Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi Corona

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi Corona Covid 19

Pandemi Corona memang membuat banyak orang khawatir bahkan hingga stres, tidak terkecuali pada ibu hamil. Padahal, stres yang terjadi pada ibu hamil dapat membawa pengaruh buruk pada bayi yang sedang di kandungannya. Karenanya, penting sekali bagi ibu hamil untuk mengelola stres serta dapat berbahagia dalam menjalankan kehamilan, meski di tengah pandemi virus Corona.

Lantas, bagaimana tips menjaga kesehatan mental ibu hamil selama pandemi Corona ini?

Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi Corona

Agar kesehatan mental ibu hamil dapat tetap terjaga. Perlu menerapkan tips di bawah ini:

1. Menerima Keadaan

Tips pertama yaitu menerima keadaan. Penting sekali bagi Ibu hamil untuk bisa menerima kenyataan bahwa pandemi virus Corona sekarang ini di luar kendali kamu. Berdamailah dengan keadaan, agar kamu bisa mengelola emosi dengan benar sehingga kesehatan mental tetap terjaga.

Apabila kamu sering berkeluh dengan menanyakan kenapa harus hamil di tengah pandemi, kenapa harus ada Corona, kenapa dan kenapa yang tidak ada jawabannya, hal ini menandakan bahwa kamu belum berdamai dengan kondisi yang terjadi saat ini. Jadi cobalah berdamai dan menerima keadaan ini.

2. Dukungan dari Suami

Tips pertama adanya dukungan dari suami. Peran suami penting untuk memberikan dukungan pada istrinya agar kesehatan mental ibu hamil tetap terjaga.Suami perlu untuk terus mendampingi, serta memperhatikan kebutuhan istrinya agar dapat mengurangi rasa cemas yang dirasakan ibu hamil.

Selain itu, suami adalah obat, sentuhan yang diberikan suami dapat menjadikan efek obat yang terbaik bagi ibu dan kandungannya.

3. Menyaring Informasi yang Diterima

Tips selanjutnya yaitu harus menyaring informasi yang diterima. Saat terjadi pandemi seperti ini banyak Hoax bertebaran yang justru malah semakin membuat masyarakat cemas. Untuk itu saring dulu informasi yang belum tentu kebenarannya baik di media sosial maupun di pesan pribadi. Lebih baik melihat berita langsung dari televisi agar kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan.

Tips ini dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengurangi rasa cemas pada ibu hamil. Maka sebaiknya, kurangilah melihat informasi yang memberatkan pikiran kamu bahkan yang menyebabkan kamu tidak bisa tidur karena terlalu cemas memikirkan pandemi Corona.

Untuk dapat mencari informasi tentang kesehatan yang valid, Anda bisa membuka situs Halodoc. Di sana terdapat berbagai informasi tentang kesehatan yang sebelumnya sudah direview oleh dokter yang ahli dalam bidang tersebut. Selain itu Anda juga bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

4. Melakukan Hobi

Kebahagiaan adalah kunci utama agar terhindar dari gangguan kesehatan mental. Salah satu tips untuk mendapatkan kebahagiaan tersebut adalah dengan melakukan hal yang disukai atau hobi.

Meski saat ini harus di rumah aja, ibu hamil tetap dapat melakukan hobinya, seperti bermain alat musik, membaca, memasak atau yang lainnya. Ibu hamil juga dapat memulai mendekorasi kamar bayi selama social distancing pandemi Corona ini agar kesehatan mental tetap terjaga.

5. Melakukan Meditasi

Tips terakhir yaitu melakukan meditasi. Agar kesehatan mental tetap terjaga cobalah lakukan meditasi untuk mencegah stres pada ibu hamil selama pandemi Corona ini. Caranya, tarik napas dalam-dalam dan perlahan melalui hidung kamu lalu keluarkan melalui mulut, biarkan seluruh tubuh merasa rileks. Lakukan tips ini selama 6x tarikan napas sedangkan meditasi selama 2 kali sehari.

Selain itu, ibu hamil juga bisa mengikuti kelas yoga online agar dapat bertemu dengan ibu hamil lainnya atau melihat tutorial melakukan meditasi di Youtube.

Itulah tips menjaga kesehatan mental ibu hamil selama pandemi Corona yang bisa dilakukan di rumah. So, stay safe and stay healthy.

tips menjaga kesehatan ibu hamil