Kata-Kata Menyambut Nuzulul Quran 2020, Sejarah Turunnya Alquran di Bulan Ramadhan 1441 H

Kata Kata Dalam Menyambut Nuzulul Quran Tahun Ini

Kata-Kata Menyambut Nuzulul Quran 2020, Sejarah Turunnya Alquran di Bulan Ramadhan 1441 H. Dalam kesempatan kali ini akan kami berikan update kata-kata dalam menyambut Nuzulul Qur’an tahun ini. Bagi sobat semuanya tidak usah bingung untuk dapat menikmati kata-kata yang kami berikan kepada kalian di bulan suci kali ini. Kata-kata mutiara untuk menyambut Nuzulul Qur’an atau yang banyak orang katakan tehtang turunnya wahyu Allah yaitu Alqur’an.

Nuzulul Quran yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur’an (kitab suci agama Islam) adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasul Shallallahu ‘alaihi wa sallam sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun.” (HR. Thobari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disetujui oleh Adz Dzahabi. Ibnu Hajar pun menyetujui sebagaimana dalam Al Fath, 4: 9) (wikipedia).


Dalam kesempatan kali ini sob, kami memberikan sebuah kata-kata dalam menyambut Nuzulul Qur’an yang jatuh pada 17 Ramadhan. Biasanya masyarakat Indonesia memperingatinya dengan penuh hikmat seperti ceramah khusus tentang apa itu Nuzulul Qur’an dan event lainnya sob.

Simak Juga:

Kata-Kata Menyambut Nuzulul Quran Terbaru

Maka dari itu sob jangan beranjak dulu untu mengetahui seperti apa kata-kata menyambut Nuzulul Qur’an tahun ini yang kami referensikan dari banyak sumber.

Contoh Doa Malam Nuzulul Qur’an (Cinta)

Ya Allah, Jika aku jatuh cinta,
Cintakanlah aku pada seseorang
yang melabuhkan cintanya padaMu,
agar bertambah kekuatanku untuk mencintaiMu

Ya Muhaimin, jika aku jatuh hati,
izinkanlah aku menyentuh hati seseorang
yang hatinya tertaut PadaMu
agar tidak terjatuh aku dalam jurang cinta Nafsu

Ya Robbana jika aku jatuh hati
jagalah hatiku padanya
agar tidak berpaling dari pada hatiMu

Ya Rabbul Izzati jika aku rindu
rindukanlah aku pada seseorang
yang merindu syahid dijalanMu

Ya Allah jika aku menikmati Cinta kasihMu
janganlah kenikmatan itu melebihi kenikmatan dariMu
indahnya bermunajat disepertigga malam terakhirMu

Ya Allah jika aku menikamati Cinta kasihMu
janganlah kenikmatan itu melebihi kenikmatan luar biasaMu
indahnya bermunajat disepertigga malam terakhirMu

Ya Allah, jika Kau halalkan aku merinduMu
jangan biarkan aku melampaui batas
sehingga melupakan aku pada cinta hakiki
dan rindu abadi hanya kepadaMu

Doaku,,,moga kita sama sama berjaya didunia
dan akhirat meraih segala harapan
dalam membina Bahtera rumah tangga yang Barokah
meraih bidadari yang jelita indah dipandang dan nyaman bersamanya

Berjaya dalam mengaharungi segala dugaan
dan cobaan yang memang menguji kekuatan Iman,,
Karena iman itulah yang menemukan cinta,
yang selama ini jauh bahkan menghilang

Semoga Cinta yang dicari selama ini telah ditemui
Semoga Allah meletakan kita dibawah payung rahmat dan KasihNYA

Cinta pada Allah
Cinta yang Hakiki
Utamakanlah Cinta padaNYA
Hidup kita ka terpelihara

Simak Juga:

Kata-Kata Malam Nuzulul Qur’an (Ulama)

Berikut ini adala kalima mutiara  menyambut malam nuzulul quran dari ulama yang penuh makna:

“Jika sore tiba, janganlah tunggu waktu pagi, jika pagi tiba, janganlah tunggu waktu sore. Manfaatkan masa sehatmu sebelum tiba masa sakitmu dan manfaatkan masa hidupmu sebelum tiba ajalmu”. (Umar bin Khattab)

“Orang yang sempurna imannya tidak akan meninggalkan suatu amalan yang dapat mendekatkan dirinya kepada Allah, sekalipun terdapat ribuan alasan untuk meninggalkannya“. (Sayyid Abdullah Al-Haddad)

“Janganlah membuatmu putus asa dalam mengulang-ulang doa, ketika Allah menunda ijabah doa itu. Dialah yang menjamin ijabah doa itu menurut pilihan-Nya padamu, bukan menurut pilihan seleramu. Kelak pada waktu yang dikehendaki-Nya, bukan menurut waktu yang engkau kehendaki“. (Ibnu Atha’ilah)

“Barangsiapa memperbaiki hubungannya dengan Allah, niscaya Allah akan memperbaiki hubungannya dengan sesama manusia“. (Sufyan bin Uyainah)

“Apa yang Allah pilihkan bagi hamba-Nya yang beriman adalah pilihan terbaik, meski tampak sulit, berat, atau memerlukan pengorbanan harta, kedudukan, jabatan, keluarga, anak, atau bahkan lenyapnya dunia dan seisinya“. (Abdullah Azzam)

“Barang siapa tidak dicoba dengan bencana atau kesusahan, maka tidak ada sebuah kebahagiaan pun disisi Allah“. (Ad-Dhahak)

Kata-Kata Nuzulul Qur’an dalam Alqur’an

Dan berikut ini adalah koleksi kata bijak nuzulul quran yang ada dalam al-quran:

“Dan laksanakanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Dan segala kebaikan yang kamu kerjakan untuk dirimu, kamu akan mendapatkannya ( pahala ) di sisi Allah. Sungguh, Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan”. ( QS. Al Baqarah ayat 110 )

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.” (QS. Al Baqarah ayat 277)

“Kehidupan dunia dijadikan indah dalam pandangan orang-orang kafir, dan mereka memandang hina orang-orang yang beriman. Padahal orang-orang yang bertakwa itu lebih mulia daripada mereka di hari kiamat. Dan Allah memberi rezki kepada orang-orang yang dikehendaki-Nya tanpa batas.” (QS Al Baqarah ayat 212)


Hikmah Nuzulul Qur’an

Nuzulul Qur’an dalam arti turunnya Al-Qur’an kepada Rasulullah SAW secara bertahap atau berangsur-angsur itu memiliki beberapa hikmah sebagai berikut:

  1. Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat
  2. Tantangan dan Mukjizat
  3. Memudahkan Hafalan dan Pemahamannya
  4. Relevan dengan Pentahapan Hukum dan Aplikasinya
  5. Menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar dari Allah SWT

Simak Juga:

Demikianlah sedikit yang dapat kami berikan kepada sobat semuanya tentang apa itu Nuzulul Quran, kata-kata dalam menyambut Nuzulul Quran dan beberapa istilah yang dapat menginspirasi siapa saja yang membacanya. Terlebih dapat mengamalkannya dengan penuh rasa ikhlas kepada Allah Sang Pencipta Alam Semesta.


kata2 memperingati nuzululquran