Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah pecah Dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Dengan Bahan Alami. Salah satu gangguan mulut yang sering membuat kurang percaya diri yaitu bibir kering dan pecah-pecah. Bagi sebagian orang hal tersebut sangat mengganggu aktivitas serta mengganggu penampilan. Terlebih bagi mereka yang memeiliki kulit bibir yang sensitif terhadap kulit kering.

Kebanyakan orang mengira bahwa bibir pecah-pecah hanya muncul saat musim panas atau musim kemarau. Padahal, bibir pecah-pecah bisa juga dialami saat musim hujan. Lantas apa penyebab kulit bibir kering dan pecah-pecah?

Sebelum mengetahui lebih lanjut bagaimana menyembuhkan bibir pecah-pecah, sebaiknya anda ketahui dulu apa saja penyebab yang bisa membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang bisa memicu timbulnya bibir kering dan pecah-pecah:

  • Salah satu penyebab utama bibir menjadi kering serta pecah-pecah adalah kekurangan asupan cairan pada tubuh atau dehidrasi
  • Pengaruh polusi udara yang buruk. Banyaknya polusi udara yang ada disekitar lingkungan anda juga merupakan salah satu penyebab utama yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan disertai pecah-pecah.
  • Kurangnya mengonsumsi buah-buahan maupun sayur-sayuran. Kurang mengonsumsi makanan sumber nutrisi dan vitamin seperti buah-buahan dan sayuran juga menjadi salah satu penyebab mengapa bibir anda bisa menjadi kering dan pecah-pecah.
  • Perubahan suhu lingkungan yang ekstrim. Perubahan suhu lingkungan yang terlalu cepat misalnya perubahan cuaca dingin yang menjadi panas secara ekstrim juga bisa memicu bibir menjadi pecah-pecah dan menjadi kering.
  • Memiliki kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan buruk tersebut misalnya seperti menjilat bibir, menggigit bibir, serta membasahi bibir dengan air liur sendiri
  • Pola makan yang buruk. Beberapa kebiasaan pola makan yang buruk tersebut diantaranya seperti terlalu sering mengonsumsi makanan yang terlalu pedas atau terlalu asin.
  • Alergi terhadap kosmetik tertentu. Alergi terhadap beberapa jenis kosmetik seperti lipstik tertentu juga akan memicu bibir menjadi kering serta pecah-pecah.
  • Penggunaan pasta gigi tertentu. Penggunaan beberapa jenis pasta gigi tertentu yang banyak mengandung bahan deterjen dan kandungan flourida juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering serta pecah-pecah karena kelembapan bibir menjadi berkurang.

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah Dengan Bahan Alami

Beberapa kebiasaan buruk diatas yang menjadi penyebab mulut kering dan pecah-pecah bisa anda hindari dan mulailah dengan pola hidup sehat. Namun bagi anda yang sering merasakan bibir pecah-pecah atau bibir kering sebaiknya lakukan beberapa hal seperti tersebut dibawah ini yang terangkum dalam cara mengatasi bibir kering dan peca-pecah.

Kurangi Kebiasaan Menjilat Bibir

Meski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang mengalami kekeringan, ternyata menjilati bibir justru memperburuknya. Cepatnya air liur menguap menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum dijilat. Jika menjilati bibir disebabkan pemakaian lips balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya dihindari.

Gunakan Pelindung Bibir

Memakai lips balm bertabir surya saat cuaca kering dan dingin membuat bibir mendapat perlindungan optimal dari pengaruh cuaca. Semakin sering beraktivitas di luar ruangan, semakin sering pula kebutuhan menggunakan pelindung bibir.

Hindari Pemicu Alergi

Sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang bisa memicu alergi. Sebagian orang rentan alergi terhadap produk parfum, pewarna, kosmetik, atau produk perawatan kulit.

Jaga Tingkat Hidrasi

Untuk menjaga kelembapan pada bibir, minumlah air putih yang banyak agar tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi. Jika perlu, pasanglah pelembap udara di ruangan agar kelembapannya tetap terjaga.

Bernapas Melalui Hidung

Beberapa orang mungkin lebih suka bernapas memakai mulut daripada hidung mereka. Kebiasaan bernapas dengan mulut ini sebaiknya dihindari karena dapat memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

Batasi Makanan Pedas Dan Asam

Beberapa makanan yang memiliki rasa pedas dan asam berlebih sebaiknya dikurangi karena bisa menimbulkan iritasi pada bibir. Jika sudah mengalami bibir pecah-pecah, tidak mengonsumsi makanan pedas dan asam akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Hindari Pemakaian Obat-Obatan Tertentu

Beberapa obat mungkin menimbulkan efek samping berupa bibir pecah-pecah. Obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, cemas berlebih, alergi, rasa nyeri, jerawat, dan masalah penapasan bisa menyebabkan bibir pecah-pecah. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti hal tersebut. Jika sangat mengganggu, Anda bisa mempertimbangkan alternatif obat lain.

Demikian beberapa cara mengatasi bibir kering dan peca-pecah yang bisa anda aplikasikan untuk mencegah dan mengatasi bibir kering anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk anda dan membantu anda yang sedang terkena bibir kering ataupun bibir pecah-pecah.



bibir animasi