Cara Membuat Fondant Dengan Menggunakan Gelatin

Cara Membuat Fondant Dengan Menggunakan Gelatin

Cara Membuat Fondant Dengan Menggunakan Gelatin. Ada banyak cara membuat fondant. Cara mudah membuat fondant dengan menggunakan gelatin dipilih karena lebih ekonomis. Fondant merupakan bahan yang digunakanuntuk menghias kue. Pada artikel sebelumnya kami mengulas mengenai Cara Membuat Fondant Marshmallow.

Gelatin merupakan serbuk yang berasal dari lemak binatang. Anda bisa memilih gelatin yang halal untuk membuat fondant karena ada bermacam-macam gelatin, untuk itu jelilah dalam memilih gelatin yang halal.

Cara membuat fondant dengan menggunakan gelatin memang sangat mudah. Bahan yang digunakan juga mudah didapat anda bisa menemukan bahan membuat fondant pada toko perlengkapan kue.

Cara Membuat Fondant Dengan Menggunakan Gelatin

Bagi anda yang sudah penasaran dan ingin mencoba membuat fondant dari gelatin berikut akan kami ulas lebih lengkap cara membuat fondant dengan gelatin.

Bahan Membuat Fondant Gelatin

  • Gula bubuk sebanyak 1 kilogram.
  • Gelatin bubuk (pilih yang telah mendapatkan label halal dari MUI) sebanyak 10 gram.
  • Gliserin sebanyak 6 mililiter. Bahan yang satu ini bisa dibeli di toko kue pun apotik. Ia merupakan pemanis buatan yang aman dikonsumsi manusia.
  • Sirup gula sebanyak 120 mililiter. Anda juga pada dasarnya bisa membuatnya sendiri, caranya cukup masak gula pasir sebanyak 100 gram bersama dengan 80 mililiter air. Masak hingga gula kemudian larut bersama air.
  • Air dingin sebanyak 60 mililiter.
  • Tetes Aroma bisa pisang, vanilla, zitrone atau sesuai dengan selera Anda. Untuk resep fondant ini, hanya dibutuhkan 5 tetes saja.
  • Tepung maizena, secukupnya.
  • Garam bubuk sebanyak ΒΌ sendok teh

Cara Membuat Fondant

  1. Pertama, gelatin bubuk yang telah disiapkan dituang ke dalam wadah dan kemudian ditambahkan air sebanyak 60 mililiter tadi dan diamkan hingga gelatin menyerap air tersebut.
  2. Selanjutnya, sirup gula yang sedang dalam keadaan hangat di masukkan ke dalam gelatin bersama dengan gliserin sebanyak 6 mililiter, tetes aroma sebanyak 5 kali dan juga garam bubuk secukupnya. Aduk semua bahan tersebut hingga rata sempurna. Diamkan cairan ini hingga dingin.
  3. Langkah berikutnya adalah menambahkan gula bubuk. Caranya, tuang gula bubuk pada wadah yang lebar (di meja yang untuk uleni juga bisa). Pada tengah bubuk gula tersebut dibuat sebuah lingkaran. Kemudian, cairan gliserin dan bahan lain yang dibuat pada langkah sebelumnya dituangkan tepat di tengah gula bubuk tersebut. Pastikan Anda meratakan cairan tersebut dengan gula memakai spatula atau scrabber. Jangan pakai tangan sebab akan lengket dan juga kurang steril.
  4. Langkah terakhir adalah menambahkan tepung maizena sedikit demi sedikit pada campuran di langkah sebelumnya. Jangan terlalu lembek dan juga terlalu keras. Setelah jadi, adonan (yang disebut fondant) tersebut sebaiknya dibentuk bulatan dan dibungkus dengan plastik. Seimpan di dalam ruangan dengan suhu normal semalaman penuh. Keesokan harinya, fondant Anda sudah siap digunakan.

Demiian tadi cara membuat fondant dengan menggunakan gelatin yang bisa kami berikan. Anda bisa mencoba dirumah untuk menambah kreatifitas anda. Anda juga bisa mencoba resep lain seperti Aneka Resep Kue Kering Terbaru atau Cara Membuat Kue Talam Original.