Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman, gambar

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman ...

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman. Bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?alat apa yang digunakan untuk membersihkan telinga?bagaimana klau telinga jarang dibersihkan?. Telinga merupakan salah satu dari indra kita yang wajib kita jaga kebersihan dan kesehatannya. Karena setiap orang memiliki jenis kotoran yng berbeda. Cara membersihka telingapun juga berbeda, ada yang harus menggunakan tetes telinga, menggunakan pembersih telinga khusus atau harus mengunjungi dokter THT.

Sebenarnya bagi sebagian orang tidak perlu membersihkan telinga karena telinga sudah memilki mekanisme tersendiri untuk mengeluarkan kotoran yang ada didalam telinga. Melalui gerakan mengunyah, berbicara dan gerakan lainnya kotoran yang ada dalam telinga dapat terdorong keluar.

Namun lubang telinga yang begitu kecil terkadang kotoran yang terdesak melalui gerakan mengunyah, berbicara atau gerakan yang lainnya tidak dapat keluar dengan sempurna yang akhirnya malah menghambat.

Cara Membersihkan Telinga Yang Benar dan Aman

Meskipun telihat sangat menjijikkan ternyata kotoran dalam telinga mempunyai fungsi yang sangat besar. Fungsi utama dari kotoran telinga tersebut antara lain menghalangi debu atau partikel kecil yang mengganggu dan terkadang membuat telinga terinfeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kotoran telinga bertugas sebagai bakterisida yang mampu menghalangi pertumbuhan beberapa jenis bakteri yang merugikan. Ternyata meskipun terkesan sangat menjijikkan kotoran telinga memiliki tugas yang sangat besar dalam menjaga telinga dari bakteri.

Baca Juga:

Penyumbatan yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang biasanya dikarenakan lubang telinga yang terlalu kecil. Meskipun telinga memiliki mekanisme pengeluaran kotoran telinga namun apabila lubang telinga terlalu kecil maka kotoran tidak akan mampu dikeluarkan secara sempurna yang akhirnya menyumbat.

Tidak hanya itu saja, sumbatan saluran telinga juga dapat disebabkan upaya membersihkan yang kurang tepat. Misalnya, menggunakan cotton buds atau penjepit rambut. Pembersihan telinga dengan menggunakan cutton bud ini justru dapat mendorong kotoran telinga masuk lebih dalam, bahkan dapat memicu cedera pada telinga. Mengingat organ dalam telinga yang sangat sensitif.

Kondisi lain yang mampu menjadi pemicu terjadinya penyumbatan telinga antara lain:

  • Penggunaan alat bantu dengar atau penyumbat telinga (earplug). Hal ini dapat meningkatkan jumlah kotoran telinga.
  • Terlalu banyak rambut pada saluran telinga.
  • Pernah mengalami penyumbatan saluran telinga akibat kotoran telinga sebelumnya atau infeksi telinga.
  • Memiliki kondisi kulit tertentu.
  • Mengidap osteomata yaitu pertumbuhan tumor non-kanker di bagian luar saluran telinga.
  • Sering melakukan olahraga renang.
  • Lanjut usia. Semakin usia bertambah, kotoran telinga akan semakin kering dan keras sehingga risiko penyumbatan lebih tinggi.

Seperti yang telah dilansir aladokter.com, Ada beberapa metode yang aman untuk membersihkan telinga dan mengatasi penyumbatan akibat kotoran telinga yang dapat dilakukan.

  1. Pertama, menggunakan obat tetes telinga yang dapat dibeli bebas agar kotoran telinga lebih mudah dikeluarkan. Baca dosis dan cara pemakaian pada label. Umumnya perlu didiamkan sekitar 5 menit setelah diteteskan ke dalam telinga dengan memiringkan kepala, lalu biarkan cairan tersebut keluar dengan kembali ke posisi kepala normal.
  2. Metode selanjutnya, menggunakan syringe berbentuk bulat yang dapat mengantarkan air hangat ke dalam telinga. Untuk mencegah rasa pusing, gunakan air sesuai suhu tubuh. Metode ini juga tidak dapat dilakukan pada seseorang yang memiliki atau diduga memiliki gangguan berupa lubang pada gendang telinga.
  3. Sementara itu, metode ear candle hingga saat ini tidak direkomendasikan karena dapat menimbulkan risiko cedera pada telinga. Misalnya, terbakarnya saluran telinga atau telinga bagian luar, serta mengakibatkan lubang pada gendang telinga.
  4. Harus diingat, untuk mengeluarkan sumbatan kotoran telinga dengan alat tertentu secara manual, sebaiknya dilakukan oleh dokter atau ahli medis lainnya.
  5. Berhati-hatilah saat membersihkan telinga. Gunakan cotton buds hanya untuk membersihkan telinga bagian luar. Segera konsultasi dengan dokter untuk sumbatan kotoran telinga yang mengganggu.

Selalu jaga kebersihan telinga agar telinga tetap sehat jah dari infeksi yang sangat menjijikkan. karena telinga meruan indra pendngaran yang mempunyi fungsi sangat banyak bagi kehidupan.



Loading...