Pola Makan Tepat Agar Tetap Sehat Saat Puasa



Pola Makan Tepat Agar Sehat Saat Berpuasa

Pola Makan Tepat Agar Tetap Sehat Saat Puasa. Menyajikan makanan kesukaan saat buka puasa merupakan suatu hal yang wajar. Berbagai hidangan mulai dari makanan manis, pedas, bersantan menjadi hidangan yang paling banyak disukai. Namun jika sobat gingsul ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari berpuasa banyak ahli gizi yang menyarankan untuk menambah asupan buah dan sayur ketika  sahur dan buka puasa.

Ketika kita berpuasa, setidaknya selama 14 jam kita tidak mengkonsumsi baik makanan maupun minuman, sehingga organ dalam tubuh kita akan ikut beristirahat. Pada saat itulah tubuh kita melakukan tugas-tugasnya yaitu membersihkan sisa metabolisme, racun, serta zat dalam tubuh kita yang sudah tidak terpakai atau dalam bahasa ilmiahnya mendetok. Racun yang selama setahun menumpuk ditubuh kita akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat.

Tak heran bila banyak dokter menyarankan kepada pasiennya untuk melakukan puasa, terutama puasa Ramadhan. Orang yang memiliki penyakit dalam ringan akan sembuh setelah berpuasa merupakan suatu yang wajar. Selain itu manfaat lain dari berpuasa yaitu membersihkan darah, menyeimbangkan kadar gula darah, menormalkan tekanan darah, kulit menjadi lebih berih dan lembut, organ dalam tubuh kita lebih sehat sehingga berimbas pada fungsi yang lebih baik. dan masih banyak lagi.

Puasa

Puasa atau saum adalah tindakan sukarela dengan berpantang dari makanan, minuman, atau keduanya, perbuatan buruk dan dari segala hal yang membatalkan puasa untuk periode waktu tertentu. Puasa mutlak biasanya didefinisikan sebagai berpantang dari semua makanan dan minuman untuk periode tertentu, biasanya selama satu hari (24 jam), atau beberapa hari. Puasa lain mungkin hanya membatasi sebagian, membatasi makanan tertentu atau zat. Praktik puasa dapat menghalangi aktivitas seksual dan lainnya serta makanan.

Puasa, sering dilakukan dalam rangka menunaikan ibadah, juga dilakukan di luar kewajiban ibadah untuk meningkatkan kualitas hidup spiritual seseorang yang melakukannya. Hal semacam ini sering ditemukan dalam diri pertapa atau rahib. Inti dari maksud dan tujuan puasa itu adalah pengekangan diri dari sebuah keinginan untuk mencapai sebuah tujuan. Oleh karenanya, puasa dapat didefinisikan sebagai usaha pengekangan diri dari sebuah keinginan yang dilarang untuk mencapai sebuah tujuan.

Pola Makan Tepat Agar Tetap Sehat Saat Puasa

Untuk mengoptimalkan manfaat berpuasa bagi tubuh hendaknya kita menyeimbangkan dengan cara pola hidup sehat dan pola makan sehat yaitu dengan melakukan olahraga ringan setiap hari misalnya jalan kaki, serta mengkonsumsi makanan sehat perbanyak buah dan sayur serta menjaga asupan cairan dalam tubuh kita.Tak hanya itu kurangi makanan berlemak, makanan instan juga mampu membuat tubuh menjadi sehat.

Buah dan sayur mampu memenuhi nutrisi harian kita yang terpakai selama kita berpuasa. Jadi bagi sobat yang masih ragu berpuasa karena terhalang dengan masalah kesehatan, sobat bisa mengkonsultasikan dengan dokter sobat. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk sobat gigsul semua.