. Basuh terlebih dahulu kulit wajah dengan menggunakan air hangat, lalu oleskan masker yang telah disediakan sambil digosok-gosokan secara perlahan. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin.
  3. Anda dapat menambahkan madu secukupnya, lalu gunakan seperti cara diatas. Hal ini dikarenakan, masker madu memiliki nutrisi yang baik untuk melembabkan dan melembutkan kulit wajah. Setelah itu, diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat, lalu diulangi kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori kulit yang terbuka akibat air hangat. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap malam 2-3 kali seminggu.

Ulasan diatas merupakan manfaat masker kopi dan cara membuatnya serta cara menggunakan masker kopi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga ulasan diatas bermanfaat, selamat mencoba.