Kue Kering Lebaran 1439H: Kukis Kincir Ara Sensasi Buah Tinnya Ngena Banget

Kue Kering Lebaran 1439H Kukis Kincir Ara Sensasi Buah Tinnya Ngena Banget

Kue Kering Lebaran 1439H: Kukis Kincir Ara Sensasi Buah Tinnya Ngena Banget ...

Kue Kering Lebaran 1439H: Kukis Kincir Ara Sensasi Buah Tinnya Ngena Banget. Kukis kincir ara, Cara mudah membuat kukis kincir ara, cara membuat kukis kincir ara tanpa mixer. Camilan yang satu ini masih terdengar sangat baru. Sobat pasti beranggapan bagaimana bentuk dan rasa kue kering yang stu ini. Dari namanya terdengar aneh namun sangat membuat penasaran bagi yang mendengarnya.

Kukis kincir ara merupakan kue kering kekinian yang menggunakan buah tin dalam bahan bakunya. Sobat pasti sudah mengenal buah tin yang memiliki banyak sekali manfaat serta khasiat bagi tubuh sobat semua. Kalori yang terkandung dalam buah tin memang sangat banyak. Tak heran bila kue kering yang satu ini tahun ini menjadi primadona karena selain rasanya yang sangat enak juga banyak manfaat untuk tubuh.

Bahan untuk membuat kukis kincir ara hampir sama dengan bahan membuat kue lainnya. Hanya saja penambahan buah tin pada selai serta campuran aneka jus segar yang membuat kue kering yang satu ini sedikit berbeda. Cara membuat kukis kincir ara juga terbilang sangat mudah dan praktis.

Kukis Kincir Ara Sensasi Buah Tinnya Ngena Banget

Bagi sobat yang sudah penasaran dengan cara membuat kukis kincir ara sensasi buah tinnya ngena banget berikut akan kami berikan resep dan cara membut kukis kincir ara yang nikmat banget.

Cara Membuat Kukis Kincir Ara

Bahan Membuat Kukis Kincir Ara :

  • 250 gram tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh garam kasar
  • ½ sendok teh baking soda
  • 230 gram mentega tawar, kocok sebentar hingga lembut
  • 50 gram gula pasir
  • 50 gram brown sugar
  • 2 butir telur
  • 290 gram buah ara/buah tin kering, buang tangkainya
  • 4 ons kismis kuning
  • 240 mL jus apel siap pakai
  • 240 mL jus jeruk siap pakai

Cara Membuat :

Membuat Campuran Tepung :

  1. Pertama-tama campurkan tepung, garam dan baking soda dalam satu wadah.
  2. Kemudian campur mentega dan gula, kocok dengan mixer berkecepatan sedang hingga lembut selama 3 menit. Tambahkan telur, turunkan kecepatan mixer, dan masukkan adonan tepung sedikit-demi sedikit ke dalam adonan mentega.
  3. Bagi adonan menjadi dua dan bungkus dengan plastik. Masukkan ke dalam lemari es selama 1 jam atau semalaman hingga padat.
  4. Ambil satu bagian adonan, letakan di atas kertas yang sudah ditaburi tepung.
  5. Giling hingga membentuk persegi berukuran 25 x 30 cm persegi, ratakan pinggiran dengan pisau. Ulangi dengan satu bagian adonan lainnya. Letakkan tiap adonan persegi di atas loyang atau kertas perkamen, dinginkan dalam lemari es selama 30 menit.

Membuat isi :

  1. Masukkan ara, kismis, dan jus ke dalam panci. Panaskan di atas api sedang hingga berbuih. Turunkan panas, aduk-aduk selama 25 menit hingga melembut dan airnya tinggal sedikit. Dinginkan, masukkan ke dalam food processor, lumat hingga lembut.
  2. Bagi dua adonan isi, ambil satu bagian dan oleskan di atas adonan persegi. Lakukan dengan satu bagian adonan persegi lainnya.
  3. Gulung adonan hingga membentuk seperti batang. Bungkus setiap batang dengan plastik, dinginkan dalam lemari es hingga mengeras selama 1 jam atau semalaman.
  4. Panaskan oven hingga 180 derajat celcius. Potong adonan yang telah digulung dengan pisau tanjan, dengan ketebalan 0,5 cm. Letakkan potongan di atas loyang yang telah dilapisi kertas perkamen.
  5. Panggang kukis, bolak-balik loyang agar matang merata, pinggirannya berwarna cokelat keemasan selama 15 menit. Dinginkan setelah matang.

Demikian tadi cara membuat kukis kincir ara sensasi buah tinnya ngena banget yang mantap dan sangat mudah. Sobat juga bisa mencoba menu resep lainnya seperti cara membuat kastangel atau cara membuatbola-bola coklat.



Loading...